حِزبْ (PDIP) لَم يُرشِح جبران لمنصِب رئيس مَدينة سولو بَعد

PDIP Belum Putuskan Gibran Jadi Cawalkot Solo

389

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – لَم يُقرر حزب النضال الديمقراطي الإندونيسي (PDIP) بَعد، مَن هو مُرشّح الحِزب في انتخابات رؤساء المُدن 2019 عَن دائرة مَدينة سولو. وهذا يَعني، أن الحِزب لَم يدعم ابن الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو، جبران راكابومينج راكا، بشكل رَسمي في تِلك الإنتخابات كمرشح عَن الحِزب.

قَال السياسي بالحِزب، مارواراو سيرايت -أو كما يُطلَق عليه أرا-: “حِزب (PDIP) لَم يُقرر بَعد أي شئ بخصوص دَعم مُرشح الحِزب في مَدينة سولو. ومَا يفعله جبران الآن، عبارة عَن اجرائات دستورية لَم تخرُج عَن نِطاق قواعد الحزب”. مانتينج، جاكارتا، الأحد (22/12).

وأكَّد أيضًا أن جبران سَوف يَمر أولً بالآليات التي وَضعها الحِزب بخصوص هذا الأمر. ولَن يُعطَى أي امتيازات بصفته ابن الرئيس جوكوي.

حيث قال: “يَجب عَلى جبران أن يَقبل حلاوة ومرارة السياسية والحزب. فلن يَكون كُل شئ حُلو بالتأكيد”.

وأقّر أرا أيضًا أن سولو مِن المناطِق التي يستهدفها حِزب (PDIP) لإنها إستراتيجية لكسب الأصوات.

حيث قال: “سوف نتعتبر سولو بأهمية بقية المُدن الأخرى. لإنها مكان إستراتيجي جِدا ومُهِم جدًا”.

طَلب أرا مِن الجميع أن لا يَعتبروا نية جبران في الترشح، شكل مِن أشكال السياسة العائلية. لإن في تِلك الإنتخابات، المواطنيين هم مَن يختارون رئيس مدينتهم.

وأضاف: “التحديات ليست سهلة دائمًا. هُناك أشخاص كُثَّر يريدون الديمقراطية، وهُناك مَن لا يُريدها. هُناك مَن يُريد المضي قُدمًا، وعادة هو الشخص الذي يواجه التحديات”.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة ريبوبليكا الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan kandidat yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo. Artinya, PDIP belum memutuskan apakah akan mendukung putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, yang sudah menyatakan niatnya untuk maju sebagai calon wali kota Solo.

“Kami di PDI Perjuangan belum memutuskan apa-apa, yang dilakukan Mas Gibran itu masih dalam proses yang konstitusional yang ada dalam PDIP,” ujar politkus PDIP Maruarar Sirait di Menteng, Jakarta, Ahad (22/12).

Pria yang akrab disapa Ara itu menjelaskan, Gibran akan melewati mekanisme partai terlebih dahulu. Gibran tak akan mendapatkan keistimewaan meski merupakan anak dari Jokowi.

“Dia (Gibran) harus siap menerima yang manis dan pahit dari berpolitik, dan dari partai karena tidak mungkin semua yang manis kalau kita terima yang pahit kemudia kita pergi,” ujar Ara.

Ia juga tak bisa membantah bahwa Solo menjadi salah satu daerah yang diincar oleh PDIP. Sebab, daerah tersebut merupakan wilayah strategis untuk mendulang suara.

“Khusus buat Solo pertimbangannya pasti sama tempat lain juga sangat penting, karena solo itu sangat strategis,” ujar Ara.

Karena itu, ia mengimbau semua pihak untuk tak mengkaitkan niat Gibran sebagai dinasti politik. Sebab, dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 masyarakatlah yang akan memilih pemimpinnya.

“Jadi memang tantangan itu tidak mudah selalu ada orang yang mau demokratis selalu ada yang tidak. Ada yang mau berproses itu adalah tantangan-tantangan,” ujar Ara.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: republika.co.id

تعليقات
Loading...