سامبوري: مجسم راجا أمبات بسولاويسيّ الوسطى

Kamu Kapan ke Sombori, Raja Ampat Mini Sulawesi

0 868

موروالي، إندونيسيا اليومهل تعلم أن هناك مزر سياحي يطلق عليها اسم مجسم راجا أمبات؟ إنها جزر سومبوري التي تقع في منطقة موروالي، وسط سولاويسي. تضم جزر سامبوري أعدادا من الجزر، مثل جزيرة مبوكيتا، ووكوكو، وكايانغان، وسامبوري، ودوا لاوت. وللوصول إلى سامبوري، عليك أن تتجه إلى الميناء إذا بدأت السفر من كينداري، ثم تواصل بالقارب السريع إلى سامبوري.

وعادة تقف أولاً عند لابينجكي إذا أردت الوصول إلى سامبوري. وفي سامبوري، يمكنك النزول في قرية مبوكيتا التي تقطنها قبيلة باجو. ولا يوجد أي بيت للأقامة فيها، لذلك إذا زرتها برفقة مجموعة عادة ما تقيم في قاعة اجتماعات بالقرية وتركب على بلاطها الحصير. جزيرة كوكو هي جزيرة صغيرة ذات الرمال البيضاء. وإذا كانت زيارتك تكون في فترة ما بعد الظهر، يمكنك أن تشاهد انحسار مياه البحر وارتفاعها. والتقاط صور هنا ممتع للغاية.

وعندما تقف عند جزر سامبوري، خذ بعض أوقاتك لزيارة كهف ألو.الذي  يمتلئ الجزء الأمامي من هذا الكهف بالمياه الضحلة وتحيطه رمال بيضاء على جانبه كاشاطئ. وفي داخله كوة  تشبه الحوض حيث يمكنك النزول والدخول إليها طالما تكون لديك الجرأة. بالطبع الكهف مظلم ولا ضوء فيه. وإذا دخلت إليه، يجب عليك استخدام مصباح يدوي. بالإضافة إلى ذلك، يمكنك زيارة منزل الجدة الذي يحتوي على بقعة رائعة لالتقاط الصور. كما يمكننا في هذا المنزل التوقف لحظة والتحدّث مع الجدة.

تقع البقعة الرئيسة لهذة الجزر بتل سامبوري. وتسلق هذا التل يتطلب جهد، لعدم توفير مسار خاص به، فيجب عليك تسلق التل بين الصخور كارست الحادة. لذلك، ننصحك بشدة لارتداء القفازات.

ولكن بعد وصولك إلى أعلى التل، وستشعر بأنك قد دفعت جميع ثمن جهودك. انبساط التلال الخضراء ومياه البحر الخضراء تبرز أمام عينينك. وتجعلك لا تغادر من هنا. ومع ذلك، يجب عليك أن تحذر فوق التل، لعدم  وجود سياج أمان على جانبه الايمن والايسر. لا تحرم نفسك متعة التقاط الصور حتى تهمل  سلامتك. إذن، متى ستذهب إلى سومبوري؟

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Morowali, Indonesiaalyoum.com Tahukah traveler jika ada destinasi wisata berjuluk Raja Ampat mini. Inilah Kepulauan Sombori yang terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Kepulauan ini terdiri dari pulau-pulau, seperti Pulau Mbokita, Koko, Kayangan, Sombori, dan Dua Laut. Untuk mencapai Sombori, dari Kendari kita menuju pelabuhan dan kemudian melanjutkan dengan naik speed boat ke Sombori.

Untuk menuju Sombori, biasanya kita akan singgah di Labengki terlebih dahulu. Di Sombori, kita bisa menginap di Desa Mbokkita, tempat bermukimnya Suku Bajo. Tidak ada penginapan disana, jadi jika kita pergi kesana dengan grup biasanya menginap di balai desa dengan menggelar kasur. Pulau Koko merupakan pulau kecil berpasir putih. Karena kami kebetulan berkunjung kesana di sore hari, kita bisa merasakan dari air masih pasang hingga surut. Seru sekali berfoto di sini.

Di Kepulauan Sombori kita bisa singgah ke Gua Allo. Bagian depan gua ini memang dipenuhi air dangkal dan ada pasir di sisinya layaknya pantai. Di bagian dalam terdapat ceruk yang jika kita berani, bisa turun dan masuk ke dalam cerukan yang seperti palung. Namanya juga gua, jadi gelap pastinya. Jika masuk kesini, sebaiknya memakai pelampung ya. Selain itu, kita bisa berkunjung ke rumah nenek yang punya spot keren untuk berfoto. Di rumah nenek ini kita bisa mampir dan ngobrol-ngobrol dengan sang nenek.

Yang menjadi spot utama adalah Bukit Sombori. Untuk naik ke bukit ini memang perlu perjuangan. Karena belum ada jalur khusus, kita harus menaiki bukit diantara bebatuan karst yang sangat tajam. Oleh karena itu memakai sarung tangan sangat dianjurkan.

Tapi sesampainya di atas, semua usaha terbayarkan. Hamparan bukit-bukit hijau dan air laut yang juga berwarna kehijauan tampak di depan mata. Cantik sekali. Rasanya tidak mau beranjak dari sini. Di atas sini perlu berhati-hati juga ya, karena di kanan kiri kita tidak ada pagar pengaman. Jangan sampai keasyikan selfie membuat kita lengah. Kamu kapan ke Sombori?

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...