شيخ الأزهر يصحح فهم كياي حاج سعيد عقيل سراج عن الإسلام
Ketika Grand Syekh Al Azhar Meluruskan Pemahaman Said Aqil Siroq Soal Islam
جاكرتا، اندونيسيا اليوم – مؤخرا عاد شيخ الأزهر لزيارة اندونيسيا.وكان قد تمت دعوة الشيخ أحمد الطيب لزيارة مكتب الإدارة العامة لجمعية نهضة العلماء (PBNU) في جاكرتا. وما هو المثير للاهتمام من زيارة الإمام الأكبر شيخ الأزهر في مكتب الإدارة العامة لجمعية نهضة العلماء؟
في موقع البرنامج علقت لافتة مكتوب عليها الكلمات العربية، “من إسلام نوسانتارا إلى السلام العالمي” وبهذه المناسبة، أوضح رئيس عام جمعية نهضة العلماء، كياي حاج سعيد عقيل الذي تحدث باللغة العربية معنى الجملة المكتوبة في اللافتة إلى الإمام الأكبر الدكتور أحمد الطيب أي ما معنى إسلام نوسانتارا.
قد يهمك: NU’EST ألغت حفلا موسيقيا في جاكرتا
ووفقا لعقيل، إسلام نوسانتارا هو إسلام شعب نوسانتارا، إندونيسيا وماليزيا وبروناي المتسامح ويكافح التطرف والإسلام الراديكالي، فهو مخالف لإسلام العرب (مصحوب بضحك الحاضرين).
ثم رد الشيخ أحمد طيب أيضا بصراحة على فهم كياي حاج سعيد عقيل عن الإسلام. وقال، “إن الله تعالى لو علم أن إندونيسيا أهل لرسالته الخاتمة لما نزلت على محمد.”
شرح الشيخ أحمد الطيب بأن الله عليم ويختار الأمة العربية لمواصلة وتحمل دعوة النبي صلى الله عليه وسلم لأن الله تعالى يعلم بأن العرب هم الذين يستطيعون أن يقوموا بنشر هذا الدين إلى جميع أنحاء العالم.
وأوضح أن هذه المهمة تختلف عن رسالات النبوات السابقة، كانت هذه الرسالات محدودية جدا زمانا ومكانا وجيلا، على سبيل المثال أنبياء بني إسرائيل فاختارهم الله من غير العرب.
قد يهمك: 600 شخص يتسلقون جبل جيدي كل يوم وأكثرهم من الشباب الألفي
لكن عندما بعث النبي محمد (صلى الله عليه وسلم)، الذي تستمر رسالته تعلو فوق الزمان والمكان والأجيال ويجب الإيمان به لجميع الناس في جميع أنحاء العالم فيختار الله تعالى عربيا كريما للقيام بحمل الرسالة ونشرها إلى جميع أنحاء العالم.
وتابع الشيخ أحمد طييب: “لا يصح إيمانكم إلا إذا أحببتم هذا العربي أكثر من نفوسكم ومن أبنائكم ومن أموالكم”. بمعنى أنكم إذا كرهتم العرب لا يصح إيمانكم.
“نحن درسنا هنا كيف جاء الإسلام. من الذي حمل الإسلام إلى هذه البلاد، العرب، وتجار العرب، أليس كذلك؟ لولا مجيء هؤلاء العرب إلى هنا ربما كنتم حتى الآن مذهبا من مذاهب جنوب شرق آسيا أو المذاهب التي ربما تتعارض مع الحق (الإحيائية، الأروحية، وعبادة الأصنام، والأشجار، وما إلى ذلك).”
قد يهمك: مجلس علماء إندونيسيا يأمل بنجاح مظاهرة 11 مايو للدفاع عن فلسطين
“وحضرتك تعرف أن النبي صلى الله عليه وسلم حين خرج على أصحابه ويراهم يتذاكرون من الاوس وأنا من الخزرج يرى وجهه مثل ثمرة الرمان من شدة الغضب.” بمعنى أنه ليس هناك تعصب بين المسلمين بالقومية ويعتبر المسلمون إخوة بلا تمييز بين القبائل والأعراق “.
في نهاية البرنامج، حاول عقيل أن يترجم ويلخص بأنه لا ينبغي لنا أن نكره العرب.
قد يهمك: فيلم إندونيسي يفوز في مهرجان الفيلم بسلوفاكيا
المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: صحيفة ميديا جاكرتا
Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Baru-baru ini Grand syekh Al Azhar kembali datang berkunjung ke Indonesia. Diantara kunjunganya Syekh Ahmad Tayyib diundang untuk bertandang ke kantor PBNU di Jakarta. Lalu apa yang menarik dari kunjungan petinggi Universitas Al Azhar Mesir itu di Kantor PBNU?
Di tempat acara dipasang banner dengan kata kata dari bahasa arab yg kurang lebih artinya : “Dari Islam Nusantara menuju kedamaian Alam semesta.” Pada kesempatan itu, Ketua PBNU, Said Aqil yang berbicara dengan bahasa Arab menjelaskan kepada syekh Ahmad Thayyib makna tulisan spanduk tentang apa itu Islam Nusantara.
Menurut Aqil, Islam Nusantara adalah Islam orang Nusantara Indonesia, Malaysia, Brunei yang penuh toleransi anti ektrimisme dan radikal, tidak sama dengan Islam Arab (sambil tertawa ringan).
Kemudian Syekh Ahmad Thayyib pun langsung menjawab secara tegas meluruskan pemahaman Said Aqil soal Islam. Ia mengatakan :”Seandainya saja Allah tahu bahwa bangsa Indonesia lebih pantas dari bangsa Arab untuk menerima dan mengemban risalah penutup kenabian, maka risalah tidak akan diturunkan kepada Nabi Muhammad,”
Syekh Ahmad menjelaskan Allah Yang Maha Tahu dan Allah memilih bangsa Arab untuk Mengemban dan melanjutkan dakwah Rasulullah saw karena Allah tahu bangsa Arab lah yang mampu menyebarkan agama ini sampai ke seluruh penjuru dunia.
“Berbeda dengan nabi nabi yang Allah utus sebelumnya yang memang masa kenabianya terbatas dan jangkauan dakwahnya juga terbatas contohnya seperti nabi-nabi Bani Israil maka dipilih nabi dari selain bangsa Arab. Namun ketika diutus Nabi Muhammad, nabi yang syariatnya akan selalu dijunjung hingga akhir zaman dan wajib di imani oleh seluruh manusia di seluruh penduduk bumi Maka Allah memilih bangsa Arab yang pertama menerima dakwah ini dan menyebarkanya ke seluruh penjuru dunia.”tuturnya.
Syekh Ahmad Thayyib melanjutkan : “Sungguh tidak sah iman kalian kecuali kalian mencintai orang arab ini (yakni nabi Muhammad SAW) lebih dari kalian mencintai diri kalian keluarga kalian bangsa kalian dll. dalam arti lain kalau kalain anti dan sentimen terhadap bangsa arab maka tidak sah iman kalian.”
“Kami belajar tentang sejarah masuknya islam disini. Bukankah yang membawa Islam ke negri kalian ini adalah orang orang Arab? seandainya saja orang orang arab itu tidak datang kesini dan mengajarkan kalian bagaimana ajaran Islam maka mungkin kalian sampai saat ini masih berada dalam keyakinan umumnya orang orang timur Asia yang keyakinanya bertentangan dengan kebenaran (animisme, dinamisme, menyembah patung, pohon dll).”
“Bukankah anda tahu bahwa Rasulullah SAW marah besar ketika orang orang saling membangg-banggakan sukunya ada yang mengucap saya dari suku Aus saya dari Khazraj nabi marah sampai memerah wajahnya. Maksudnya agar Ummat Islam tidak fanatik kesukuan tapi menganggap semua muslimin adalah saudara tanpa membeda bedakan suku dan ras.” jelasnya.
Diakhir acara, Aqil mencoba menterjemahkan dan menyimpulkan, bahwa kita tidak boleh benci terhadap orang Arab (MJ)
Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Media Jakarta