كاليبيرو.. من منطقة زراعية إلى منطقة سياحية عالمية

Wisata Kalibiru Sempat Gersang Sebelum Viral

0 751

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قطاع السياحة له دور كبير في تنمية الإقتصاد وكما قال الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو أنه بخلاف فرص العمل التي يصنعها القطاع فإنه أيضًا يحسن دخل المناطق المختلفة سواء إذا كانت لإصحاب المشاريع السياحية أو لحكومة المنطقة.

ولذلك يتم تشجيع السكان والحكومات المحلية على إستغلال المناطق السياحية الموجودة وإذا لم ينجحوا يتم دعهم برأس المال والخبرات.

أما إذا نجحت التجربة فالحكومة تشجعهم وتعمل على ترويج هذه المناطق بشكل عالمي ، ومن هذه المناطق هي مجمع غابات HKm في قرية كاليبيرو بهارجويليس في كولونبروجو بجوكجاكارتا.

فمزارعين هذه المنطقة لم يكتفوا فقط بكون المكان منطقة زراعية ولكن قرروا أن يكون منطقة سياحية أيضًا.

كاليبيرو التي أعتادت على أن تكون هادئة دومًا ، زارها السياح في الفترة الأخيرة لإنها تقدم بعد الأماكن السياحية التي تسمح لك بالإستمتاع بالطبيعة ، بالإضافة إلى أن الرئيس جوكو ويدودو روج لها عندما كان متحدث في مؤتمر القمة للرؤساء التنفيذيين بمنظمة آسيان وأستراليا بقاعة مؤتمرات سيدني في أستراليا يوم السبت (17/3/2018).

حيث قال جوكوي: “السيلفي غير حياتنا ويعتبر من إختراعات هذا العصر ، فعندنا منطقة سياحية إسمها كاليبيرو يقف الناس بالساعات إنتظارًا حتى يأخذوا صورة بوضعية السيلفي”.

وأكد جوكوي على أن تطوير الأماكن السياحية لجذب الطبقة المتوسطة والشباب مقارنة بالمناطق السياحية الأخرى الفاخرة. ودعى لتحسين عناصر الجذب السياحية وإضافة روح المغامرة من قرية إلى قرية.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sektor pariwisata dinilai memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sektor pariwisata selain dapat menciptakan lapangan kerja, juga dapat mendorong peningkatan pendapatan di daerah, baik bagi pengelola tempat wisata maupun bagi pemerintah daerah.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah maupun masyarakat didorong untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi wisata yang ada di daerahnya. Bagi yang belum berhasil, dilakukan pendampingan serta sejumlah bantuan termasuk permodalan.

Nah bagi yang sudah berhasil, diberikan apresiasi termasuk dengan turut mempromosikan di ajang internasional. Salah satu yang dinilai berhasil mengembangkan potensi wisata di daerahnya adalah Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (HKm) Mandiri di Desa Kalibiru, Hargowilis, Kulonprogo di Yogyakarta.

Para petani di Desa Kalibiru, tidak hanya mengandalkan pendapatan dari sektor pertanian saja tapi juga dari pengelolaan tempat wisata. Sukses menggarap lahan milik Perhutani yang dipercayakan kepada mereka untuk menjadi obyek wisata.

Kalibiru yang dulu sepi dan bak terisolir, beberapa tahun terakhir ramai didatangi wisatawan. Objek wisata yang menawarkan berbagai spot untuk menikmati keindahan alam ini bahkan sempat dipromosikan Presiden Joko Widodo saat menjadi pembicara dalam CEO Forum dalam rangkaian KTT Khusus ASEAN-Australia, di International Convention Center, Sydney, Australia, Sabtu (17/3/2018).

“Saya bisa mengatakan bahwa selfie adalah penemuan atau ciptaan abad ini, karena selfie telah mengubah dunia. Sebuah objek wisata alam bernama Kalibiru yang berada di Yogyakarta, Indonesia, di sana orang rela antre berjam-jam hanya untuk mendapatkan selfie yang sempurna,” kata Jokowi kala itu.

Jokowi mengatakan perkembangan objek wisata tak lain juga karena kalangan menengah dan orang muda, pada saat ini tertarik dengan pengalaman dan petualangan dibanding barang-barang mewah. Mari optimalkan potensi objek wisata dan berpetualang dari desa ke desa.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...