كلمة سفير خادم الحرمين الشريفين لدى إندونيسيا أسامة الشعيبي بمناسبة اليوم الوطني السابع والثمانون للمملكة

Pidato Duta Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia pada Perayaan Hari Nasional Arab Saudi

0 657

كلمة سفير خادم الخرمين الشريفين لدي إندونيسيا الأستاذ أسامه الشعيبي في  احتفال بااليوم الوطني للمملكة العربية السعودية التي أقامها السفارة، الثلاثاء (26/9) في فندق ريتز كارلتون، ميجا كونينجان، جاكرتا.

بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله.

إن الْيَوْمَ الوطني للدول هو كعيد الميلاد للبشر، لكن العلاقة بينهما عكسية.

فإذا كان الأفراد مع تقدم العمر يتحولون من قوة إلى ضعف ومن شباب إلى شيخوخة ومن نوره المشع إلى فنائه، فإن العكس يحصل مع الدول.. فكلما طال عمر الدول دل على شباب نظامها السياسي وقوة تماسك نسيجها المجتمعي..!

إن الْيَوْمَ الوطني للمملكة هو ليس يوماً للاستقلال بل هو ملحمة توحيد أمة فجزيرة العرب التي تمثل المملكة العربية السعودية حوالي 90 تسعون بالمائة من مساحتها، لم تكن محتلة أجنبياً، بل كانت مقسمة بين قوى متناحرة على أرض صعبة جغرافياً ومناخياً وبموارد شحيحة وانعدام أمن للسكان وحتى أمان لزوار الأراضي المقدسة..

ومن هنا كان لابد لتاريخ جديد أن يبدأ ، فكان ظهور مؤسس المملكة عبدالعزيز بن عبدالرحمن آلِ سعود رحمه الله، الذي انطلق بحملة واسعة لتوحيد المملكة منذ عام ١٩٠٢م.. فتحول الحلم الذي عجز عنه الكثيرين إلى حقيقةٍ رانية ومشهودة أمام الجميع عندما تم الإعلان عن المملكة العربية السعودية بتاريخ ٢٣ من سبتمبر للعام ١٩٣٢م.

ومنذ إعلان المملكة انطلقت عجلة تنمية هائلة وعلى كافة الأصعدة في عهود الملوك: سعود وفيصل وخالد وفهد وعبدالله رحمهم الله جميعاً.. قفز فيها عدد السكان إلى أضعاف كثيرة.. وتحققت مشاريع تنموية باسمة وهائلة رغم كل الصعوبات والمعوقات حتى باتت أحلام المملكة معجزة فوق الرمال.. ورغم كل ما تحقق في القديم إلا أننا لا نزال نطمح للمزيد في المستقبل، إلى مزيدٍ من الرفاه الاقتصادي والتقدم العلمي داخلياً، والمشاركة في تعزيز السلم والأمن عالمياً.

ومنذ انضمام المملكة كعضو جديد في المجتمع الدولي قررت أن تكون فاعلة في مكافحة الفقر من جهة وتحسين الظروف المعيشية للبشر في العالم من جهة أخرى، وذلك من خلال مساهمتها عن طريق مؤسساتها الخاصة كصندوق التنمية السعودي، أو من خلال دعمها المادي والمعنوي الكبير للمؤسسات الإقليمية والدولية كالأمم المتحدة ومنظماتها المعتمدة. وحالياً تعتبر المملكة من أكبر أربعة مانحين لبرامج الأمم المتحدة الإنمائية، حيث وصلت مساهمتها خلال العشر سنوات الأخيرة إلى أكثر من 46 مليار دولار، كان لـ ٨٣ بلداً حصة منها.

وانتهز هذه الاحتفالية كي أعبر عن أسمى مشاعري الصادقة تجاه الشعب الإندونيسي. الودود في تعامله مع الناس. يقول النبي صلى الله عليه وسلم: “الابتسامة في وجه أخيك صدقة” فكم تصدق هذا الشعب يومياً بابتسامته الدائمة وصبره العظيم.

أما على المستوى الرسمي، فعلاقتنا مع إخوتنا في الحكومة الإندونيسية هي بأفضل حالتها على الإطلاق، فإلى جانب أن كلانا عضوان مهمان في (جي ٢٠) المنتدى العالمي لكبرى اقتصاديات الدول في العالم، فإن الزيارة التاريخية لخادم الحرمين الشريفين الملك سلمان بن عبدالعزيز حفظه الله ولقائه بأخيه فخامة الرئيس جوكو ويدودو في شهر مارس الماضي، قد دشنت مرحلتين جديدتين ومنيرتين للتعاون بين بلدينا. واختتمت بتوقيعهما لعدد من العقود واتفاقيات التعاون وتدشينهم عدد من المشاريع الواعدة. وارتفع الميزان التجاري بين بلدينا لحوالي ٩ مليار دولار سنوياً وهي مرشحة للصعود مستقبلاً وهذا ما سيتم تحقيقه عبر رؤية المملكة العربية السعودية 2030 في مجال الاستثمار المشترك ورزانة وحكمة قائدي البلدين .

ختاماً، أود أن أنوه بأنه كما خرج من باطن أرض الجزيرة العربية الذهب الأسود، وخرج من سطحها التمر الحلو، فإنه ربى على أرضها إنسان عربي سعودي يحمل بقلبه الحب والسلام للجميع. فنبارك لجميع المسلمين نجاح حج هذا العام والذي مثل الحجاج الإندونيسيين 10% ومن ضمنهم أكبر حاجة بلغت 104 سنة أصبحت هي أم الحجاج كما نبارك الأمة الإسلامية والعالم بالسنة الهجرية الجديدة أعاننا الله وإياكم لمكافحة الإرهاب والدول الداعم له.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.


Dengan nama Allah dan segala puji bagiNya.

Sholawat dan salam disampaikan kepada Baginda Rasulullah.

Sesungguhnya hari nasional bagi sejumlah negara bagaikan hari lahirnya manusia, namun hubungan antara keduanya sungguh sangat berbeda.

Apabila perorangan dengan bertambahnya umur dapat berubah dari kuat menjadi lemah dan dari muda menjadi tua dan dari bersinar berubah menjadi redup, tapi tidak demikian dengan negara. Setiap umur suatu negara bertambah maka telah menunjukan semakin perkasa dan kuatnya sistem politikannya serta kekuatan ekohesi rajutan masyarakatnya.

Sesungguhnya hari nasional bagi Arab Saudi bukanlah hari kemerdekaan, melainkan hari unilateralisasi umat dan Jazirah Arab, dimana Kerajaan Arab Saudi mempresentasikan 90% dari luas wilayahnya belum pernah dijajah oleh asing, namun yang terjadi adalah perpecahan antara dua kekuatan yang saling berperang di atas tanah yang sulit secara geografis, iklim, keterbatasan SDM, tidak terdapatnya rasa aman bagi penduduknya bahkan tidak ada jaminan keamanan bagi para pengunjung kota-kota suci saat itu .

Beranjak dari kondisi ini, sudah seharusnya babak baru sejarah harus dimulai, maka munculnya sang pendiri kerajaan (founding father) Raja Abdulaziz Bin Abdurrahman Al-Saud (alm) yang meluncurkan kampanye secara besar-besaran untuk mempersatukan wilayah Kerajaan, yakni pada tahun 1902M.

Maka berawal dari sebuah mimpi – yang kebanyakan orang tidak mampu mencapainya- berubahlah menjadi kenyataan dan mendapat apresiasi luar biasa dari pelbagai pihak ketika mengumumkan berdirinya Kerajan arab Saudi pada tanggal 23 September 1932M.

Sejak diumumkan berdirinya Kerajaan, mulailah roda pembangunan dilakukan secara besar-besaran dan diberbagai aspek, yakni pada masa Raja-Raja : Saud, Faisal, Khaled, Fahd dan Abdullah (alm).

Pada masa tersebut jumlah penduduk terus bertambah dan sejumlah proyek pembangunan besar telah dicapai walaupun dengan sejumlah kesulitan dan masalah yang harus dihadapi, hingga akhirnya mimpi Kerajaan telah menjadi mu’jizat (keajaiban) di atas hamparan pasir tersebut.

Walaupun telah banyak capaian dimasa lalu, namun kita tetap berambisi untuk senantiasa menatap dan maju di masa mendatang, makmur secara ekonomi dan maju di bidang ilmu pengetahuan di dalam negeri serta ikutserta dalam meningkatkan stabilitas keamanan dan perdamaian dunia.

Sejak Kerajaan Arab Saudi menjadi bagian dari komunitas internasional, Arab Saudi telah memutuskan untuk senantiasa aktif dalam memerangi kemiskinan dari satu sisi dan perbaikan tarap kehidupan manusia di dunia dari sisi yang lain, yaitu dengan memberikan kontribusi melalui Lembaga-Lembaga Swasta, seperti Saudi Fund for Development (SFD) atau melalui dukungan financial dan moral yang besar bagi Lembaga-Lembaga Regional dan Internasional, seperti Organisasi PBB dan Lembaga-Lembaga yang berafiliasi di bawahnya.

Pada saat ini Kerajaan Arab Saudi merupakan salah satu dari empat negara pendonor terbesar untuk program pembangunan PBB dimana kontribusi Arab Saudi selama kurun waktu 10 tahun terakhir mencapai lebih dari USD (46) milyar yang diperuntukan bagi (83) negara yang membutuhkan.

Selanjutnya izinkan saya mempergunakan kesempatan yang baik ini untuk menyampaikan ucapan yang tulus kepada seluruh rakyat Indonesia atas keramahannya kepada semua orang sesuai dengan Sabda Nabi Saw. “memberi senyum kepada saudaramu adalah sodakoh” . Berapa jumlah sodakoh yang telah diberikan bangsa ini dengan senyumannya yang terus menerus dan kesabarannya yang besar.

Pada level formal, hubungan kita dengan saudara – saudara kita Pemerintah Indonesia dalam kondisi yang sangat baik. Disamping masing-masing kita merupakan anggota penting G-20, yaitu sebuah forum internasional bagi ekonomi terbesar di dunia.

Sesungguhnya kunjungan bersejarah yang telah dilakukan oleh Pelayan Dua Kota Suci Raja Salman Bin Abdulaziz (semoga Allah melindunginya) dan pertemuannya dengan saudaranya Yang Mulia Presiden Joko Widodo pada bulan Maret lalu telah diluncurkan dua fase kerjasama antara kedua negara kita dan diakhiri dengan penandatangan keduanya atas sejumlah kontrak-kontrak baru dan berbagai MoU dan meluncurkan sejumlah proyek yang menjanjikan.

Volume perdagangan antara kedua telah meningkat menjadi USD (9) milyar per tahun dan terus akan bertambah yang akan dicapai sejalan dengan visi Kerajaan Arab Saudi (2030) di bidang investasi bersama serta kebijaksanaan pemimpin di kedua negara.

Sebagai penutup, izinkan saya untuk menyampaikan bahwa sebagaimana telah keluar dari perut bumi Jazirah Arab emas hitam dan telah keluar dari permukaannya korma-korma yang manis, maka telah dididik pula di atas buminya seorang manusia Arab Saudi yang di dalam hatinya membawa kecintaan dan perdamaian bagi semua. Maka izinkan kami untuk menyampaikan selamat atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, dimana 10% dari jumlah jamaah haji tersebut adalah jamaah haji Indonesia dimana salah satunya seorang haji yang telah berusia 104 tahun yang merupakan haji yang paling tua dari jamaah haji lainnya. Ucapan selamat juga kami sampaikan kepada seluruh umat Islam dan dunia sehubungan dengan tahun baru Hijriyah semoga Allah senantiasa menolong kita dari bahaya tindakan teror dan negara-negara yang mendukung tindakan teror tersebut.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

تعليقات
Loading...