إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تقاليد إندونيسيا في الترحيب بشهر رمضان

 Inilah Tradisi Unik Menyambut Ramadan yang Hanya Ada Di Indonesia

126

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  في إندونيسيا تقاليد متنوعة للترحيب بشهر رمضان في إندونيسيا. اعلم 12 تقليدًا رمضانيًا فريدًا يضفون طابعًا خاصًا على شهر الصيام في إندونيسيا!

يرحب الشعب الإندونيسي بقدوم شهر رمضان دائمًا. من المعلوم أن غالبية سكان إندونيسيا يدينون بالإسلام. لدى الشعب الإندونيسي العديد من التقاليد أو الطقوس الخاصة في الترحيب بالشهر الكريم. ليس من المستغرب أن يكون شهر الصيام في إندونيسيا دائمًا تجربة لا تنسى.

إليك 12 تقليدًا فريدًا من نوعه للترحيب بشهر رمضان المبارك والبرامج الموجودة فقط في إندونيسيا، استخلصه موقع HaloMoney.co.id من مصادر مختلفة:

1. نيدران (Nyadran) – جاوة

نيدران أو ما يسمى أيضا بنياكير (Nyaker)، هو تقليد نموذجي للشعب الجاوي، وخاصة جاوا الوسطى والشرقية، عند اقتراب شهر رمضان. نيدران يأتي من السنسكريتية وهي سردا (sraddha) التي تعني الإيمان.

يفسر الشعب الجاوي نيدران من كلمة سدران التي تعني شهر الروح وهو شهر شعبان، أي قبل مجيء شهر رمضان. ينشط الشعب الجاوي بتنظيف مقابر الأهالي والأقارب. وفي مناطق جاوة الوسطى والشرقية، يعقد برنامج نيدران على نطاق واسع حتى الآن. تزدحم المقابر العامة بالناس الذين يأتون لتنظيف قبور عائلاتهم أو آبائهم ورش الزهور والدعاء لهم.

2. دوجديران (Dugderan) – سيمارانج، جاوة الوسطى

دوجديران هو تقليد نموذجي لمجتمع سيمارانغ في الترحيب بشهر رمضان. استمر هذا التقليد منذ القرن التاسع عشر الذي ابتدأ في تحديد اليوم الأول من شهر رمضان. ومن المعلوم، أنه غالبًا هناك خلافات في تحديد اليوم الأول للصيام.

أصبح تقليد دوجديران الآن بمثابة الاحتفال الشعبي الرائع في سيمارانج. هناك رقصة جابين أو استعراض أو كرنفال أو ضرب الطبول. أصبح هذا البرنامج تقليدًا سنويا ينتظره سكان سيمارانج. ونهاية برنامج دوجديران هو إعلان بداية صيام رمضان.

بالإضافة إلى صوت الطبل والمدافع، يتم إثراء الاحتفال الشعبي دوغديران أيضًا بحضور جالب الحظ دوجديران المسمى بوراك نجيندوغ. وجالب الحظ هو عبارة عن عنزة برأس تنين مكتمل ببشرة متقشرة من الورق الملون و البيض المسلوق. وجود البيض المسلوق علامة على أن هذا الحيوان يضع البيض. وهو أيضًا علامة على أنه عندما تم بدء عقد برنامج دوجيران، كانت سيمارانج في أزمة غذائية وأصبح البيض طعامًا فاخرًا.

3. ميوجانغ (Meugang) – اتشيه

ميوجانغ هو تقليد شعبي من آتشيه، استمر منذ مئات السنين في مملكة آتشيه بقيادة السلطان اسكندر مودا. في ذلك الوقت، ذبح السلطان اسكندر مودا الحيوانات بكميات كبيرة وتم توزيع لحومها على جميع الناس قبل مجيء رمضان.

يحتفظ سكان أتشيه بتقليد ميوجانغ ثلاث مرات في السنة، أي خلال شهر رمضان وعيد الفطر وعيد الأضحى. عند الترحيب بشهر رمضان، يتم عقد تقليد ميوجانغ قبل يوم واحد من شهر رمضان في المناطق الريفية. بينما في مناطق اتشيه الحضرية، تم عقد ميوجانغ قبل يومين من شهر الصيام.

وفقًا لهذا التقليد، سيطبخ شعب أتشيه اللحوم ويستمتع بها مع العائلة والأقارب والأيتام بعد 11 شهرًا من البحث عن لقمة العيش.

بالإضافة إلى الماعز والبقر، يتم ذبح الدجاج والبط أيضًا. يتم طهي اللحوم في المنزل، وبعد ذلك يقوم سكان أتشيه بإحضار الطعام إلى المسجد ليشاركوه مع جيرانهم.

4. تحميل بيرلون – بانيوماس، جاوة الوسطى

تحميل بيرلون هو تقليد شعبي لسكان بانيوماس، جاوة الوسطى، استمر لعدة قرون. يتم عقد هذا البرنامج قبل أسبوع من بداية شهر الصيام، في قرية بيكونسن، جاتيلاوانج، بانيوماس، جاوة الوسطى.

والطقوس هي زيارة مقابر الآباء، وتحديداً زيارة مقبرة بونوكيلينغ حافي القدمين مع حمل أرز أمبنغ. يمشى المشاركون في هذا التقليد لمسافة تصل إلى 30 كيلومترًا من شيلاشاب، حيث يعبرون التلال التي تفصل بين بانيوماس وشيلاشاب.

في مقبرة بونوكلينغ، يتم دعوة القرى الستة، قرى كياي ميجاساري وكياي باداويرجا وكياي ويريتبادا وكياي باداويتاما وكياي وانغسابادا وكياي نايا ليكسانا. بعد ذلك يتم تناول وجبة كبيرة من قبل السكان المحليين.

في هذا التقليد هناك العديد من الأطعمة التقليدية مثل لفائف الأرز ولحوم الأبقار والخضروات. عادة يتسابق الناس لأجل الحصول من هذه الأطعمة، حيث يعتقدون أنها ستجلب لهم البركة في شهر الصيام.

5. مالامانج – مينانجكابو، سومطرة الغربية

أصبح تقليد مالامانج أو صنع الليمانغ من الطقوس الشعبية لمجتمع مينانغ في سومطرة الغربية للترحيب بشهر الصيام. مالامانغ يعني صنع الليمانغ، وهو طعام مصنوع من الأرز اللزج الذي يوضع في قصب الخيزران على أوراق الموز. ويتم سقي الليمانج بحليب جوز الهند ويشوى على الحطب لعدة ساعات. صنع الليمانج يسمى مالامانج.

أصبح مالامانغ تقليدًا شعبيًا لأهل سومطرة الغربية في الترحيب بالأيام الهامة في التقويم الإسلامي. عادة ما يتم تقديم ليمانغ مع تاباي سيبولوك المصنوع من الأرز اللزج الأسود أو الأحمر.

6- باليماو – مينانغكابو، سومطرة الغربية

ما زلنا في سومطرة الغربية. لدى شعب مينانغكاباو طقس باليماو للترحيب بشهر رمضان، وهو الاستحمام باستخدام عصير الليمون. و يتم إقامة هذا الطقس في المناطق التي تتدفق فيها الأنهار أو أماكن الاستحمام العامة.

وفلسفة هذا الطقس هو تطهير النفس والجسد والعقل قبل دخول شهر رمضان المبارك. لماذا يستخدم الليمون؟ هذا لا ينفصل عن تقليد قديم من قرون مضت، حيث كان الناس في ذلك الوقت لا يعرفون الصابون كما هو الحال الآن. لذلك، تم اختيار الليمون للتطهير.

7. كراب داندانغان-قدس، جاوة الوسطى

يتم عقد هذا التقليد الفريد للترحيب بشهر الصيام في مدينة قدس بجاوا الوسطى. يشير كراب داندانغان إلى التقاليد في فترة سنن قدس، وذلك عندما تجمع طلاب المعهد أمام مسجد منارة قدس في انتظار الإعلان من سنن قدوس عن تحديد اليوم الأول من شهر رمضان.

بعد إعلان القرار من قبل سنن قدس، تم ضرب الطبول في المسجد ومن هناك ظهر مصطلح داندانغان. أخيرًا، اجتذب طقس الإعلان العديد من التجار لفتح أكشاك لبيع بضائعهم. الآن أصبح الطقس نوعًا من الموكب الثقافي الذي يبدأ قبل أسبوعين من شهر الصيام وينتهي في الليل قبل السحور الأول.

8. نيوروج – بيتاوي

هذا تقليد خاص لشعب بيتاوي. نيوروج هو تقليد توزيع الهدايا الغذائية على الأقارب الأكبر سنًا مثل الأب أو الأم أو الحما أو العم أو الجد أو الجدة. وما زال إرسال الهدايا مستمرًا حتى الآن على الرغم من أن محتويات الهدايا قد تغيرت بمرور الزمن.

إذ كانت محتويات الطرود في الماضي عبارة عن أطعمة مطبوخة مثل الخضروات أو الأطباق الجانبية، أما الآن فقد تغيرت الطرود لتحتوي على البسكويت والقهوة والسكر والشراب، وما إلى ذلك. بالنسبة لمجتمع بيتاوي، يعتبر تقليد نيوروج علامة لتذكير بعضنا البعض بأن رمضان سيأتى قريبًا، وكذلك وسيلة لتقوية الروابط.

9. جيبار كي أجي تونجال – جيبارا، جاوا الوسطى

يعقد هذا البرنامج في جيبارا، جاوا الوسطى، للترحيب بشهر رمضان. يتم تنظيم نشاط جيبار كي أجي تونجال لتذكير الجمهور بقدوم شهر رمضان المبارك. يقام هذا الكرنفال الثقافي كل شهر شعبان في التقويم الإسلامي أو في شهر الروح في التقويم الجاوي.

10. ميجيبونغ – بالي

ميجيبونغ هو تقليد للترحيب برمضان، و يتم عقده عادة من قبل المجتمع الإسلامي في بالي. بالتحديد في القرية المسلمة كيباون، كارانج آسم، شرق جزيرة بالي. يعقد برنامج ميجيبونغ في اليوم العاشر والعشرين والثلاثين من شهر رمضان.

قدم هذا التقليد الملك كارانغ آسم، وهو إي غستي أغونغ أنغلوراه كيتوت كارانغ آسم حوالي القرن السابع عشر الميلادي. جاءت كلمة ميجيبونغ من جيبونغ التي تعني المشاركة والجلوس في دائرة وتناول الطعام جماعة مع أطباق الأرز والأطباق الجانبية.

حتى الآن ما زال ميجيبونغ يعقد من قِبل سكان كارانجاسيم، خاصةً المسلمين.

11. ليلة سلاوي – جريسيك، جاوة الشرقية

تشير ليلة السلاوي إلى كلمة سلاوي وهي تعنى 25 في الجاوية. هذا تقليد خاص لمجتمع جريسيك، جاوة الشرقية، الذي يعقد في ليلة 25 من رمضان. استمر هذا التقليد منذ أيام سونان جيري، أحد أشهر الأولياء التسعة.

في الأيام العشرة الأخيرة من شهر الصيام، يعتقد المسلمون أن ليلة القدر أو ليلة ألف شهر ستأتي. لذلك كثير من المسلمين يعتكفون في المساجد من أجل زيادة الخشوع في العبادة. يختار كثير من الناس في جريسيك والمنطقة المحيطة بها الخلوة في مسجد جيري، في المنطقة الجبلية في جنوب المدينة الساحلية شمال جاوا.

وبمرور الزمن ازداد عدد الناس الذين يأتون إلى مسجد جيري لأداء العبادة حتى تصبح الشوارع المتجهة إلى المسجد مزدحمة. وهذا الازدحام يغري التجار. حتى الآن في كل ليلة الخامس والعشرين من شهر رمضان، يقام تقليد ليلة السلوي في جريسيك. على طول شارع سنن جيري ويزدحم بالزوار الذين يأتون إلى السوق المفاجئ.

بالإضافة إلى طقوس ليلة السيلاوي، هناك أيضا تقليد ليلة باندنجان قبل نهاية شهر رمضان. ليلة باندينغان هي ليلة يحصد فيها المزارعين أسماك باندينغ بحجم كبير ليتم بيعها في سوق جريسيك. ويكون سمك باندينغ هو الطبق الأخير لاختتام الصيام وتكميل أطباق عيد الفطر التقليدية في مدينة سانتري (لقب مدينة جريسيك و يعني مدينة طلاب المعاهد الدينية).

12. ميجينغان – جاوة الشرقية

هذا تقليد خاص بمجتمع جاوا الشرقية مثل توبان، مالانج وسورابايا. ميجينغان يأتي من كلمة ميجينغ، وهي من اللغة الجاوية وتعني إمساك. تقليد ميجينجان هو تذكير أو دليل على أن شهر الصيام سيأتي قريبًا ويجب على المسلمين الصيام والإمساك عن مبطلات الصيام.

يمكن أن يكون تقليد ميجينجان في شكل تناول الطعام الجماعي مع الجيران في شكل كندوري (حفلة تناول الطعام الجماعي شكرا لله)، وزيارة المقابر، وطبخ الأطعمة الكثيرة وتوزيعها إلى الأقارب، وقد يكون تناول الطعام الجماعي في المسجد أو المصلى. هذا التقليد من آثار تاريخ انتشار الإسلام في جاوة التي أثرت ثقافة السكان المحليين أو الحكمة المحلية.

هذه هي التقاليد الفريدة للمجتمع الإندونيسي في الترحيب بشهر رمضان. تُعد هذه التقاليد المتنوعة التي تتميز بها إندونيسيا دليلًا على مدى ثراء ثقافة إندونيسيا وحكمتها المحلية. مرحبًا بكم في شهر رمضان المبارك!

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: مؤمن مجدي| المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bulan Ramadhan segera tiba. Berbagai macam tradisi dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan di Indonesia. Simak 12 tradisi unik Ramadhan yang membuat bulan puasa istimewa di Indonesia!
Kedatangan bulan Ramadan selalu disambut gegap gempita oleh masyarakat Indonesia. Maklumlah, mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Masyarakat Indonesia memiliki banyak tradisi atau ritual khas dalam menyambut dan memeriahkan bulan istimewa bagi muslim ini. Tidak mengherankan bila bulan puasa di Indonesia selalu menjadi pengalaman yang berkesan dan dirindukan.

Inilah 12 tradisi unik dalam rangka menyambut dan memeriahkan kedatangan bulan puasa Ramadhan yang hanya ada di Indonesia, disarikan oleh HaloMoney.co.id dari berbagai sumber:

1. Nyadran – Jawa
Nyadran atau disebut juga Nyekar, merupakan tradisi khas masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur ketika mendekati bulan puasa Ramadhan. Nyadran berasal dari bahasa Sanskerta yaitu sraddha yang berarti keyakinan.

Masyarakat Jawa memaknai Nyadran dari kata sadran yang berarti ruwah sya’ban. Yaitu, bulan sebelum Ramadhan datang yang ditandai dengan tradisi membersihkan makam keluarga dan kerabat. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tradisi nyadran masih banyak dilakukan. Areal makam umum ramai oleh keluarga yang datang untuk membersihkan makam-makam keluarga atau orangtua mereka, menaburkan bunga dan berdoa.

2. Dugderan – Semarang, Jawa Tengah

Dugderan adalah tradisi khas masyarakat Semarang dalam rangka menyambut bulan puasa Ramadhan. Tradisi ini sudah berlangsung sejak abad 19 yang bermula dari acara penentuan awal puasa di bulan Ramadhan. Maklum, acapkali ada perbedaan penentuan hari pertama puasa.

Tradisi Dugderan kini menjadi seperti pesta rakyat yang sangat meriah di Semarang. Ada Tari Japin, arak-arakan atau karnaval hingga tabuh bedug. Acara ini menjadi tradisi tahunan masyarakat Semarang yang ditunggu-tunggu. Puncak acara Dugderan tetap dengan tradisi awal yaitu pengumuman awal puasa Ramadhan.

Selain dimeriahkan dengan suara bedug dan meriam, pesta rakyat Dugderan juga diramaikan kehadiran maskot Dugderan bernama Warak Ngendog. Ini adalah maskot berupa kambing dengan kepala naga lengkap dengan kulit bersisik dari kertas warna warni dan dilengkapi dengan telur rebus. Keberadaan telur rebus sebagai penanda bahwa binatang tersebut tengah bertelur. Ini juga sebagai penanda bahwa ketika penyelenggaraan Dugderan pertama kali, Semarang tengah krisis pangan dan telur menjadi makanan mewah.

3. Meugang – Aceh
Meugang merupakan tradisi khas masyarakat Aceh yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam di masa Kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda. Ketika itu Sultan Iskandar Muda memotong hewan dalam jumlah banyak dan dagingnya dibagikan ke seluruh masyarakat, menjelang kedatangan Ramadhan.

Masyarakat Aceh menggelar tradisi Meugang selama tiga kali dalam setahun, yaitu saat Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha. Menyambut Ramadhan, tradisi Meugang berlangsung satu hari sebelum Ramadhan di areal pedesaan. Sedangkan di Aceh perkotaan, Meugang berlangsung dua hari sebelum bulan puasa.

Dalam tradisi ini, masyarakat Serambi Mekkah akan memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat dan yatim piatu sebagai bentuk rasa syukur selama 11 bulan mencari nafkah.

Selain kambing dan sapi, ayam dan bebek juga ikut disembelih. Daging dimasak dirumah, setelah itu masyarakat Aceh berbondong membawa hidangan ke mesjid untuk dimakan bersama-sama tetangga.

4. Perlon Unggahan – Banyumas, Jawa Tengah

Perlon Unggahan adalah tradisi khas masyarakat Banyumas, Jawa Tengah, yang sudah berlangsung sejak beberapa abad silam. Tradisi ini berlangsung seminggu sebelum kedatangan bulan puasa yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Pekuncen, Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah.

Ritualnya berupa ziarah kubur leluhur yaitu ke makam Bonokeling tanpa alas kaki sambil mengusung nasi ambeng. Pengikut adat ini berjalan kaki hingga 30 kilometer dari Cilacap, melintasi perbukitan yang memisahkan Banyumas dan Cilacap.

Di makam Bonokeling tersebut, enam Kasepuhan berdoa, yaitu Kasepuhan Kyai Mejasari, Kyai Padawirja, Kyai Wiryatpada, Kyai Padawitama, Kyai Wangsapada, dan Kyai Naya Leksana. Setelah itu, diadakan makan besar yang diramaikan oleh warga sekitar.

Dalam tradisi ini, tersedia banyak makanan tradisional seperti nasi bungkus, serundeng sapi dan sayur kuah. Masyarakat biasanya berebut makanan-makanan itu dan meyakini makanan tersebut akan menambah keberkahan di bulan puasa.

5. Malamang – Minangkabau, Sumatra Barat

Tradisi malamang atau membuat lemang menjadi ritual khas masyarakat minang di Sumatra Barat menyambut kedatangan bulan puasa. Malamang berarti membuat lemang, yaitu makanan dari beras ketan yang dimasukkan ke buluh bambu beralas daun pisang. Lalu, lemang itu disiram santan dan dipanggang dengan kayu bakar hingga beberapa jam. Kegiatan membuat lemang inilah yang disebut malamang.

Malamang menjadi tradisi khas masyarakat Sumatra Barat ketika menyambut hari-hari penting dalam kalender Islam. Lemang biasa disajikan dengan tapai sipuluik yang terbuat dari beras ketan hitam atau merah.

6. Balimau – Minangkabau, Sumatra Barat
Masih dari Sumatra Barat. Menyambut bulan Ramadhan, masyarakat Minangkabau memiliki ritual Balimau yaitu tradisi mandi memakai air jeruk nipis yang dilakukan di kawasan dengan aliran sungai atau tempat pemandian.

Tradisi ini dilatarbelakangi keinginan untuk membersihkan diri lahir batin sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Mengapa memakai jeruk nipis? Ini tidak terlepas dari tradisi berabad silam di mana ketika itu masyarakat belum mengenal sabun seperti saat ini. Sehingga, jeruk nipis atau limau menjadi pilihan membersihkan diri.

7. Kirab Dandhangan –  Kudus, Jawa Tengah
Tradisi unik menyambut kedatangan bulan puasa ini berlangsung di Kudus, Jawa Tengah. Kirab Dhandhangan mengacu pada tradisi di masa Sunan Kudus masih ada, yaitu ketika para santri beliau berkumpul di depan mesjid Al Aqsha atau Mesjid Menara Kudus untuk menunggu pengumuman dari Sunan Kudus tentang penentuan awal puasa.

Setelah diumumkan keputusannya oleh Sunan Kudus, beduk di mesjid pun ditabuh dan dari sanalah istilah Dhandhangan lahir. Akhirnya, lambat laun ritual pengumuman itu menarik banyak pedagang untuk membuka lapak dagangan. Kini, ritual tersebut menjadi semacam kirab budaya yang dimulai sejak dua pekan sebelum puasa dan berakhir pada malam hari menjelang sahur pertama.

8. Nyorog – Betawi
Ini adalah tradisi khas masyarakat Betawi. Nyorog merupakan tradisi membagikan bingkisan makanan pada keluarga yang lebih tua seperti Bapak, ibu, mertua, paman, kakek atau nenek. Kebiasaan mengirimkan bingkisan ini masih berlangsung sampai sekarang walau isi bingkisan sudah berubah mengikuti perkembangan zaman.

Bila dahulu isi bingkisan adalah makanan matang seperti sayur atau lauk, kini berganti dengan mengirimkan bingkisan berisi biskuit, kopi, gula, sirup, dan lain-lain. Bagi masyarakat Betawi, tradisi Nyorog ini bermakna sebagai tanda saling mengingatkan bahwa Ramadhan akan segera tiba, juga sebagai cara mempererat silaturahmi.

9. Gebyar Ki Aji Tunggal – Jepara, Jawa Tengah
Ini adalah tradisi yang berlangsung di Jepara, Jawa Tengah, setiap menyambut Ramadhan. Kegiatan Gebyar Ki Aji Tunggal digelar untuk mengingatkan masyarakat akan kedatangan bulan suci Ramadan. Karnaval budaya ini digelar tiap bulan Sya’ban dalam kalender Islam atau bulan Ruwah dalam kalender Jawa.

10. Megibung – Bali
Megibung adalah tradisi menyambut Ramadhan yang rutin digelar oleh masyarakat muslim di Bali. Tepatnya di Kampung Islam Kepaon, Karangasem, bagian timur Pulau Dewata. Acara Megibung digelar pada hari ke 10, 20 dan 30 hari puasa.

Tradisi ini diperkenalkan oleh Raja Karangasem yaitu I Gusti Agung Anglurah Ketut Karangasem sekitar abad 17 masehi. Megibung berasal dari kata gibung yang berarti kegiatan saling berbagi, duduk melingkar dan makan bersama dengan suguhan nasi dan lauk pauk di atas nampan.

Sampai saat ini, Megibung masih lestari dilakukan oleh masyarakat Karangasem terutama yang beragama Islam.

11. Malam Selawe – Gresik, Jawa Timur

Malam selawe merujuk pada kata selawe atau 25 dalam bahasa Jawa. Ini adalah tradisi khas masyarakat Gresik, Jawa Timur, yang berlangsung pada malam ke-25 Ramadhan. Tradisi ini sudah berlangsung sejak zaman Sunan Giri, salah satu dari Walisongo yang termasyhur.

Pada 10 hari terakhir bulan puasa, orang Islam meyakini bahwa malam lailatul qodar atau malam seribu bulan akan datang. Maka itu, banyak muslim yang menjalankan itikaf atau menyepi di mesjid agar lebih khusyuk beribadah. Nah, masyarakat Gresik dan sekitarnya banyak yang memilih menyepi di mesjid Giri, di daerah perbukitan di Selatan kota pantai utara Jawa itu.

Semakin lama semakin banyak orang yang datang ke mesjid Giri untuk beribadah sampai jalanan di sepanjang arah mesjid menjadi ramai. Keramaian ini mengundang kedatangan para pedagang hingga akhirnya sampai saat ini, setiap malam 25 di bulan puasa, digelar tradisi malam selawe di Gresik. Sepanjang jalan Sunan Giri ramai dikunjungi pengunjung yang mendatangi pasar kaget.

Selain malam Selawe, ada juga tradisi malam Bandengan setiap menjelang berakhirnya bulan Ramadhan. Malam Bandengan adalah malam di mana para petambak bandeng panen ikan bandeng dalam ukuran jumbo hingga dilelang di pasar Gresik. Ikan bandeng ini akan menjadi suguhan penutup puasa dan melengkapi hidangan khas Lebaran di kota santri tersebut.

12. Megengan – Jawa Timur

Ini adalah tradisi khas masyarakat Jawa Timur seperti Tuban, Malang dan Surabaya. Megengan berasal dari kata megeng, bahasa Jawa yang berarti menahan. Tradisi Megengan menjadi peringatan atau penanda bahwa sebentar lagi bulan puasa akan tiba di mana umat Islam diwajibkan berpuasa dan menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Tradisi megengan bisa berupa makan bersama tetangga-tetangga terdekat berupa kendurian, ziarah kubur, masak besar dan membagi-bagi ke sanak saudara dan kerabat, kenduri di mushola atau langgar. Tradisi ini menjadi salah satu jejak sejarah penyebaran Islam di Jawa yang mengakulturasi budaya masyarakat setempat atau kearifan lokal.

Itulah tradisi-tradisi unik masyarakat Indonesia ketika menyambut dan memeriahkan bulan Ramadhan. Beragam tradisi yang khas Indonesia itu menjadi bukti kesekian betapa kaya budaya dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Selamat menyambut bulan suci Ramadan, Moneysavers!

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor | Sumber: Detik

(71)

تعليقات
Loading...
Click Me