جِبران: تَرشُحي لمَنصِب رَئيس مَدينة سولو أمر بَعيد عَن سُلطَة أبي

Gibran Sebut Penentuan Calon Wali Kota Solo Bukan di Tangan Jokowi

358

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – نَفى المُرشح لمنصب رئيس مدينة سولو، جبران راكابومينج راكا، جَميع الاتهامات السياسية الموجهة إليه بخصوص ترشحه للمنصب في انتخابات رؤساء المدن 2020.

وعلى الرغم من كون جبران ابن الرئيس الإندونيسي الحالي، إلا أنه أكَّد اتباعه لجميع الخطوات التي وَضعها حزب النضال الديموقراطي الإندونيسي (PDIP)، للترشح لهذا المنصب.

حيث قال: “لقد اشتركت في الانتخابات. قَد أفوز وقَد أخسر. قَد أُنتخب وقَد لا أنتخب. والأهم مِن ذلك، أنه لا توجد أي توصية أو ترشيح”.

أكَّد جبران أنه شارك في الانتخابات عَبر اتباع جَميع القواعد الموضوعة مِن قبل الحِزب التي تُنظم تَرشح الأعضاء في هذا النوع من الانتخابات. وأضاف: “إذا تَم انتخابي هذا أمر جَيد. وإذا لَم أنتخب، لَيست مشكلة”.

يَرى جبران أن ما يحدث في الساحة السياسية الآن، ليست له علاقة بأي قرابة عائلية. فالحديث في تِلك الانتخابات، عن المنافسة لا أكثر. والمواطنون لديهم الحق في انتخابه، أو انتخاب غيره. واختياره مِن قبل الحزب للترشح لَيس في يَد الرئيس جوكو ويدودو -جوكوي-.

حيث قال: “اختياري مِن قبل الحزب ليس في يد أبي. وتم ترشيحي مِن قبل رئيسة الحزب، الأستاذة ميجاواتي سوكارنوبوتري”.

وفي سياق متصل، أعلن مَركز ميديان للإحصاء. أن هُناك 41.6% مِن المواطنيين يَرون أن تَرشح جبران راكابومينج راكا إلى هذا المنصب يُعتَبر سياسة عائلية. بينما، هناك 55.5% لا يرون ذلك.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة ميرديكا الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membantah tudingan politik dinasti karena mengikuti Pilkada Kota Solo 2020. Meski sebagai anak Presiden, Gibran mengklaim mengikuti mekanisme yang telah digariskan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Saya ikut kontestasi, bisa menang, bisa kalah. Bisa dipilih bisa tidak. Dan yang paling penting kan tidak ada penunjukan,” kata Gibran, Selasa (17/12).

Gibran menegaskan jika dia telah mengikuti kontestasi dan memenuhi semua mekanisme yang ada. “Dipilih monggo, tidak dipilih ya terserah,” tandasnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan saat ini tidak sedang membentuk dinasti politik. Dalam pertarungan Pilkada adalah bicara tentang kompetisi. Warga boleh saja memilih dan boleh saja tidak memilih. Menurutnya, penentuan calon Wali Kota Solo bukan di tangan Joko Widodo (Jokowi).

“Penentuan calon Wali Kota Solo bukan di tangan Bapak. Rekomendasi ditentukan oleh Ketua Umum PDIP, Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujarnya.

Sebelumnya, lembaga survei Median menyatakan majunya Gibran Rakabuming Raka dinilai masyarakat sebagai bentuk politik dinasti. Sebanyak 41,6 persen hasil survei menyebutkan ada politik dinasti. Sedangkan sisanya yakni 55,5 persen menyatakan majunya Gibran di Pilkada Solo bukanlah politik dinasti.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: www.merdeka.com

تعليقات
Loading...