رئيس أسترا يشجع رجال الأعمال الألمان للاستثمار في إندونيسيا

Bos Astra Dorong Pengusaha Jerman untuk Investasi di Indonesia

0 741

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – استضافت إندونيسيا المؤتمر السادس عشر لمنطقة آسيا والمحيط الهادئ للأعمال الألمانية (APK). عقد هذا الحدث، لمدة 3 أيام، عرض فيه العديد من البرامج الحوارية حول الاقتصاد والأعمال وتنمية التكنولوجيا الألمانية.

ويأمل رئيس شركة ذات مسؤولية محدودة (PT) أسترا العالمية  Tbk (ASII)  بريجونو سوغيارتو، ويعتبر أيضاً رئيس الجمعية الاقتصادية الألمانية-الإندونيسية (EKONID)، أن يتمكن رجال الأعمال الألمان في خلال هذا الحدث من رؤية أن الاقتصاد الإندونيسي ينمو بشكل جيد وهو مكان جذاب للاستثمار.

قال”في رأيي، هناك الآن المزيد والمزيد من الفرص لرجال الأعمال الألمان لرؤية أن إندونيسيا قد تقدمت. البعض منهم قد جاءو لكنهم لم يكتشفوا بشكل أعمق من ذلك. أملنا مع هذا APK حقا هو أن إندونيسيا هي بلد لديه إمكانات جيدة وسيأتي يوم (ألمانيا) تصبح مستثمرا هنا، “عندما التقينا به في فندق ريتز كارلتون، جاكرتا، الجمعة (11/2).

ومع ذلك، قال بريجونو، لا نسعى لأي هدف استثماري لأن هذا مؤتمر. ولكن، بصفته كرجل أعمال، رأى أن هناك استجابة إيجابية من المستثمرين الألمان عندما رأوا إندونيسيا التي في اعتقادهم أنها بلد قوي.

وفقا له، كانت القضايا الرئيسية في المؤتمر أكثر على تنمية الموارد البشرية (HR) وبناء العلاقات مع رجال الأعمال الألمان. كما التقى أحد الوزراء الألمان بالرئيس جوكو ويدودو (جوكووي) لمناقشة التعليم المهني.

قال”بالأمس جاء وزير الألمانية إلى أسترا. وهو يقدم شهادات للخريجين في العلوم التطبيقية من Astra تعادل المهارات المهنية في اللغة الألمانية. نأمل من خلال هذه الشهادة أن نتمكن في يوم من الأيام من تصدير العمال الماهرين الذين لديهم مهارات معينة “.

في هذا المؤتمر الـ16 لمؤتمر آسيا والمحيط الهادئ للأعمال الألمانية (APK) Asia Pacific Conference of German Business (APK)  هناك أيضا اجتماع الشبكات الثنائية. الهدف هو أن ألمانيا كدولة قوية ومتقدمة في مجال التكنولوجيا والتصنيع، يمكن أن تعتبر إندونيسيا حقلًا رطبًا للاستثمار.

قال في ختامه “في الواقع أنها جيدة للغاية من حيث الشركات الصغيرة والمتوسطة والتصنيع. أتمنى أن يحصل، وآمل أن يكون هناك نقل تكنولوجي أيضا”

المترجمة: فتحية غزالي | المصدر: كومبارانج


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia menjadi tuan rumah acara Asia Pacific Conference of German Business ke-16 (APK). Acara yang digelar selama 3 hari ini menyajikan banyak talk show tentang ekonomi, bisnis, dan pengembangan teknologi Jerman.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Prijono Sugiarto yang juga merupakan Chairman Perkumpulan Ekonomi Indonesiaa-Jerman (EKONID), berharap lewat acara ini para pengusaha Jerman bisa melihat bahwa ekonomi Indonesia tumbuh dengan baik dan menjadi tempat menarik untuk berinvestasi.

“Jadi menurut saya, sekarang makin ada kesempatan businessman orang-orang Jerman untuk melihat bahwa Indonesia sudah maju.

Beberapa dari mereka sudah pernah ke sini tapi belum pernah jajaki lebih dalam. Harapan kami dengan adanya APK ini benar-benar lihat Indonesia jadi negara yang punya potensi baik dan suatu saat (Jerman) jadi investor di sini,” kata dia saat ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (2/11).

Meski begitu, kata Prijono, tidak ada target investasi yang dikejar karena ini acara konferensi. Tapi, sebagai sesama pengusaha, dia menilai ada respons positif dari investor Jerman ketika melihat Indonesia yang menurut mereka negara kuat.

Menurutnya, isu utama dalam konferensi lebih banyak pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan membangun jaringan dengan pengusaha Jerman. Salah satu Menteri Jerman juga sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas pendidikan vokasi.

“Kemarin Menteri Jerman datang ke Astra. Beliau memberikan sertifikasi lulusan politeknik dari Astra setara dengan vocational di German. Harapan kami tentu dengan sertifikasi ini suatu hari kami bisa mengekspor skilled worker yang punya keahlian tertentu,” katanya lagi.

Dalam APK ke-16 ini juga ada pertemuan bilateral networking. Tujuannya agar Jerman sebagai negara yang kuat dan maju teknologi dan manufakturnya, bisa menganggap Indonesia sebagai ladang yang basah untuk berinvestasi.

“Sebenarnya mereka sangat baik dalam hal UKM maupun manufaktur. Harapan saya bisa, semoga ada transfer teknologinya juga,” tutup Prijono.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Sumber: Kumparan

تعليقات
Loading...