ثقة حبيبي في جوكوي

Keyakinan Habibie terhadap Jokowi

0 577

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – هَنأ الرئيس الثالث لجمهورية إندونيسيا بحر الدين يوسف حبيبي الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو (جوكوي) على إعادة إنتخابه مرة أخرى في الإنتخابات الرئاسية 2019-2024.  وأكد على أن جوكوي يستطيع مواصله مشاريعه وبرامجه.

قال حبيبي، الجمعة (24/05/2019)، في القصر الرئاسي الإندونيسي بجاكارتا الوسطى: “أهنئ الرئيس جوكوي، وأنا على يقين أنه يستطيع إكمال ما بدأه، وسوف نَقف وراءه جميعًا ونساعده”.

وأكد على على أن انتخاب جوكوي مرة أخرى سوف يَجعل جميع المشاريع التي بدأها تستمر بنفس الخطة والنظام، وهذا ما سوف يَجعل المواطنيين يَشعرون بالتحسن وبجدوى هذه المشاريع. حيث أن هدف جوكوي الأول هو الأجيال القادمة.

وأكمل حديثه: “أتيت الأمس لاهنئ الرئيس، حيث أن استكمال المشاريع وتأمين مستقبل الأجيال القادمة هو اختيار الشعب”.

يتمنى حبيبي أن يستطيع جوكوي أن يُكمل مسيرة التَقدُم، وأكد على أن الجميع يستطيع المشاركة في تِلك المسيرة.

قال حبيبي: “أهنئ الرئيس جوكوي وإن شاء الله سوف يستطيع سيادته أن يُكمِل الخطة التي وَضعها. وفي الإنتخابات الرئاسية القادمة يستطيع أي شَخص التَرشح”.

وأكد على أن الوحدة الإندونيسية هي أهم وأغلى شئ، وأن أحداث الشغب التي اندلعت عام 1998 مختلفة عن الأحداث الحالية.

“لا نستطيع أن نُقارن أحداث عام 1998 بالإحداث الحالية، فكُل الحقائق يَعرفها الشعب الإندونيسي بنفسه”. ما قاله حبيبي عندما سُئِل عن أحداث 1998.

يَرى حبيبي أن الرئيس يَجب أن يكون قائد لجميع أطياف المُجتمع، وأنه الوِحدة الإندونيسي لا تَقبل الجدال والمساومة.

أنهى حبيبي حديثه قائلا: “جميعُنا مُتفقين على إن الوحدة الإندويسية، واستقرار الدولة، ومستقبلها، أشياء لا تقبل الجدال والمساومة. فبغض النَظر عن مَن فاز في الإنتخابات، فإنه ليس فقط رئيسا لِمَن اختاره، ولكن رئيس لجميع الإندونيسيين”

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie memberi selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemenang Pilpres 2019. Habibie yakin Jokowi bisa melanjutkan program kerja.

“Saya ucapkan selamat pada Bapak Presiden (Jokowi), bahwa insyaallah beliau bisa melanjutkan program sesuai rencana dan kita semua membantu supaya terasa,” kata Habibie di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Habibie mengatakan, dengan terpilihnya kembali Jokowi, program kerja pada periode pertama dapat dilanjutkan sehingga dampak pembangunannya bisa lebih terasa. Habibie berbicara bahwa Jokowi lewat program kerja yang dijalankan adalah ujung tombak generasi penerus.

“Saya datang kemari, pertama, untuk mengucapkan selamat kepada Bapak Presiden bahwa rakyat telah menentukan agar supaya karya-karya yang beliau telah laksanakan bisa berkelanjutan dan diamankan untuk generasi penerus. Dan beliau adalah ujung tombak untuk generasi penerus,” ujar Habibie.

Habibie berharap Jokowi dapat melanjutkan program pembangunan nasional. Dia mengatakan semua pihak dapat turut serta dalam pembangunan nasional.

“Saya ucapkan selamat sama Bapak Presiden Jokowi, bahwa insyaallah beliau bisa melanjutkan program sesuai rencana dan kita semua membantu supaya terlaksana dan nanti pada pemilu lima tahun lagi setiap orang boleh,” kata Habibie.

Habibie menegaskan persatuan dan kesatuan di Indonesia adalah harga mati. Habibie mengatakan kondisi saat ini berbeda dengan saat terjadinya kerusuhan pada 1998.

“Kalau disamakan dengan keadaan waktu Bapak tahun ’98, it’s not true. Banyak laporan Anda tahu sendiri, tidak ada,” pria kelahiran Parepare ini.

Habibie lalu menegaskan persatuan Indonesia tidak ada tawar-menawar. Habibie mengatakan seorang presiden harus menjadi pemimpin bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dalam hal ini kita sepakat juga bahwa mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, dan stabilitas dan proses pemerataan, dan masa depan bangsa ini tidak ada tawar-menawar. Itu kartu mati dan siapa saja nanti yang akan memimpin dan sedang memimpin, dia tidak memimpin yang memilihnya, dia memimpin seluruh bangsa Indonesia,” kata Habibie.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...