إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

لمدة 12 عامًا من العمل في مصر، عاملة إندونيسية تمنع من العودة إلى وطنها

Hampir 12 Tahun TKI Asal Indramayu Tertahan di Mesir

130

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – ماكبياه بنت مكنون، البالغة من العمر 28 عامًا، من قرية دوكوهجاتي، مقاطعة إندرامايو، هي عاملة إندونيسية لا تستطيع العودة إلى إندونيسيا بعد أن عملت لسنوات طويلة بالخارج.

ماكبياه لا تستطيع العودة إلى إندونيسيا بعد أن عملت لمدة 11 عامًا و 11 شهرًا في مصر. كما إنها لم تتلقى راتبها ولا تستطيع التواصل مع عائلتها في إندونيسيا.

قال مكنون، والد الفتاة: “أبنتي عملت لما يقارب أثنى عشر عامًا في مصر، خلال هذه المدة لم تستطع العودة إلى إندونيسيا، لقت تلقيت للتو راتبها عن تلك المدة 36 مليون روبية(2500 دولار)”. الأربعاء 4/12/2019.

قال مكنون أن ابنته ماكبياه قد سافرت للعمل كعاملة منزلية مع أختها الكبرى نونونغ. الأختان تم توظيفهما من قبل حياة، حياة هي مندوبة توظيف للعاملات المنزليات، و قد أرسلت الأختين للعمل في الأردن.

ابنتا السيد مكنون تم تسجيهما في شركة تشيميرلانج أبدي فرع إندرامايو. بعد ذلك بعدة أيام تم نقلهما إلى الفرع الرئيسي للشركة بشرق جاكرتا.

قال مكنون: “ابنتي بقيا في جاكرتا لعدة أيام، بعد ذلك سافرتا إلى الأردن في تاريخ 15 يناير 2008”.

بعد وصولهما إلى الأدرن، نقلت الفتاتان على الفور إلى القاهرة. و هناك  تم تفرقهما، و عملتا في منزلين مختلفين.

قال مكنون: “نونونغ الأبنة الكبرى عملت في مصر لمدة ثلاث سنوات و بعده عادت إلى إندونيسيا. بينما ماكبياه قد أمضت 12 عامًا في مصر لا تستطيع العودة إلى إندونيسا، ذلك أن رب عملها يمنعها من العودة و ترك العمل”.

حاول الأب مكنون مساعدة ابنته للعودة إلى إندونيسيا، بحث الأب عن شركة تشيميرلانج أبدي فرع إندرامايو و حتى الفرع الرئيسي في جاكرتا، لكنه وجد الشركة قد أغلقت و ما عاد لها وجود.

لتتجه الأسرة على الفور إلى هيئة حماية العمالة الإندونيسية في ديسمبر 2014، و لكن حتى الآن لم ينتج أي تقدم في الأمر.

قال رئيس اتحاد العمالة الإندونيسية بالخارج، فرع إندرامايو، السيد جوماريه، أنه من جهته سيقوم بكتابة شكوى عائلة ماكبياه و تقديمها إلى عدد من الجهات. بالإضافة إلى السفارة الإندونيسية في القاهرة، كذلك سيتم تقديم الشكوى إلى مدير إدارة حماية المواطنين و الإدارة القانونية بوزارة الخارجية الإندونيسية، بالإضافة إلى وزارة العمل.

قال جوماريه: “نأمل أن يتم متابعة شكوانا في أسرع وقت لتعود ماكبياه إلى وطنها و عائلتها مع كامل حقوقها”.

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Indramayu dilaporkan tak bisa pulang setelah bertahun-tahun bekerja di luar negeri. Kali ini, hal itu menimpa Makpiyah binti Maknun (28 tahun), asal Blok Margunah, RT 004/RW 001, Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng.

Makpiyah dilaporkan tidak bisa pulang dari tempatnya bekerja di Mesir sejak 11 tahun 11 bulan terakhir. Selain itu, dia juga belum menerima gaji utuhnya dan tak bisa leluasa berkomunikasi dengan keluarganya di kampung halaman.

‘’Selama 11 tahun 11 bulan bekerja di Mesir, anak saya tidak bisa pulang dan baru menerima gaji yang dikirim sebesar Rp 36 juta,’’ kata Maknun, ayah kandung Makpiyah, di Indramayu, Rabu (4/12/2019).

Maknun menceritakan, Makpiyah pergi menjadi TKI bersama kakaknya yang bernama Nunung Nuraeni. Keduanya direkrut oleh Hayat, seorang sponsor warga Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, sebagai pekerja rumah tangga (PRT) ke Yordania.

Kedua putri Maknun itu didaftarkan ke PT Cemerlang Abadi (CA) Cabang Indramayu, di Kecamatan Krangkeng. Setelah menunggu beberapa hari, keduanya langsung dibawa ke kantor pusat  PT CA di Condet, Jakarta Timur.

‘’Di Jakarta pun hanya menunggu beberapa hari, kemudian kedua anak saya diberangkatkan ke Yordania pada 15 Januari 2008,’’ terang Maknun.

Setelah sampai di Yordania, kedua TKI itu kemudian dibawa ke Kairo, Mesir. Di kota itu, keduanya ditempatkan di dua majjikan yang berbeda.

‘’Kalau Nunung, setelah kerja tiga tahun langsung pulang. Sedangkan Marpiyah hampir 12 tahun tidak bisa pulang karena majikan selalu menahan kepulangannya,’’ tutur Maknun.

Mengetahui anaknya tidak bisa pulang, Maknun pun berusaha mendatangi PT CA, baik yang ada di Indramayu maupun Jakarta. Namun, perusahaan itu ternyata sudah tutup.

Pihak keluarga lantas mengadukan persoalan itu ke BP3TKI Ciracas pada Desember 2014. Namun, pengaduan dengan nomor: ADU/2014.12/003 924 itu hingga kini belum membuahkan hasil.

“Segala usaha sudah saya tempuh, tapi sampai sekarang belum membuahkan hasil,’’ keluh Maknun.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu, Juwarih,  menyatakan, akan segera meneruskan pengaduan dari pihak keluarga Makpiyah itu secara tertulis ke berbagai pihak berwenang. Selain KBRI Mesir, pengaduan tertulis juga aan disampaikan ke direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Ketenagakerjaan RI, dan BNP2TKI.

‘’Semoga dalam waktu dekat pengaduan kami ditindaklanjuti sehingga Makpiyah bisa dipulangkan dengan membawa haknya,’’ kata Juwarih.

Translated by: Momen Alsayfi | Source: REPUBLIKA

 

(108)

تعليقات
Loading...
Click Me