إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تَعرف على حديقة الصخور.. احدى المعالم السياحية الخلابة في إندونيسيا

Alam Indonesia: Stone Garden Padalarang

86

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – توجد تلال الكافور الجميلة بمنطقة باندونغ الغربية مع المناظر الطبيعة الخلابة المحيطة بها، مثل كهف باون (Goa Pawon)، ورمال باون (Pasir Pawon)، ورمال بانجانا (Pasir Bancana)، ورمال ماسغيت (Pasir Masigit)، وكارانغ بانغانتن (Karangpanganten)، ورمال بابياسان (Pasir Pabeasan)، وجبل مانك (Gunung Manik)، وجبل هاوو (Gunung Hawu).

لهذاه المنطقة الجيولوجية وجهات سياحية متعددة يمكنك استكشافها، حيث تقع حديقة الصخور بقرية ماسيغت جيباتات (Masigit Cipatat) في بوغور الغربية، وفيما مضى اشتهرت باسم رمال باوون، التي تقع على ارتفاع 700 م فوق سطح البحر مع امتداد صخور فريد من نوعها ومثيرة.

يقال ان الصخر المنظم بهذا  الشكل الفريد في هذه المنطقة يعود إلى بحيرة قديمة، بحيرة من فترة ماقبل التاريخ، حيث أنك إذا تمعنت جيدا  سوف ترى أن الصخور جوفاء كالمرجان المتواجد في عمق البحر.

لذلك يعتقد أن تِلك المنطقة المعروفة بحديقة الصخور كانت قديمًا قاع البحر الذي ارتفعت إلى السطح مع مرور الزمن، كما وُجد فيه آثار للملاجان المُشكل، وهذا أيضًا يثبت ان هذا التل كان جزء من عمق البحر.

ومن الحفريات التي توصل إليها الباحثون أثبتت أن الإعتقادات صحيحة لإن أعمار الحفريات التي تم العثور عليها في كهف باون أو في المنطقة الواقعة أسفل حديقة الصخور تتراوح بين 7.300 إلى 9.500 سنة. وتم الإحتفاظ بالحفريات الأصلية التي تم العثور عليها بعام 2004 في مركز باندونغ الأثري. وتم العثور أيضا على أدوات قديمة و 6 هياكل بشرية تعود لعصور ما قبل التاريخ. ولكن 5 منها تلفت وتبقى واحدة سليمة. فمع هذا لا يمكن ننفي العلاقة المتبادلة بين حديقة الصخور المتواجد في الجزء العلوي من كهف باون بعصور ما قبل التاريخ.

وفي النهاية، حديقة الصخور ليست مجرد منظر طبيعي خلاب يمكن أن تراه بالعين المجردة ولكن لها قيمة تاريخية ترجع لعصور ما قبل التاريخ التي يجب علينا معرفتها واكتشافها. لأن بحوثات الآثار لمنطقة باندونج الغربية قد توسعت وأعطت تصويرا واسعة للتاريخ والحياة وكيفية الحياة لعصور ماقبل التاريخ.

المترجمة : فتحية غزالي | المحرر: محمد علي | المصدر: وكالة ريكام الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Di Kawasan Bandung Barat, terdapat area perbukitan batu kapur. Jika Anda berkunjung ke sana, akan melihat betapa indahnya panorama di sekitarnya, seperti Goa Pawon, Pasir Pawon, Pasir Bancana, Pasir Masigit, Karangpanganten, Pasir Pabeasan, Gunung Manik dan Gunung Hawu.

Banyak destinasi yang bisa dieksplorasi di kawasan geopark ini. Stone Garden yang berlokasi di Desa Masigit Cipatat Bandung Barat, nama sebelumnya dikenal dengan Pasir Pawon, berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan didominasi hamparan bebatuan besar yang unik dan fotogenik.

Menurut cerita, bebatuan yang menjulang di kawasan ini dengan formasi-formasi unik adalah bekas danau zaman purbakala. Jika diperhatikan Anda bisa melihat bagaimana bentuk-bentuk batu tersebut terlihat berongga layaknya karang-karang yang berada di dasar laut.

Maka diyakini lokasi Stone Garden atau Stone Park pada masa lalu merupakan dasar laut yang dengan seiring waktu terangkat ke permukaan. Bahkan di beberapa batu Anda bisa menemukan fosil-fosil kerang yang menempel dan terbentuk, tentunya hal tersebut mengindikasikan jika memang pada masa lalu bukit tinggi tersebut merupakan bagian dari sebuah dasar laut.

Hal itu diperkuat dengan temuan peneliti fosil kerangka manusia purba berusia 7.300 hingga 9.500 tahun silam di Goa Pawon atau di kawasan bawah Stone Garden. Fosil asli yang ditemukan pada 2004, disimpan di Balai Arkeologi Bandung. Dulu juga ditemukan berbagai peralatan purba dan 6 kerangka manusia purba. Tapi, yang utuh cuma satu. Maka Stone Garden yang berada di atas puncak Goa Pawon tentu tidak bisa lepas dari keterkaitan sejarah purbakala.

Jadi Stone Garden bukan sebatas keindahan alam yang kita lihat secara kasat mata, namun sarat dengan nilai-nilai sejarah di jaman purbakala yang harus kita ketahui. Sebab penelusuran-penelusuran arkeolog di kawasan Bandung Barat ini semakin memberikan gambaran yang lebih luas tentang sejarah atau kehidupan di jaman dahulu.

(35)

تعليقات
Loading...
Click Me