مُحَافِظ جَاوَا الغَربيّة يُعطي مِليار روبية إندونيسية للمُتضررين مِن الفَيَضان

Wagub Jabar Beri Rp 1 Miliar untuk Korban Banjir Depok

585

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – زَار نائب مُحافظ جاوا الغربية، أُوه أُوه رزهان العلوم، الأماكن المتضررة مِن الفيضان في شارع أندارا الداخلي، بحي بانجاكالان هاتي، في إدارة تشينيري، بمدينة ديبوك يَوم السبت (4/1).

كما خصص مساعدات تقدر بمليار روبية إندونيسيا إلى رئيس مدينة ديبوك، ليتم مساعدة ضحايا الفيضان والإنهيارات الأرضية.

حيث قال: “أطلب مِن المواطنيين أن يثقوا أن الحكومة تعمل جاهدة على حل مشكلة الفيضانات والانهيارات الأرضية التي حدث في بعض المناطق بجاوا الغربية”.

وأضاف أيضًا أن حكومة مدينة ديبوك قَد أعلنت حالة الطوارئ بسبب الكوارث الطبيعية التي حدثت في بعض الأجزاء من المدينة.

وقال: “زيارتنا هي شكل من أشكال التعاطف مَع ضحايا تِلك الكوارث الطبيعية. وقد نسقت بالفعل مع حكومة مدينة ديبوك الخطوات القادِمة التي سوف تتخذ”.

صرّح أُوه أن تِلك الكوارث الطبيعية لم تحدث في مدينة ديبوك فقط، إنما حدثت في بعض المناطق والمدن الأخرى في جاوا الغربية. وأضاف: “الكثير مِن المواطنيين يسكنون في مناطق قريبة للأنهار. لذلك كانوا عرضة أكثر للفيضانات”.

ويَرى أنه في المستقبل يجب علينا أن نتغلب على الكوارث الطبيعية. فلا يجب على المواطنيين أن يَبدأوا في بناء أي منشأة بدون إذن للبناء. فمن الممكن أن تسبب بعض البنايات في بعض الأماكن كوارث طبيعية.

وأكّد أن المسؤولين في جاوا الغربية سوف يتواصلوا مع حكومة مدينة ديبوك بخصوص التعامل والتوقف المسبق للكوارث الطبيعية. بالإضافة إلى أنه سوف يُصدر مساعدات مالية للمتضريين، كما فعلت حكومة المدينة أيضًا.

حيث قال: “سوف نعطي مليار روبية إندونيسيا لحكومة مدينة ديبوك حتى يتم صرفها على ضحايا الكارثة، وعمليات إصلاح الإنهيارات الأرضية”.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة ريبوبليكا الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar), UU Ruzhanul Ulum meninjau lokasi banjir dan longsor di Jalan Andara Dalam, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Sabtu (4/1). Wakil Gubernur Jabar membantu dana hibah sebesar Rp 1 miliar kepada Wali Kota Depok, Mohammad Idris untuk korban bencana banjir dan longsor.

“Saya meminta masyarakat untuk percaya kepada pemerintah yang terus berupaya menyelesaikan permasalahan bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah di Jabar,” ujar UU.

Dia menambahkan, bencana alam banjir dan longsor yang terjadi di Kota Depok oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang telah ditetapkan status tanggap darurat bencana alam.

“Kunjungan kami sebagai bentuk empati terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana. Selain itu, juga untuk berkoordinasi dengan Pemkot Depok tekait langkah apa yang akan dilakukan ke depannya,” jelas UU.

Menurut UU, bencana banjir dan longsor tidak hanya terjadi di Kota Depok tetapi juga di beberapa kabupaten/kota di Jabar karena cuaca ektrem. “Selain itu juga karena banyak warga yang bermukim di tebing atau dekat dengan sungai sehingga rentan terkena banjir dan longsor,” terangnya.

Kedepan, lanjut dia, potensi-potensi bencana alam harus dapat ditanggulangi. “Misalnya, masyarakat juga jangan sampai tidak mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bisa dilihat membangun di tempat yang tidak direkomendasikan dapat menyebabkan bencana,” tutur Uu.

Dia mengutarakan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Pemkot Depok terkait penanganan pasca bencana, untuk mencegah terjadi kejadian serupa. Termasuk mengeluarkan anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT) seperti yang telah dilakukan oleh Pemkot Depok.

“Kami memberikan juga hibah bantuan dari Pemprov Jabar ke Pemkot Depok sebesar Rp 1 miliar agar dapat membantu dalam penanganan pasca bencana banjir dan longsor,” kata Uu.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: nasional.republika.co.id

تعليقات
Loading...