مكتبة فضائية بجيآميس

Ciamis Punya Perpustakaan Luar Angkasa Keharmonisan

512

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – ستندهش بالفعل عندما تدخل مكتبة جيآميس، ستشعر كما لوكنت تقرأ في الفضاء الخارجي.

بقصد جذب الأطفال و تحبيبهم في القراءة، تم تصميم قاعة زجاجية خاصة للأطفال بمكتبة منطقة جيآميس والتصاميم من الفضاء الخارجي، حيث تشمل الكواكب والمركبات الفضائية.

هذه القاعة الزجاجية تبدو أنيقة للغاية، و كأنها من المستقبل، ولكنها مزخرفة بزخارف فريدة وجميلة، فالأرضية والجدران والسقف دهنت بلون داكن ومزين بالنجوم والمجرات الصغيرة، وعلى الجدران تجد النظام الشمسي حيث تجد الكواكب تحيط بالشمس وتدور حولها.

في السقف تعلقت الكواكب بحسب ترتيبها من الشمس، عطارد، الزهرة، الأرض، المريخ الخ. القاعة تتسع لـ 50 طفلاً تقريبًا، يوجد الكثير من الكتب عن الفضاء.

تم تصميم مقاعد القاعة بشكل دائري وفي منتصفها كرة صفراء تمثل الشمس، مع كل هذه التصاميم يشعر الزائر وكأنه في الفضاء، كما تم تجهيز المكتبة بمكبرات صوت لشرح نظام الكواكب في المجموعة الشمسية.

 أوضحت نيا كورنياوان، مديرة الشؤون العامة والعاملين في المكتبة ومكتبات محافظة جيآميس، أن قاعة القراءة مخصصة للأطفال على وجه التحديد. مفتوحة للعامة، ولكن إذا كانت هناك مجموعات من أطفال الروضة.

تقول نيا عند لقائها في المكتبة المحلية ليوم الخميس (25/7/2019): “عندما تأتي مجموعة أطفال من الروضة سوف تبحث أولاً عن كتب للقراءة ثم نرشدهم إلى هذه القاعة. وطبعًا تم التخطيط مسبقًا عند قدومهم عليهم تقديم طلب أو أوراق إدارية فقط، ويمكن الحجز شفهيًا أيضا”.

أوضحت نيا أن هذه القاعة تم افتتاحها العام الماضي، وحاليا يقبل عليها الكثير من الناس. وبوجود هذه القاعة ارتفعت نسبة إقبال الأطفال إلى مكتبة جيآميس.

قالت: “يأتي الزوار بكثرة، حتى بلغ عددهم أكثر من مائة زائر كل يوم، الهدف الأساسي من بناء هذه القاعة هو جذب الأطفال، كي تزيد رغبتهم في القراء، المهم أن يأتوا إلى المكتبة”.

 حسب  قول نيا، فإن قاعة القراءة مع تصميمات الفضاء هي البداية فقط في جيآميس. في المستقبل سيتم تجهيز مكتبة جيآميس بقاعة صوتية مرئية لجذب الطلاب وسكان جيآميس لزيارة المكتبة.

 

 

المترجمة : فتحية غزالي | المحرر: مؤمن السيفي | المصدر:  ديتيك ترافيل


  

Ciamis – Jangan kaget kalau traveler berkunjung ke Perpustakaan Daerah Ciamis. Kalian akan merasakan sensasi membaca buku seperti sedang berada di luar angkasa.

Dalam rangka menarik minat baca anak-anak, Perpustakaan Daerah Kabupaten Ciamis berinovasi dengan membuat sebuah ruangan baca khusus untuk anak-anak. Ruangan itu bertema luar angkasa, lengkap dengan planet dan pesawat ulang-alik.

Ruangan baca bertema luar angkasa ini terlihat elegan dan futuristik. Namun memiliki hiasan yang unik dan menarik. Bagian lantai, dinding dan atapnya dicat gelap dan dihiasi bintang-bintang kecil dan galaksi. Pada dinding ruangan juga terdapat susunan tata surya yang mengelilingi matahari.

Pada bagian atap susunan planet digantung sesuai dengan urutan mulai dari matahari, Merkurius, Venus, Bumi, mars dan selanjutnya. Di ruangan dengan daya tampung sampai 50 anak ini terdapat buku-buku bertema ruang angkasa.

Bangku di ruangan tersebut disesuaikan, berbentuk bundar dan di tengahnya terdapat bulatan berwarna kuning menyerupai matahari. Suasana tersebut serasa sedang membaca di luar angkasa. Juga dilengkapi pengeras suara untuk menjelaskan planet-planet yang ada di tata surya.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis Nia Kurniawan menjelaskan ruangan baca tersebut khusus untuk anak-anak. Dibuka untuk umum, tapi apabila ada rombongan dari kelompok bermain (Kober), Paud dan TK.

“Kalau ada rombongan dari Paud dan TK, ketika datang mencari buku-buku dulu untuk dibaca, lalu diarahkan ke ruangan ini. Ya memang pas datang harus memberikan surat permohonan sebagai administrasi saja, secara lisan juga bisa,” ujar Nia saat ditemui di Perpusda, Kamis (25/7/2019).

Nia menjelaskan, ruangan tersebut mulai dibuka sejak tahun lalu, namun kali ini cukup ramai digunakan. Dengan ruangan tersebut kunjungan anak-anak ke Perspusda Ciamis mengalami peningkatan.

“Yang berkunjung banyak, sampai ratusan setiap harinya. Tujuan dibuatnya ruangan ini memang dibuat untuk daya tarik anak-anak. Supaya meningkatkan minat baca anak, terutama datang ke perpustakaan,” terangnya.

Menurut Nia, ruang baca dengan konsep luar angkasa ini baru pertama di Ciamis. Ke depan, Perpusda Ciamis juga akan dilengkapi ruangan audio visual untuk menarik para pelajar dan warga Ciamis mengunjungi perpustakaan.

  

تعليقات
Loading...