شي جين بينغ يزور بروناي دار السلام ويعزز التعاون الاقتصادي

Kunjungi Brunei Darussalam, Xi Jinping Perkuat Kerja Sama Ekonomi

0 969

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قام الرئيس الصيني شي جين بينغ بزيارة دولية بروني دار السلام للمرة الأولى منذ 13 عامًا.

وأكد شي أن الصين وبروناى دار السلام دولتان مجاورتان بالبحر وشريكتان يثق بعضهما في بعض، لأن كلا البلدين لهما تاريخ طويل من الصداقة.

وقال شي إنه منذ إقامة العلاقات الدبلوماسية قبل 27 عاما، قام البلدان بالتعاون الجيد مع بعضهما البعض، ثم زادا ثقتهما الكاملة في السياسة في مختلف أشكال التعاون، وجلبا منافع ملموسة لكلا البلدين وقدما إسهاما إيجابيا في السلام والازدهار في المنطقة.

وأعرب عن أمله في مواصلة هذه الصداقة الثنائية الطويلة الأمد، وتصميم إطار مشترك لمصالح العلاقات الثنائية المستقبلية وتعزيز الصداقة بين الصين وبروناي من خلال الزيارات.

واتفق شي جين بينغ والسلطان حسن البلقية على تقوية التعاون التجاري والاستثماري الثنائي، بما في ذلك تشجيع التعاون في تكرير النفط هينجيي للصناعات ومصنع البتروكيماويات في جزيرة موارا بيسار، بروناي دار السلام، وترويج “ممر بروني جوانجشي الاقتصادي” ، وتعزيز الاتصالات والتعاون الفني في الزراعة والأغذية الحلال والزراعة.

في محاولة لبناء اقتصاد قوي ومستدام، ترحب بروني دار السلام بالاستثمار الأجنبي الصيني. شجع كلا الطرفين على مشاركة أكبر لرجال الأعمال في البلدين من خلال استخدام المنصات الحالية مثل معرض الصين الدولي للاستيراد ومعرض الصين – الاسيان. كما أعربت الصين عن استعدادها لتبادل الخبرات في مجال الاقتصاد الرقمي والتجارة الإلكترونية مع بروناي دار السلام.

تعد هذه الزيارة لبروناي دار السلام هي الزيارة الدولية الثانية لشي جين بينغ خلال رحلته في منطقة آسيا والمحيط الهادئ.

وقد سبق له أن سافر إلى بابوا غينيا الجديدة واجتمع مع قادة من بلدان جزر المحيط الهادئ التي تقيم علاقات دبلوماسية مع الصين، ثم حضر اجتماعات قادة اقتصاد آسيا والمحيط الهادئ في بورت مورسبي، ببابوا غينيا الجديدة. بعد بروناي دار السلام ، سيواصل شي جين بينغ زيارته الرسمية إلى الفلبين.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر: تيمبو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Cina Xi Jinping melakukan kunjungan kenegaraan ke Brunei Darussalam untuk pertama kalinya setelah 13 tahun terakhir.

Xi menekankan Cina dan Brunei Darussalam adalah negara yang bertetangga di seberang lautan dan mitra yang saling percaya, karena kedua belah pihak memiliki sejarah panjang pertukaran persahabatan.

Xi mengatakan sejak pembentukan hubungan diplomatik 27 tahun yang lalu, kedua negara telah memperlakukan kerja sama yang adil satu sama lain, kemudian meningkatkan kepercayaan yang penuh dalam hal politik dalam berbagai bentuk kerja sama, serta membawa manfaat nyata bagi kedua bangsa dan memberikan kontribusi positif bagi perdamaian dan kemakmuran di wilayah tersebut.

Dia berharap untuk meneruskan persahabatan bilateral yang telah terjalin lama ini dan bersama merancang kerangka kerja untuk kepentingan hubungan bilateral di masa depan dan meningkatkan persahabatan antara Cina dan Brunei melalui kunjungan.

Xi Jinping dan Sultan Hassanal Bolkiah sepakat untuk memperkuat kerja sama perdagangan dan investasi bilateral, di antaranya mendorong kerja sama pada kilang minyak Hengyi Industries Sdn Bhd dan pabrik petrokimia di Pulau Muara Besar, Brunei Darussalam, dan mempromosikan “Koridor Ekonomi Brunei-Guangxi”, serta memperkuat komunikasi dan kerjasama teknis di bidang pertanian, makanan halal dan budidaya.

Dalam upaya membangun ekonomi yang kuat dan berkelanjutan, Brunei Darussalam menyambut baik investasi asing langsung dari Cina. Kedua pihak mendorong lebih banyak keterlibatan komunitas bisnis kedua negara dengan memanfaatkan platform yang ada seperti China International Import Expo dan China-ASEAN Expo. Cina juga menyatakan kesiapan untuk berbagi pengalaman di bidang ekonomi digital dan e-commerce dengan Brunei Darussalam.

Brunei Darussalam merupakan kunjungan kenegaraan Xi Jinping yang kedua selama perjalanannya di Asia pasifik.

Sebelumnya dia telah melawat ke Papua Nugini dan bertemu dengan para pemimpin dari negara-negara pulau Pasifik yang memiliki hubungan diplomatik dengan Cina, kemudian menghadiri pertemuan para pemimpin Ekonomi Asia-Pasifik di Port Moresby, Papua Nugini. Setelah dari Brunei Darussalam, Xi Jinping akan melanjutkan kunjungan kenegaraannya ke Filipina.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Fares badr | Sumber:  Tempo

تعليقات
Loading...