هيئة الطوارئ (ACT) أتشيه ترسل ألف طن من الأرز لمساعدة اللاجئين السوريين

ACT Aceh Kirim 1.000 Ton Beras untuk Pengungsi Suriah

0 600

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قامة هيئة الطوارئ(ACT) أتشيه سترسل 1000 طن من الأرز إلى اللاجئين في سوريا. وسيتم إرسال مساعدات من الأرز عن طريق البحرومن المقرر أن تصل إلى الحدود التركية في مايو.

قد يهمك: جمعية المحمدية: إدارة الأوقاف ليست على الوجه المطلوب

و سيتم نقل الأرز وزنه 1000 طن من آتشيه إلى ميناء بيلوان، شمال سومطرة، باستخدام 40 حاوية. وسيتم إطلاق سراح الشاحنة بشكل رمزي أمام الجامع بيت الرحمن، باندا آتشه، يوم الأحد 15 أبريل المقبل. ويتم تعبئة الأنشطة بعقد التبليغ الأكبر (مجلس العلم).

“إن شاء الله سنرسل الأرز وزنه 1000 طن التي جمعناها من المزارعين في آتشيه، وبعضها يتم شراؤه وهناك أيضا تبرعات من مجتمع أتشيه ومن جميع أنحاء إندونيسيا.” قال رئيس هيئة الطوارئ فرع أتشيه، حسيني ابراهيم، للصحفيين يوم الأربعاء (11/4/2018).

وبحسب الحسيني، فإنه بعد وصوله إلى ميناء بيلوان، يتم وضع الأرز في السفينة للمغادرة إلى المواني في تركيا. من تركيا، يتم نقل المساعدات عن طريق البر إلى مستودع يقع على الحدود التركية والسورية.

قد يهمك: ممثل فيسبوك لدى إندونيسيا يطلب وقتا من الشرطة لجمع البيانات

بعد ذلك، سيتم توزيعه على اللاجئين في سوريا. واستهدف الحسيني وصول الأرز إلى هناك في شهر رمضان. وتشمل عملية التوزيع المتطوعين المتعاونين مع هيئة الطوارئ

“بالإضافة إلى مساعدة إخواننا في سوريا، فإننا في الواقع نكرر ونبدأ تاريخًا كان في الماضي، كيف كانت علاقة آتشيه مع تركيا. في الماضية، أرسل أجدادنا مكونات التوابل، ونحن إن شاء الله نرسل الأرز 1000 طن.” قال الحسيني.

“ورحلة هذه المساعدات الإنسانية تستغرق حوالي 25 أو 26 يوماً، لأنها تغادر من الطرف الغربي لإندونيسيا، والأرز الذي نرسله سوف يصل إلى هناك ويقبله إخواننا خلال شهر الصيام أو رمضان.” أوضح حسيني.

يتم حصاد ألف طن من الأرز المنقولة بواسطة السفينة للمساعدة الإنسانية السورية من 340 هكتار من الأراضي الزراعية التي تضم حوالي 5000 مزرعة محلية وهم من تسع مناطق في آتشيه ، وهي: بيرون ، بيدي ، بيدي جايا ، آتشيه بيسار ، آتشيه جايا ، شرق آتشيه ، مولابوه ، ناغان رايا ، وعبدية.

قد يهمك: لوهوت بنسار بانجيتان ومحمد ناصر يزوران الصين

ستبحر السفينة للمساعدة الإنسانية إلى سورية من ميناء بلاوان، ميدان، في 21 أبريل 2018. ومن المقرر أن ترسو السفينة في ميناء مرسين بتركيا عقب وصولها مباشرة

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh mengirim 1.000 ton beras untuk pengungsi di Suriah. Beras bantuan itu akan diberangkatkan dengan kapal dan direncanakan tiba di perbatasan Turki pada Mei mendatang.

Beras berjumlah 1.000 ton itu rencananya akan diangkut dari Aceh menuju Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, menggunakan 40 unit kontainer. Truk tersebut akan dilepas secara simbolis dari depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada Minggu, 15 April, mendatang. Kegiatan pelepasan juga diisi tablig akbar.

“Insyaallah beras yang akan kita kirim ini sebanyak 1.000 ton. Itu yang kita kumpulkan dari petani di Aceh. Ada sebagian yang dibeli, ada juga yang disumbang masyarakat Aceh dan sumbangan dari seluruh Indonesia,” kata Kepala ACT Cabang Aceh Husaini Ibrahim kepada wartawan, Rabu (11/4/2018).

Menurut Husaini, begitu tiba di Pelabuhan Belawan, beras kemudian dimasukkan ke kapal untuk diberangkatkan menuju pelabuhan di Turki. Dari Turki, bantuan diangkut melalui jalur darat menuju gudang yang terletak di perbatasan Turki-Suriah.

Setelah itu, barulah didistribusikan kepada para pengungsi di Suriah. Husaini menargetkan beras itu tiba di sana pada bulan Ramadan. Proses distribusi sendiri akan melibatkan relawan lokal yang bekerja sama dengan lembaga ACT.

“Di samping membantu saudara-saudara kita di Suriah ini, sebenarnya ini kita juga mengulang dan memulai sejarah yang dulu pernah ada, bagaimana hubungan Aceh dengan Turki. Kalau dulu, kakek-kakek kita mengirim bahan-bahan rempah, insyaallah ini kita kirim beras 1.000 ton,” ungkap Husaini.

“Perjalan bantuan kemanusiaan ini membutuhkan sekitar 25 atau 26 hari. Karena ini berangkat dari ujung barat Indonesia. Beras yang kita kirim ini akan sampai di sana dan diterima oleh saudara-saudara kita pada bulan puasa atau Ramadan,” jelas Husaini.

Seribu ton beras yang diangkut Kapal Kemanusiaan Suriah (KKS) ini dipanen dari lahan pertanian seluas 340 hektare dengan melibatkan sekitar 5.000 petani lokal. Mereka tersebar di sembilan kabupaten yang ada di Aceh, yaitu Kabupaten Bireun, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Timur, Meulaboh, Nagan Raya, dan Abdya.
Kapal Kemanusiaan Suriah akan berlayar dari Pelabuhan Belawan, Medan, pada 21 April 2018. Kapal Kemanusiaan Suriah itu rencananya akan berlabuh di Pelabuhan Mersin, Turki.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Detik

 

تعليقات
Loading...