مطار سولو يغلق لمدة ساعتين بسبب بركان ميرابي

Bandara Solo Ditutup 2 Jam Terdampak Hujan Abu Gunung Merapi

588

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – صباح اليوم ثار جبل ميرابي البركاني في جاوا الوسطى بشكل محدود. رغم محدودية الثوران، فإن الرماد البركاني غطى عدد من المناطق المحيطة بالجبل، حتى اضطرت إدارة مطار آدي سومارمو بمدينة سولو إلى إغلاق المطار لأكثر من ساعتين.

إدارة العلاقات العامة بشركة أنغسا بورا، القائمة على إدارة المطار، متمثلة في دانار ديوي، قال أن إغلاق المطار بدأ في الساعة 9.10 بتوقيت غرب إندونيسيا. و بعد مرور ساعتين سيتم تقييم الوضع مرة أخرى.

صرح دانار لصحيفة ديتيك نيوز: “من المقرر أن يستمر إغلاق المطار من الساعة 9.10 صباحًا و حتى الساعة 11.30 ظهرًا. و سنوافيكم بالتحديثات فيما بعد”. الثلاثاء 3/3/2020.

إغلاق المطار تسبب في تأجيل رجلة خطوط ليون إير JT 537 SOC-CGK لأجل غير معلوم حاليًا. الرحلة التي كانت ستنطلق من سولو إلى العاصمة جاكرتا.

قال دانار: “حتى الآن طائرة واحدة تم تأجيل رحلتها، و هي رحلة خطوط ليون إير JT 537 SOC-CGK”.

بينما تأثرت رحلتان كان هدفهما مدينة سولو لم تتمكنا من الهبوط. هما رحلة خطوط جارودا إندونيسيا GA 222، و رحلة خطوط إير آسيا QZ8454، و التي كانت قادمة من جزيرة بالي.

أضاف دانار: “طائرة جارودا التي كانت قادما من جاكرتا و طائرة إير آسيا التي كانت قادمة من بالي تم إلغاء رحلتهما ولم يقلعا باتجاه سولو”.

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ديتيك نيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Erupsi Gunung Merapi pagi ini membuat sejumlah wilayah diguyur hujan abu. Dampaknya, Bandara Adi Soemarmo Solo harus ditutup selama lebih dari dua jam.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, mengatakan penutupan dimulai sejak pukul 09.10 WIB. Penutupan akan dievaluasi hingga dua jam setelahnya.

“Rencana penutupan mulai 09.10 sampai 11.30 WIB nanti. Nanti kami update lagi,” kata Danar saat dihubungi detikcom, Selasa (3/3/2020).

Akibatnya, satu keberangkatan pesawat yang terdampak. Pesawat Lion Air JT 537 jurusan Solo (SOC) ke Jakarta (CGK) harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

“Saat ini baru ada satu pesawat tertunda keberangkatannya, Lion Air JT 537 SOC-CGK,” ujar dia.

Sementara kedatangan pesawat ke Solo, ada dua yang terdampak. Yakni Garuda Indonesia GA 222 jurusan CGK-SOC dan Air Asia QZ 8454 jurusan Bali (DPS) ke SOC.

“Dua pesawat, Garuda Indonesia daei Jakarta dan Air Asia dari Bali batal berangkat ke Solo,” ujarnya.

Penerjemah: Momen Alsayfi | Sumber:  Detik

 

تعليقات
Loading...