قطار الحرمين في إندونيسيا

Kereta Haramain di Indonesia

0 759

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أصدر مركز البحوث والتواصل المعرفي كُتَيِّبًا تعريفيًّا باللغة الإندونيسية عن قطار الحرمين السريع، ونشره في إندونيسيا، حيث تلقت العديد من الجهات التي لها اتصال مباشر بشؤون الحج والعمرة كوزارة الشؤون الدينية وومؤسسات السفر والسياحة والحج والعمرة ومؤسسات إعلامية للتعريف بهذا المشروع الكبير.

وتقدم المطوية تعريفا موجزا بقطار الحرمين السريع باللغة الإندونيسية، ويتضمن هذا التعريف الموجز أبرز المعلومات عن مشروع قطار الحرمين الذي دشنه خادم الحرمين الشريفين وافتتح أولى رحلاته في 15/01/1440ﻫ الموافق 25/09/2018م.

وتمتد سكة قطار الحرمين 450 كيلومترا، للقطار فيها أربع محطات خلال انتقاله من مكة إلى المدينة المنورة تبدأ من مكة فجدة فمدينة الملك عبدالله الاقتصادية ثم المدينة المنورة، ومحطة خامسة تنقل المسافرين من مطار الملك عبدالعزيز الدولي إلى مكة المكرمة والعكس. ويسير قطار الحرمين السريع بسرعة 300 كيلو مترا في الساعة، ويقطع المسافة من مكة المكرمة إلى المدينة المنورة في 120 دقيقة، وكذلك من المدينة المنورة إلى مكة المكرمة. ويشمل سرب قطار الحرمين السريع 35 قطارا، يتسع كل قطار منها لــ 417 مقعدا، وينتظر أن تصل السعة الاستيعابية لنقل المسافرين بين محطاته الخمس إلى 60 مليون مسافر في العام، وقد كلف مشروع قطار الحرمين السريع 7.78 مليار دولار.

ويأتي هذا المشروع الضخم ليخدم رؤية المملكة العربية السعودية 2030 التي اشتملت على استراتيجية متكاملة لتطوير منظومة الحج والعمرة والزيارة، وإتاحة الفرصة لعدد أكبر من المسلمين لتأدية المناسك بأمن وأمان وطمأنينة وسكينة، في وقت يتعاظم لدى المسلمين أهمية الحفاظ على هويتهم الاسلامية واستكمال متطلبات شعائرهم الدينية، وتستهدف رؤية 2030 توفير الفرصة لــــ 30 مليون معتمر على مدار العام الواحد، كما تأمل الحكومة السعودية مضاعفة عدد حجاج بيت الله الحرام في رؤيتها لـــ 2030؛ لذلك تشمل الرؤية التطويرية الاستمرار في توسعة الحرمين الشريفين، مع الشبكة المنجزة لقطار المشاعر المقدسة، ومشاريع إسكان وخيم الحجيج، والانتهاء من توسعة وإنشاء المطارات الواسعة المتطورة لاستقبال ضيوف الرحمن في المدينة المنورة وجدة، بالإضافة إلى استمرار الإدارة الأمنية الفاعلة للحفاظ على أمن الحجاج والمعتمرين والزائرين وراحتهم. كما وسعت الحكومة السعودية منظومة خدماتها الصحية لضيوف الرحمن لتشمل تجهيز المستشفيات ومراكز الرعاية الصحية الأولية، وتوفير القوافل الصحية المتحركة في موسم الحج، وتقديم خدمات معلوماتية وتوعوية، ونظافة شاملة ودائمة في المشاعر المقدسة على مدار الساعة. كما أن تطوير منظومة الحج لا تتوقف على تطوير البنية التحتية للحرمين الشريفين والمشاعر المقدسة، بل يوازيها جنبا إلى جنب تطوير إداري وبشري مستمر.


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Lembaga Center for Research & Intercommunication Knowledge (CRIK) Arab Saudi, telah menerbitkan buku kecil berbahasa Indonesia yang memuat profil dan layanan Kereta Ekspres Al-Haramain. Buku Kereta Al-Haramain ini juga telah mulai didistribusikan secara gratis kepada lembaga-lembaga yang menangani urusan haji dan umrah, seperti Kementerian Agama Republik Indonesia, dan asosiasi dan perusahaan travel, umrah dan haji, serta lembaga media untuk mengenalkan mega projek Arab Saudi ini.

Buku Kereta Ekspres Al-Haramain memuat profil singkat Kereta Ekspres Al-Haramain dalam bahasa Indonesia, informasi umum tentang projek Kereta Al-Haramain yang telah diresmikan oleh Pelayan Dua Kota Suci, Raja Salman pada tanggal 15 Muharram 1440 H yang bertepatan dengan 25 September 2018, Pelayan Dua Kota Suci, Raja Salman Bin Abdul Aziz dengan melakukan perjalanan pertama dari Jeddah menuju Madinah Al-Munawwarah.

Dengan panjang rel mencapai 450 kilometer, kereta api cepat Al-Haramain yang menghubungkan Makkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah ini memiliki lima stasion, mulai dari Makkah, Jeddah, Economic City King Abdullah, Madinah Al-Munawarah dan stasion kelima yang mengangkut pengunjung dengan rute dari Bandara Internasional King Abdul Aziz ke Makkah Al-Mukarramah atau dari Makkah ke Bandara King Abdul Aziz.

Skuadron Kereta Api Cepat Al-Haramain itu terdiri dari 35 gerbong yang masing-masing gerbong memiliki 417 kursi. Dengan kecepatan kecepatan 300 kilometer per jam, Kereta Api Cepat Al-Haramain mampu memangkas waktu perjalanan antara Makkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah menjadi dua jam dua puluh menit saja. Dengan kata lain, separoh dari durasi waktu yang diperlukan oleh mobil di jalan raya antara kedua kota tersebut.

Projek Kereta Cepat Al-Haramain yang bernilai 7,78 milliar dollar ini ditargetkan akan melayani dan mengangkut 60 juta pengunjung (jamaah) setiap tahun.

Projek raksasa ini bagian dari visi 2030 Arab Saudi mencakup strategi terpadu
pengembangan sistem haji, umrah, dan kunjungan, di samping pemberian kesempatan bagi sebanyak mungkin kaum muslimin untuk melaksanakan ibadah dengan aman, nyaman, dan tenang, apalagi di saat kesadaran pentingnya menjaga identitas keislaman dan menyempurnakan ritual-ritual keagamaan semakin berkembang di tengah kalangan umat Islam.

Visi pembangunan 2030 bertujuan untuk menaikkan jumlah jamaah umrah 30 juta per tahun, selain itu Arab Saudi juga menargetkan untuk meningkatkan jumlah jamaah Haji, oleh karena ini visi pembangunan 2030 mencakup upaya perluasan area Al-Haramain dan menyelesaikan jaringan kereta ke tempat-tempat suci, proyek-proyek pemondokan dan tenda-tenda para jamaah, merampungkan peluasan dan pembangunan bandara-bandara yang luas dan maju guna menyambut para tamu Allah di Madinah Al-Munawarah dan Jeddah, selain itu juga ditunjang dengan manajemen keamanan yang aktif dan efisien guna menjaga keamanan dan kenyamanan para jamaah haji serta bekerja demi keamanan dan kenyamanan para jamaah haji, umrah, dan peziarah.

Pemerintah Arab Saudi juga memperluas sistem layanan kesehatannya kepada para tamu Allah yang mencakup penyediaan berbagai rumah sakit dan pusat perawatan kesehatan primer, penyediaan tim kesehatan keliling selama musim haji, penyediaan layanan informasi, kesadaran, dan logistik, kebersihan menyeluruh dan konstan di tempat-tempat suci sepanjang waktu, dengan memberikan pelayanan sanitasi yang maju, proyek-proyek kebersihan Al-Haramain dan kawasan-kawasan sekitarnya, upaya penghijauan dan penerangan di tempat-tempat suci, dan upaya perluasan terus-menerus di Jembatan Jamarat, di samping menyediakan tempat minum Air Zamzam di area Al-Haramain sepanjang waktu.

تعليقات
Loading...