تحديات تواجه الثنائي الرئاسي:جوكوي-معروف وبرابوو-ساندي في قيادة إندونيسيا

Ini Tantangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Jika Pimpin RI

0 1٬029

جاكرتا، إندونيسيا اليوم الاقتصاد الوطني تضرر بسبب عدم الاستقرار العالمي تعد تحديات يجب مواجهتها،من قبل المرشحين لمنصب الرئيس ونائب الرئيس للفترة 2019-2024.ممثلا في جوكويمعروف أمين وبرابووساندياغا أونو.

قال محمد فيصل، مدير مركز البحوث للإصلاح الاقتصادي (CORE) في إندونيسيا،تواجه ضغوط عالمية مرتبط باستقرار سعر الصرف والحرب التجارية بين الولايات المتحدة والصين.

“إن الضغط العالمي الأخير كبير للغاية، وهو يؤدي إلى إضعاف الروبية، والحرب التجارية، وهذا يعني أن القدرة على إدارة الإمكانات المحلية أمر أساس وسط الضغط العالمي الكبير”. قال فيصل عندما اتصلت به صحيفة ديتيك فينانس، جاكرتا، الجمعة (10/8/2018).

بالإضافة إلى ذلك، قال فيصل، إن التحدي الأكبر زيادة النمو الإقتصادي الذي تدنى إلى مستوى 5٪.

ليس هذا فحسب، حتى العدالة الاقتصادية يجب أن تستمر، على الرغم من معدلات الفقر قد بدأت في الانخفاض حتى الآن.

“لكن لا تزال هناك العديد من المشاكل التي لم يتم حلها بشأن العدالة الاقتصادية. هذا التحدي لا يعني داخل البلاد فحسب، بل أيضًا في الخارج” ، أوضح.

في غضون ذلك، قال المحلل الاقتصادي في  بنك بيرماتا جوسوا بارديدي إن التحديات التي يجب الوقوف أمامها من قبل المرشح الرئاسي ونائب الرئيس للفترة 2019-2024 هي مسألة اعتماد الاقتصاد الوطني على السلع الأساسية.

وقال جوسوا: “إن المشاكل الهيكلية مثل إلغاء التصنيع ونمو القدرة التنافسية للصادرات وتحسين جودة الموارد البشرية يحتاج  حلها الاستمرار في تنفيذ الإصلاحات الهيكلية وتنظيم السياسات الاقتصادية التي من شأنها أن تشجع النمو الاقتصادي المستدام”.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Perekonomian nasional yang masih terdampak keras oleh ketidakpastian global menjadi tantangan yang harus diselesaikan oleh kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Dalam hal ini Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Direktur Penelitian Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan tekanan global yang dimaksud terkait dengan stabilitas nilai tukar dan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China.

“Tekanan global yang terakhir ini cukup besar, tekanan pelemahan rupiah, perang dagang, itu artinya kemampuan untuk me-manange potensi domestik menjadi kunci di tengah tekanan global yang begitu besar,” kata Faisal saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Selain itu, kata Faisal, tantangan yang harus diselesaikan oleh capres dan cawapres periode 2019-2024 adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang stagnan di level 5%.

Tidak hanya itu, pemerataan ekonomi pun harus terus dilanjutkan, meskipun sampai saat ini kesenjangan dan kemiskinan sudah mulai turun.
“Tapi problem-nya masih banyak yang belum selesai soal pemerataan ekonomi. Itu tantangannya artinya bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri,” jelas dia.

Sementara itu, Ekonom dari Bank Permata Josua Pardede mengatakan tantangan yang harus diselesaikan oleh capres dan cawapres periode 2019-2024 adalah soal ketergantungan ekonomi nasional terhadap komoditas dasar.

“Permasalahan struktural seperti de-industrilisasi serta peningkatan daya saing ekspor dan peningkatan kualitas SDM perlu dibeni dengan meneruskan implementasi reformasi struktural dan deregulasi kebijakan ekonomi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” kata Josua.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal Al-Shaigi | Sumber:  Detik

تعليقات
Loading...