شاهد جمال شلال الآلهة في جاروت

Melihat Keindahan Sanghyang Taraje yang Dijuluki Air Terjun Para Dewa di Garut

0 625

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje) هو شلال ذو مناظر خلابة يمكنك زيارته في جاروت، بجاوا الغربية.
يقع سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje) على ارتفاع 660 مترًا فوق سطح البحر، يمنحك منظر ساحر ستبهرك مناظرة الطبيعية.

إضافة إلى ذلك ما يثير الاهتمام حول شلال سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje) هو أن هذا الشلال يحتوي على مجرى مائي يسقط جنبًا إلى جنب في اتجاهين بحيث يشبه السلم.

لذلك أطلق السكان المحليون على هذا الشلال تراجي (Taraje) وتعني السلم.

 

في حين أن اسم سانغهيانغ (Sanghyang) يأتي من لقب للآلهة أو للملوك في العصور القديمة.

لذلك عند جمع الاسمين يكون سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje) بمعنى السلم الذي تستخدمه الآلهة نحو كايانجان (kayangan) أي الجنة.

بالإضافة إلى ذلك، يحمل هذا الشلال أسطورة، حيث يعتقد أنه كان المكان الذي استخدمه سانغكوريانج (Sangkuriang) لأخذ النجم لديانغ سومبي (Dayang Sumbi).

وفقًا للأسطورة المحلية، بالقرب من هذا الشلال يوجد صخرة عملاقة على شكل أفقي يقال إنها قاعدة سانغكوريانج (Sangkuriang).

ولكن نادر ما من يمكنه مقابلته.

في حين أن الحجر الذي يقع تحت الشلال، وفقًا للسكان المحليين، يُعتقد أنه مكان يخبأ فيه النجم (الكنز) سانكوريانج الذي يحرسه سمكة عملاقة.

يبلغ ارتفاع شلال سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje)  حوالي 82 مترًا ويقع في وسط غابة تحمل كل أشكال الجمال الطبيعي.

إضافة إلى ذلك، يزداد جمال الشلال بوجود الأعشاب الخضراء التي تنمو بكثرة بالقرب من المنبع الذي استخدم كمكان للاسترخاء للزوار.

يقع شلال سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje) مباشرةً عند تدفق نهر جيكاندانغ (Cikandang).

يقع سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje) في قرية كومبونغان (Kombongan)، باكنجن (Pakenjeng)، محافظة جاروت (Garut)، جاوى الغربية.

على الرغم من أنه يقع على بعد 45 كيلومترًا من جاروت (Garut)، إلا أن شلال سانغهيانغ تراجي (Sanghyang Taraje) يمكن للسياح الوصول إليه بسهولة.

سعر تذكرة الدخول إلى الشلال رخيص جدًا، فقط 6000 روبية للشخص واحد.

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: مؤمن السيفي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sanghyang Taraje adalah destinasi air terjun dengan pemandangan yang luar biasa yang bisa kamu kunjungi di Garut, Jawa Barat.

Berada di ketinggian 660 mdpl, Sanghyang Taraje menawarkan pesona air terjun yang menawan yang akan membuat kamu terbuai karena pemandangan yang ditawarkan.

Selain itu, yang menarik dari air terjun Sanghyang Taraje adalah air terjun ini memliki aliran air yang jatuh secara berdampingan dari dua arah sehingga menyerupai tangga.

Oleh karena itu, para penduduk setempat menamai air terjubn ini dengan sebutan Taraje yang berarti tangga.

Sedangkan nama Sanghyang sendiri berasal dari sebutan kehormatan buat dewa-dewa atau raja pada zaman dahulu kala.

Sehingga bila digabungkan, nama Sanghyang Taraje memiliki arti tangga yang digunakan oleh para dewa menuju kayangan.

Selain itu, air terjun ini terdapat legenda sebagai tempat yang digunakan oleh Sangkuriang mengambil bintang untuk Dayang Sumbi.

Menurut legenda setempat, di dekat air terjun ini terdapat sebuah batu berbentuk tapak raksasa yang konon itu adalah tapak Sangkuriang.

Namun. jarang sekali orang yang dapat menemuinya.

Sedangkan batu yang ada di bawah tepat air terjun menurut masyarakat setempat dipercaya sebagai tempat penyimpanan bintang (harta karun) Sangkuriang yang dijaga oleh belut raksasa.

Air terjun Sanghyang Taraje memiliki tinggi mencapai 82 meter yang terletak di tengah-tengah hutan belantara yang menampilkan keindahan alam yang sangat natural.

Selain itu, pemandangan air terjun ini makin cantik, karena di dekat kolma terdapat taman yang sudah ditumbuhi rumput hijau yang disediakan sebagai tempat bersantai para pengunjung.

Air terjun Sanghyang Taraje ini berada tepat di aliran anak Sungai Cikandang.

Sanghyang Taraje terletak di kawasan Kampung Kombongan, Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Meskipun terletak cukup jauh sekitar 45 kilometer dari Garut, Curug Sanghyang Taraje cukup mudah diakses oleh para wisatawan.

Harga tiket masuk ke air terjun ini cukup murah, hanya Rp 6000 rupiah saja untuk 1 orang.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Editor: Momen

تعليقات
Loading...