إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

هذا هو أمل توان غورو باجانج إلى الحكومة المركزية

Ini Harapan TGB kepada Pemerintah Pusat

0 321

 

ماتارام، إندونيسيا اليوم- قال حاكم نوسا تانجارا الغربية محمد زينل مجدي أو توان غورو باجانغ (TGB) إن التقدم في تطوير نوسا تانجارا الغربية لا يمكن فصله عن دعم الحكومة المركزية. لاسيما تطوير البنية التحتية بشكل خاص بحيث تمتلك نوسا تانجارا الغربية الاستقرار في البنية التحتية.

ويرى توان غورو باجانج أن استقرار البنية التحتية يصبح من إحدى القوى الاقتصادية في نوسا تانجارا الغربية . ولقد قدم توان غورو باجانج شكره للحكومة المركزية تحت قيادة الرئيس جوكو ويدودو ونائب الرئيس يوسف كلا ، بحيث تمكن اقتصاد نوسا تانجارا الغربية من النمو بشكل جيد بنسبة 7.1% فوق المستوى الوطني.

“بل إن مبدأ استقرار البنية التحتية إذا سيستمر فيه الرئيس جوكووي، فإن نوسا تانجارا الغربية وحتى إندونيسيا ستتقدم”، قال بذلك توان غورو باجانج في تأييد حكومة جوكووي-يوسف كلا لمدة ثلاث سنوات مع رئيس أركان الرئاسة مويلدوكو في قاعة دوم، جامعة ماتارام، نوسا تانجارا الغربية يوم الجمعة (9/3).

بهذه الخطوات قدم توان غورو باجانج شكره للمجتمع، لأن الشكر هو أسمى الأخلاق وأعلاها.

كما يحفز المجتمع والشباب الاندونيسيين وخاصةً في نوسا تانجارا الغربية، لمعالجة الظروف الاجتماعية كتحدي ، وليس شيئاً صعبا. إنه ينظر إلى الحكومة نظرة إيجابية بأنهم سيحملون إندونيسيا إلى اتجاه أفضل.

من نتائج المناقشات التي أجريت، أعطى توان غورو باجانج مذكرة إلى الحكومة المركزية. من بينها قطاع تطوير البنية التحتية ، والتي يراها من أولويات الحكومة على نطاق واسع، مثل الطريق السريع (طريق تول).

ولقد اهتمت الحكومة بالبنية التحتية التي اتصلت مباشرة مع وصول المجتمع التي يرجى بها أيضًا أن تصبح قطاعًا ذا أولوية من قبل الحكومة الحالية. “حتى يمكن لتوصيل التدفقات الاقتصادية من المجتمع أن تعمل بشكل جيد، وليس من الشركات الكبيرة فحسب التي تشعر حقا بتطور البنية التحتية” ، كما ذكر توان غورو باجانج.

بالإضافة إلى ذلك، قال: ففي عملية تطوير البنية التحتية التي تقوم بها الحكومة في هذا الوقت بإشراك المجتمع من خلال أنشطة كثيفة من العمالة. لذا فإن المجتمع سيكون جزءًا من عملية التطوير، ويمكن أن يشعر بتأثير مشاريع البنية التحتية الحالية.

“أرجو ألا تكتفي بطريق التول فحسب بل تكون من الأولويات، ولكن أيضا البنية التحتية ذات الصلة لكي يلمس المجتمع الأنشطة الاقتصادية. وأتمنى أيضا في عملية تطوير البنية التحتية أن يشارك فيها المجتمع من خلال برامج كثيفة العمالة، بحيث يشعرون أنهم جزء من عملية التنمية ، “قال ذلك توان غورو باجاانج.

أﻣﺎ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﻟﻠﻘﻄﺎع اﻻﻗﺘﺼﺎدي ﻓﺈنه يرى نقص اﻷﻧﺸﻄﺔ اﻻﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺔ اﻟﺪﻳﻨﻴﺔ ﻓﻲ اﻟﻤﺠﺘﻤﻊ ﺑﺴﺒﺐ اﻧﺨﻔﺎض اﻟﻤﻌﺎﻣﻼت اﻻﻗﺘﺼﺎدﻳﺔ اﻻﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺔ ﻟﻠﻤﺠﺘﻤﻊ. وهذا يرجع إلى النمو السريع لتجار التجزئة الحديثة التي تقلل من المعاملات التقليدية للمجتمع.

ويرى أن هذا أمر خطير للغاية، لأنه من خلال هذه الأنشطة الاجتماعية التي تنشأ من نتائج المعاملات المجتمعية التقليدية من خلال الأسواق التقليدية يكون لها دور فعال للغاية في توفير التعليم والمشورة للمجتمع المحلي لتجنب الأفعال الإجرامية والتطرف.

“إنني أخشى من فقدان الأنشطة الاجتماعية للمجتمع نتيجة للنمو الحديث في قطاع التجزئة التي ستؤدي إلى فساد المعاملات التقليدية الموجودة، مما يجعل الناس يرتكبون جرائم جنائية ومتطرفة”.

ولذلك فإنه يتمنى أن جميع القرارات الاقتصادية التي تصدرها الحكومة المركزية، يجب أن تعد شبكة أمانها حتى لا تلحق الضرر بالشبكة الاقتصادية الاجتماعية القائمة.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Mataram, Indonesiaalyoum.com — Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan, kemajuan pembangunan NTB tidak bisa dilepaskan dari dukungan pemerintah pusat. Terutama pembangunan infrastruktur sehingga NTB memiliki kemantapan infrastruktur yang tinggi.

TGB menilai, kemantapan infrastruktur menjadi salah satu daya ungkit ekonomi di NTB. TGB menyampaikan terima kasihnya atas dukungan pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ekonomi NTB berhasil tumbuh dengan baik sebesar 7,1 persen di atas nasional.

“Bahkan, kalau prinsip kemantapan infrastruktur ini terus diupayakan oleh Presiden Jokowi, NTB bahkan Indonesia akan terus mengalami kemajuan,” ujar TGB dalam diskusi nasional pencapaian tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Auditorium Dome, Universitas Mataram, NTB, Jumat (9/3).

Atas sejumlah kemajuan ini, TGB mengajak masyarakat NTB berterima kasih, karena berterima kasih merupakan etika yang paling tinggi. Sedangkan akhlak yang paling mulia ialah bersyukur.

TGB juga memberikan motivasi kepada masyarakat dan generasi muda Indonesia, khususnya di NTB, agar menyikapi kondisi sosial sebagai suatu tantangan, bukan sesuatu yang harus diratapi. TGB selalu berpandangan positif kepada pemerintah untuk bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Dari hasil diskusi yang dilakukan, TGB memberikan catatan kepada pemerintah pusat. Antara lain dalam sektor pembangunan infrastruktur, yang menurut TGB, tidak hanya yang berskala besar saja yang menjadi prioritas pemerintah, seperti jalan tol.

Pemerintah juga memperhatikan infrastruktur yang bersentuhan langsung dengan akses masyarakat juga diharapkan menjadi sektor yang diprioritaskan oleh pemerintah saat ini. “Sehingga konektivitas distribusi arus ekonomi dari masyarakat dapat berjalan dengan baik, tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang merasakan pembangunan infrastruktur tersebut,” lanjut TGB.

Selain itu, kata TGB, dalam proses pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah saat ini, agar melibatkan masyarakat melalui kegiatan padat karya. Sehingga masyarakat akan menjadi bagian dari proses pembangunan itu, serta dapat merasakan dampak dari proyek-proyek infrastruktur yang ada saat ini.

“Saya harap tidak hanya jalan tol saja yang menjadi prioritas, tapi juga infrastruktur yang berkaitan dan menyentuh aktivitas ekonomi masyarakat. Selain itu saya juga berharap, dalam proses pembangunan infrastruktur melibatkan masyarakat melalui program padat karya, agar mereka merasa sebagai bagian dari proses pembangunan itu,” ucap TGB.

Sedangkan untuk sektor ekonomi, TGB menilai saat ini kurangnya kegiatan sosial keagamaan di masyarakat akibat dari berkurangnya transaksi ekonomi sosial masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tumbuh pesatnya ritel-ritel modern yang mengurangi transaksi tradisional masyarakat.

Menurutnya hal ini cukup berbahaya, karena selama ini kegiatan sosial kemasyarakat yang timbul dari hasil transaksi tradisional masyarakat melalui pasar-pasar tradisional memiliki peran sangat efektif dalam memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat sehingga terhindar dari perbuatan kriminal dan radikalisme.

“Saya khawatir dengan hilangnya kegiatan sosial kemasyarakatan akibat dari pertumbuhan ritel modern akan merusak transaksi tradisional yang sudah ada, sehingga menyebabkan masyarakat untuk berbuat kriminal dan radikal,” ucap TGB.

Oleh karena itu, TGB berharap segala macam bentuk kebiijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah pusat, agar disiapkan jaring pengamannya sehingga tidak merusak jaringan ekonomi sosial kemasyarakatan yang sudah ada.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...
Click Me