جوكوي: لقد قضينا على الصيد الجائر في مياهنا الإقليمية

Jokowi: Hampir tak Ada lagi Illegal Fishing

0 667

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو يقول بأن الآن أنعدمت تقريبًا ممارسات الصيد غير القانوني في بحار إندونيسيا. و لذلك يأمل جوكوي أن ينمو الإنتاج السمكي و الصناعات السمكية في إندونيسيا.

قال جوكوي أن سبعة آلاف سفينة أجنبية كانت لسنوات تصطاد في مياه إندونيسيا الإقليمية، و الآن تم التصدي لها جميعًا. بل أن بيانات وزارة الشئون البحرية تشير أن هذا الرقم قد وصل إلى 13 ألف سفينية.

قال جوكوي: “إذا كانت هناك سبعة آلاف سفينة تصطاد في مياهنا و قد تم إيقافهم، فهذا يعني أن يكون هناك الكثير من الأسماك لنا الآن. لقد تم القبض على عدد من سبعة آلاف إلى 13 ألف سفينة، و على ما أتذكر قد تم إغراق 488 سفينية أخرى.”

و أضاف جوكوي: “لقد سألت وزير الشئون البحرية عما إذا كان إنتاجنا من الأسماك قد ارتفع أم لا. لقد كانت هناك بعض الأرقام التي ارتفعت قليلاً. فهل قلت سفننا أم إن استخراج تصاريح الصيد صعبة و تستغرق الكثير من الوقت؟ هذا ما أريد أن أراه.”

و أكد الرئيس على أنه لا يريد أن تستغرق عملية استخراج التصاريح الكثير من الوقت. قال: “سواء في وزارة النقل أو وزارة الشئون البحرية. نحن الآن في عصر التكنولوجيا. لا أريد أن تمر الأسابيع لاستخراج التصاريح، ناهيك عن الشهور و السنوات.”

كما أكد جوكوي على رغبته في تعضيم الموارد البحرية لبلاده. لذلك فإنه يرى أن يتم إعادة النظر في تنظيم الدولة لعمليات الصيد.

قال جوكوي: “ثلثا إندونيسيا عبارة عن بحار، فكيف يكون لدينا بحار بهذا الاتساع و يكون لدينا نقص في الأسماك. و كيف تهزمنا الدول المجاورة في الإنتاج.”

و قد حضر لقاء الرئيس مع أصحاب المشاريع في قطاع الصيد البحري و صيادي الأسماك كلاً من وزيرة الشئون البحرية و الثروة السمكية سوسي بوجياستوتي.

 

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر:ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sekarang ini sudah hampir tidak ada lagi praktik illegal fishing di laut Indonesia. Jokowi berharap, dengan tak ada lagi illegal fishing, maka produksi ikan nelayan dan industri perikanan tangkap semakin berkembang.

Ia mengatakan sebanyak 7.000 kapal asing ilegal yang bertahun-tahun lalu lalang di perairan Indonesia saat ini sudah ditertibkan. Bahkan data dari Kementerian Kelautan Perikanan jumlahnya mencapai 13.000 kapal asing.

“Kalau 7.000 kapal itu sudah tidak ada mestinya ikannya kan melimpah. Dulu diambil 7.000-13.000 kapal ditangkap seingat saya 488 kapal yang sudah ditenggelamkan. Artinya apa? Mestinya produksi ikan dari hasil laut kita melimpah,” katanya.

Presiden pun mengkonfirmasi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan perihal ada tidaknya kenaikan produksi ikan setelah kapal-kapal asing tersebut ditertibkan. “Saya tanyakan ke Menteri hasilnya naik enggak? Ada nih angkanya kok naiknya sedikit. Apakah kapalnya sekarang sangat berkurang atau izin-izinnya yang sulit, bertele-tele, itu yang ingin saya lihat,” katanya.

Presiden menekankan dirinya tidak ingin pengurusan perizinan memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. “Entah di Kementerian Perhubungan atau di KKP, masa ngurus izin di zaman IT seperti ini, saya berminggu-minggu saja enggak mau apalagi ada yang berbulan-bulan, bertahun-tahun,” katanya.

Presiden juga menekankan keinginannya agar sumber daya laut di Tanah Air bisa semakin memberikan manfaat berkelanjutan. Oleh karena itu, pengaturan penangkapan ikan harus benar-benar diperhatikan oleh negara.

“Kalau dua pertiga Indonesia adalah air, adalah laut ya mestinya laut segede itu kita kekurangan ikan, yang benar ikannya kurang kebangetan kalau kalah dengan negara tetangga,” katanya.

Pada kesempatan itu Presiden juga berdialog dengan pengusaha industri perikanan tangkap dan nelayan dari Morotai. Hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber:republika

 

تعليقات
Loading...