كلمة مدير جامعة الإسلامية الحكومية بكالونجان في فعالية عقد خدمات مع الجامعة السعودية الالكترونية

Sambutan Rektor IAIN Pekalongan dalam Penandatangan MoA dengan SEU

0 930

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله رب العالمين. والصلاة والسلام على سيد المرسلين. وعلى آله وأصحابه أجمعين، وبعد

أولا، نتقدم بجزيل الشكر والامتنان والتقدير والترحيب لمعالي مدير الجامعة السعودية الإلكترونية بالرياض الأستاذ الدكتور عبد الله بن عبد العزيز الموسى وللجامعة السعودية الإلكترونية والفريق الإداري للجامعة على تعاونهم وتكرمهم بإهداء برنامج العربية على الإنترنت واختبار اللغة العربية المعياري للجامعات الإندونيسية خاصة وللمجتمع الإندونيسي عامة.

ثانيا، نتقدم بالشكر الوفير لمدير جامعة مالانج الحكومية الكريم أ.د. أحمد رافع الدين على تكرمه بأن تكون جامعة مالانج الحكومية مستضيفة لهذه الفعالية العظيمة.

للغة العربية مميزات وأسرار لا توجد في اللغة الإندونيسية، ولا يمكن لأحد أن يقوم بدراسة الإسلام بدون معرفة اللغة العربية؛ لذلك قررت الجامعة الإسلامية الحكومية بكالونجان اللغة العربية مادة إجبارية في كل الأقسام، لتكون هذه المادة زادا علميا للطلاب في دراسة الإسلام من مصدره الأول وهو القرآن الكريم وهو في المستوى الأعلى في بلاغته اللغوية. إلى جانب ذلك، يهدف تدريس العربية إلى تمكين الطلاب للتواصل باللغة العربية.

اهتمت الجامعة بهذه اللغة اهتماما كبيرا، فأنشأت قسم تعليم اللغة العربية سنة 2009م، وفي عامه التاسع حصل القسم على شهادة المعادلة بالامتياز “A” من وزارة التعليم العالي بجمهورية إندونيسيا، وأيضا في السنة 2012 أنشأت الجامعة البرنامج المكثف لتعليم اللغة العربية للطلاب الجدد في المرحلتين الأوليين تحت إدارة مركز اللغات، ولترقية جودة تعليم اللغة العربية تعاونت الجامعة مع الجامعات والمؤسسات في إندونيسيا والدول الأخرى.

وترى الجامعة أهمية العقد مع الجامعة السعودية الإلكترونية بالرياض؛ فقد صار تعليم العربية عبر الأنترنت شيئا مهما بالنظر إلى الطلاب في هذا العصر الذين لا ينفصلون عن منتجات عصر التقدم العلمي والتكنولوجيا وخاصة الإنترنت؛ فأعدت الجامعة المرافق والوسائل لعقد هذا البرنامج، ومنها توفير الانترنت في حجرة الدراسة والأماكن الأخرى ليمكن للطلاب الدخول في هذا البرنامج في أي مكان وفي أي وقت، وبهذا تصبح دراسة اللغة العربية مادة جذابة ممتعة لهم.

الدكتور أدي ديدي روحايانا الماجستر مدير جامعة الإسلامية الحكومية بكالونجان

وفي جانب آخر، فإنَّ عملية التقويم مهمة في عملية التعليم، وقد قررت الجامعة أن تكون كفاءة الطلاب في معرفة اللغة العربية شرطا من شروط التخرج في هذه الجامعة، ولم تبن لجامعة اختباراتها المعيارية لتقويم هذه الكفاءة؛ لذلك يرجى من هذا العقد أن يسد ذلك الخلل.  وبالجملة، من هذا العقد ترجو الجامعة أن يكون تعليم اللغة العربية في الجامعة خاصة وعموما في المجتمع الإندونيسي أكثر جذبًا وإمتاعا لدى الدارسين حتى ينشطوا في تعلم هذه اللغة.

وأخيرا نجدد شكرنا لكم جيمعا وندعو الله أن ينفع بهذا العقد في نشر اللغة العربية في أرجاء إندونيسيا المحبة للعربية لغة القرآن الكريم، ولغة المصطفى صلى الله عليه وسلم، ولغة الثقافة والحضارة الإسلامية.

وفقكم الله في الأمر وأطال الله أعماركم وأبقاكم في الخير
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 

الدكتور أدي ديدي روحايانا الماجستر


Pertama, beribu ucapan terima kasih kami haturkan kepada Rektor Universitas Elektronik Saudi/UES (Saudi Electronic University/SEU), Bapak Prof. Dr. Abdullah bin Abdulaziz Al Mosa bersama rombongan atas kerjasama dan kedermawanan yang diwujudkan dalam bentuk penganugerahan program Bahasa Arab Online dan Tes Standar Bahasa Arab kepada universitas-universitas di Indonesia dan IAIN Pekalongan  secara khusus dan kepada masyarakat Indonesia secara umum.

Kedua, Kami haturkan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Rektor Universitas Negeri Malang, Bapak Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, M.Pd yang berkenan dan bermurah hati menjadikan UM sebagai tuan rumah kegiatan besar ini juga kepada ketua IMLA dan segenap pengurus yang telah berusaha mensukseskan terselenggaranya acara pada hari ini.  

Bahasa Arab tentu memiliki karakteristik dan rahasia-rahasia yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, mengkaji Islam tanpa mengetahui bahasa Arab adalah sesuatu yang mustahil. IAIN Pekalongan sebagai salah satu perguruan tinggi keagamaan Islam menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu mata kuliah wajib di semua jurusan.  Mata kuliah ini menjadi bekal bagi mahasiswa dalam mengkaji Islam dan ajarannya dari sumber aslinya yaitu bahasa Arab. Di samping tujuan ini, mata kuliah bahasa Arab juga diajarkan sebagai bahasa komunikasi di dunia global.

Perhatian IAIN Pekalongan terhadap bahasa Arab ditunjukkan dengan dibukanya Jurusan Pendidikan Bahasa Arab pada tahun 2009. Pada usianya yang ke IX, jurusan ini telah mendapatkan nilai akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi. Tiga tahun kemudian, IAIN juga melaksanakan Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif bagi setiap mahasiswa baru di semua jurusan pada dua semester pertama. Program dikoordinasikan secara terpusat oleh Pusat Pengembangan Bahasa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, institut telah menjalin kerjasama baik dengan universitas di dalam negeri maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

IAIN Pekalongan memandang perlu untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Elektronik Saudi untuk Kegiatan Program Bahasa Arab Online dan Tes Standar Bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab secara online menjadi sesuatu yang penting dengan melihat mahasiswa yang akrab dengan kemajuan teknologi terutama internet. Institut telah menyediakan sarana pendukung untuk kepentingan ini. Diantaranya adalah akses internet yang tersedia di ruang kelas maupun ruang terbuka yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses program ini secara bebas. Dengan demikian, bahasa Arab akan menjadi sesuatu yang menarik bagi mahasiswa untuk dipelajari dan tidak terkesan tradisional dan tertinggal dengan bahasa asing lainnya.

Di sisi lain, evaluasi menjadi sesuatu yang penting untuk mengukur sebuah keberhasilan pembelajaran. IAIN Pekalongan menjadikan kemampuan bahasa Arab sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa dalam studinya. Dalam pelaksanaan tes kemampuan bahasa Arab ini, IAIN Pekalongan belum memiliki bentuk tes baku untuk mengukur kemampuan bahasa Arab tersebut. Oleh karena itu, kerja sama ini diharapkan dapat mengatasi kekurangan tersebut. Kesimpulannya, dengan adanya kerja sama ini, IAIN Pekalongan berharap pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pekalongan khususnya dan di perguruan tinggi di Indonesia lebih menarik, menyenangkan dan memotivasi mahasiswa untuk lebih giat dalam mempelajari bahasa Arab.

Pada akhirnya kami berterima kasih kembali kepada semua pihak dengan penuh harap agar nota kesepakatan kegiatan ini bermanfaat dalam penyebaran bahasa Arab di seluruh penjuru tanah air. Semoga Allah memberikan taufik dan hidayah kepada kita semua, amin.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh 

Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag.

تعليقات
Loading...