فريق البحث والإنقاذ يقوم بإجلاء الضحايا بسبب الزلزال في لومبوك، الاتصالات صارت عقبة

Tim SAR Sisir Korban Gempa Lombok, Akses Komunikasi Jadi Kendala

0 923

لومبوك، إندونيسيا اليوم – واصل فريق البحث والإنقاذ في عملية إجلاء ضحايا #الزلزال 7 درحة على مقياس ريختر (SR) الذي هز مناطق نوسا تنجارا الغربية. صار الاتصال عقبة لتوالي جهود البحث والإخلاء.

“واصل فريق البحث والإنقاذ في عملية الإخلاء. إن ظروف حدوث #الزلزال في الليل وتوقف وسيلة الاتصال من العوائق في الميدان،” قال رئيس مركز الإعلام والعلاقات العامة بالوكالة الوطنية لإدارة الكوارث، سوتوبو بوروو نوغروهو في بيان رسمي يوم الاثنين (2018/6/8).

وقال سوتوبو إنه حتى يوم الاثنين (6/8) في الساعة 2:30 مساء، كان هناك ما لا يقل عن 91 شخصا لقوا حتفهم,قابل للزيادة، بسبب الزلزال الذي وقع يوم الأحد (5/8) في الساعة 18:46 توقيت غرب إندونيسيا. وفي الوقت نفسه، أصيب آلاف آخرون بجروح.

“ومن المتوقع أن يزيد عدد الضحايا، وما زال فرق البحث والإحصاء تقوم بدورها لجمع البيانات حول عدد المبانى المتضررة”، قال سوتوبو.

وأضاف سوتوبو أيضا أن آلافا من الناس ما زالوا نازحين بسبب هذا الزلزال. في الوقت نفسه توالت جهود القوات المشتركة في إخلاء والتعامل مع الطوارئ بسبب الزلازل.

“المنطقة الأكثر تضررا هي لومبوك الشمالية ولومبوك الشرقية وماتارام. وبناء على التقارير الواردة من الوكالة الوطنية لإدارة الكوارث،فإنه من بينال91شخصا الذين لقوا حتفهم، هناك 65 شخصا منهم من لومبوك الشمالية ، و9 أشخاص من لومبوك الغربية، وشخصين من لومبوك الوسطى شخصين، و4 أشخاص من مدينة ماتارام 4، وشخصين من لومبوك الشرقية. ومعظم الضحايا توفوا بسبب انهيار المباني”. بحسبه.

اقرأ أيضا: فخري حمزة يرسل الحليب لضحايا الزلزال في لومبوك

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ديتيك


Lombok, Indonesiaalyoum.com – TIM SAR terus melakukan evakuasi dan penyisirian korban gempa 7 Skala Richter (SR) yang mengguncang kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB). Akses komunikasi menjadi kendala dalam upaya pencarian dan evakuasi.

“Tim SAR gabungan masih terus melakukan evakuasi dan penyisiran. Kondisi malam hari dan sebagian komunikasi yang mati menyebabkan kendala di lapangan,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugoroho dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/8/2018).

Sutopo mengatakan, hingga Senin (6/8) pukul 02.30 WIB, sudah tercatat sebanyak 82 orang meninggal akibat gempa yang terjadi pada Minggu (5/8) pukul 18.46 WIB tersebut. Sementara itu, ribuan lainnya dinyatakan mengalami luka.

“Diperkirakan korban terus bertambah. Jumlah kerusakan bangunan masih dilakukan pendataan,” kata Sutopo.

Sutopo juga menambhakan, ribuan orang masih mengungsi akibat gempa ini. Aparat gabungan terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempabumi.

“Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram. Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi NTB, dari 39 orang meninggal dunia, korban berasal dari Kabupaten Lombok Utara 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh,” katanya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...