نتائج زيارة جوكوي للسعودية، زيادة عدد تأشيرات الحج للإندونيسيين 10 آلاف تأشيرة

Usai Jokowi Bertemu Raja Salman, Kuota Haji RI Tambah 10.000 Jemaah

0 676

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أعلنت الرئاسة الإندونيسية عَن قرار يَنص على أن العدد المحدد لتأشيرات المواطنيين الإندونيسين للحج قد زاد 10 آلاف تأشيرة.

قال باي محمود الدين –سكرتير الرئيس لشؤون الإعلام-، يوم الإثنين (15/04/2019): “أعرب الرئيس الإندونيسي عن تقديره وامتنان الشعب الإندونيسي لهذا القرار، حيث أن العدد المخصص للإندونيسيين لتأشيرات الحج، قد زاد بقدر 10 آلاف”.

وكما هو معلوم، أنه تم الإتفاق على ذلك في لقاء ثنائي، عُقد بين الرئيس الإندونيسي جوكوي والملك سلمان بن عبدالعزيز آل سعود في القصر الخاص بالملك يوم الأحد (14/4)، كما أنه تم الإتفاق أيضًا على تعزيز التعاون بين البلدين في المجال الإقتصادي.

قالت وزيرة الخارجية الإندونيسية رينتو مارسودي: “اتفق الرئيس جوكوي والملك سلمان على زيادة التعاون بين البلدين في عدة مجالات مثل مجال الإقتصاد والطاقة والسياحة”.

قالت رينتو: “الملك سلمان عَبر عن تقديره وامتنانه لإندونيسيا ودورها في حفظ السلام والإستقرار العالمي”.

بالإضافة إلى اعجاب الملك سلمان بدور إندونيسيا في قيادتها للعالم الإسلامي. قالت رينتو: “نتائج هذا اللقاء، تُضح أن هناك تفاهم وتقارب بين الملك سلمان والرئيس جوكوي”.

رافق جوكوي في هذا اللقاء، السفير الإندونيسي لدى المملكة العربية السعودية أجوس مفتوح أبي جبريل ورئيس الفريق الرئاسي مولدوكو، ورئيس الفريق الشخصي للرئيس عبدالغفار روزين.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Istana menyatakan kuota haji untuk Indonesia ditambah 10.000 jemaah. Hal ini diketahui setelah Presiden Joko Widodo bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

“Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah haji Indonesia,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, lewat keterangan yang diterima, Senin (15/4/2019).
Diketahui, Jokowi bertemu dengan Raja Salman di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas) pada Minggu (14/4) sore. Dalam pertemuan bilateral itu, Jokowi dan Raja Salman juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan, terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Retno, yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral itu, menyampaikan Raja Salman juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinannya di dunia Islam.

“Dari pembicaraan tadi, tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara,” ujar Retno.

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...