كلمة سعادة مدير الجامعة السعودية الالكترونية في فعالية عقد خدمة برنامج العربية على الإنترنت في إندونيسيا

Sambutan Rektor SEU dalam penandatanganan Kerjasama dengan Program Bahasa Arab Online di Indonesia

1٬056

الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلى آلهِ وصحبه أجمعين. أمّا بعدُ.

فإنه من دواعي السرور أن نلتقي في هذا المحفل العلمي المبارك، والذي جاء بدعوة كريمة ومشكورة من اتحاد مدرسي اللغة العربية( إملا) في إندونيسيا الذي يسعى إلى نشر اللغة العربية وتعميق ثقافتها  في إندونيسيا،  من خلال المؤتمرات، والندوات العلمية الخاصة بهذا المجال.

لقد حرصت المملكة العربية السعودية على نشر اللغة العربية، لغة القرآن الكريم ؛ فوفرت البيئات التعليمية المختلفة؛ لتحقيق ذلك الهدف السامي من خلال تقديم برامج تعليمية وتدريبية وبحثية رائدة في مجال تعلم وتعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها، كما عملت على إقامة شراكات مع المجتمع المحلي والعالمي بهذا الخصوص.

وانطلاقا من حرص الجامعة السعودية الإلكترونية على خدمة اللغة العربية وتطوير تعليمها لغير الناطقين بها، فقد اطلقت برنامجين كبيرين رائدين في مجالهما هما: (1) برنامج العربية على الإنترنت، (2) برنامج اختبار اللغة العربية المعياري، حيث وظفت التقنية لتخدم راغبي تعلم العربية في أنحاء العالم، ويسرت تعليمها بكفاءة فعالة وجودة عالية لمجمل أركان العملية التعليمية ومخرجاتها، وكان للجامعة أيضا السبق والريادة في إطلاق أول اختبار لقياس الكفاية اللغوية من خلال أكثر من 5000 مركز حول العالم.

أ.د. عبدالله بن عبدالعزيز الموسى مدير الجامعة السعودية الإلكترونية

وقد قامت الجامعة السعودية الإلكترونية  في العام الماضي بتوقيع عدد من عقود الخدمات للإفادة من هذين البرنامجين في نشر وتطوير  تعلم وتعليم اللغة العربية واختبارها معياريا في شرق العالم وغربه، ومن ضمنها بعض الجامعة الإندونيسية، ولعله من دواعي سرورنا أن نأتي في هذا اليوم المبارك لتوقيع عدد من عقود الخدمات مع عدد من الجامعات الإندونيسية للإفادة من هذين البرنامجين، بما يخدم نشر اللغة العربية وتطوير أدوات تعلمها وتعليمها وإتاحتها لكافة الراغبين في تعلمها.

وختاما لا يسعني في هذه المناسبة إلا أن أتقدم بالشكر والتقدير  للقائمين على تنظيم وترتيب هذا المحفل العلمي المبارك ، وعلى وجه أخص اتحاد مدرسي اللغة العربية ( إملا)، وكافة الزملاء والمهتمين في الجامعات والمعاهد والمؤسسات التعليمية الأدونيسية .

وأسأل  المولى عز وجل أن يجعل هذا العمل في ميزان حسناتنا جميعا، وأن يتقبّله خالصاً لوجهه الكريم..

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

أخوكم

أ.د. عبدالله بن عبدالعزيز الموسى

مدير الجامعة السعودية الإلكترونية

 


Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta sekalian alam. Shawalat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi dan rasul paling mulia, baginda Rasulullah Saw beserta seluruh sahabatnya. Amma Ba’du
Pertemuan kita di forum ilmiah ini memberikan kebahagiaan buat kita karena mendapatkan undangan yang berharga dari Asosiasi Pengajar Bahasa Arab di Indonesia (IMLA). Tentu ini merupakan wujud dari upaya untuk menyebarkan bahasa Arab dan membudayakannya di Indonesia, melalui konferensi dan seminar ilmiah khusus yang berhubungan dengan bidang ini.

Dari dulu Kerajaan Saudi Arabia telah bertekad untuk menyebarkan bahasa Arab yang juga merupakan bahasa Al-Quran. Oleh sebab itu, KSA telah menyediakan berbagai macam lingkungan pembelajaran bahasa Arab dalam rangka mewujudkan tujuan yang mulia ini. Salah satunya melalui penawaran program pembelajaran, pelatihan dan penelitian yang terbaik dalam bidang pengajaran bahasa Arab untuk penutur non Arab. Selain itu, KSA juga telah menjalin kerjasama dengan masyarakat lokal dan internasional terkait program ini.

Berangkat dari tekad Universitas Elektronik Saudi (UES) dalam menyampaikan bahasa Arab dan mengembangkan metode pembelajarannya bagi penutur non Arab, pihak UES telah meluncurkan dua program terbaik yang luar biasa yaitu, 1) Program bahasa Arab Online, 2) Program Tes Standar Bahasa Arab. Dua program ini berbasis teknologi online yang dibuat dengan tujuan memfasilitasi orang-orang yang ingin mempelajari bahasa Arab di seluruh dunia. Sistem pembelajarannya pun mudah, kompeten, efektif, sangat berkualitas bagi proses belajar mengajar dan hasilnya.

Tahun lalu, UES telah menandatangani MoU yang berkaitan dengan dua program ini. Penandatanganan tersebut dilakukan dalam rangka menyebarkan bahasa Arab, mengembangkan pengajaran dan pembelajarannya, serta tes standar yang diadakan di seluruh dunia dari timur maupun barat, salah satunya di beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Kami sangat senang bisa datang di forum ilmiah ini untuk menandatangani beberapa MoU dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia terkait dua program ini dan program lainnya yang bertujuan menyebarkan bahasa Arab dan mengembangkan instrumen pembelajarannya serta menyiapkannya bagi orang-orang yang ingin mempelajarinya.

Akhir kata, tak ada yang dapat saya lakukan selain mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan dan menyusun forum yang penuh berkah ini, terutama pengurus IMLA dan seluruh rekan-rekan serta para pemerhati bahasa Arab yang ada di perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.
Semoga Allah SWT menjadikan amal ibadah ini sebagai timbangan amal kebaikan bagi kita semua dan menerima segala apa yang kita perbuat demi mencari ridha-Nya.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Salam Hormat,
Rektor UES,
Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz Al-Musa

تعليقات
Loading...