وجه الشبه بين ثقافة الباتاك و توراجا

Mengapa Budaya Batak dan Toraja Hampir Sama?

0 837

ميدان، إندونيسيا اليومهل دار بذهنك سؤال حول التشابه الثقافي بين قبيلة توراجا وقبيلة باتاك؟ سنحصل على الجواب من مركز سلالاهي، باليجي. وخاصة في تونجكونان في توراجا وبيت بولون بباتاك، ورقص تور-تور ورامبو صولو، وكذلك كتابة وذكر العشيرة المشابهة، وعلى سبيل المثال توجد في قبيلة باتاك عشيرة أريتونانج، وتوبينج، وبكباهان، وبرديدي، كما هو الحال في قبيلة توراجا فتوجد بها عشيرة أيتونام، وتودينج، وباهان، وبيرادي.

عند زيارتنا لمتحف باتاك الكائن بمجمع مركز سيلالاهي بباليجي، شمال سومطرة، رأينا مجسما من طراز تونجكونان(البيت التقليدي لتوراجا) خلف مبنى مركز سيلالاهي.

وتساءلنا، لماذا يوجد تونجكونان بمتحف باتاك؟ اقتربنا من تونجكونان وقرأنا النقش الذي يشرح أن ثقافة باتاك وتوراجا تشبهان بثقافة دونجسون في وادي فيتنام. وقد رأى كثير من العلماء المؤرخين أن الذين طوروا ثقافة دونجسون كانوا من الأسترونيسيين الذين استقروا في منطقة فيتنام التي تقع على طول النهر الأحمر، حيث تحدها يونان، جنوب الصين.

وجه الشبه بين ثقافة الباتاك و توراجا1

قطن بعض الشعب الأسترونيسي في الفلبين وفي غرب إندونيسيا. وللذين جاءوا في الموجة الأولى أطلق عليهم اسم بروتو ميلايو (الملايو القديمة)، وهم يتوزعون الآن في قبائل باتاك وتوراجا ونياس ومينتاواي وداياك. كنا نعتقد أن تشابه ثقافة توراجا في جنوب سولاويسي بقبيلة باتاك في سومطرة الشمالية هو مجرد التزامن والاندماج الثقافي، لكن الحقيقة تقول إن القبيلتين لديهما نفس السلالة.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Medan, Indonesiaalyoum.com – Pernahkah traveler memperhatikan bahwa ada kemiripan budaya antara Suku Toraja dan Suku Batak? Jawabannya bisa ditemui di TB Silalahi Center, Balige. Khususnya pada bentuk Tongkonan di Toraja dan Rumah Bolon di Batak, Tarian Tor Tor dan Rambu Solo, serta penulisan dan penyebutan marga yang hampir sama. Misalnya ada marga Aritonang, Tobing, Pakpahan dan Pardede pada Suku Batak, maka ada marga Aitonam, Toding, Pahan dan Pirade pada Suku Toraja.

Ketika kami mengunjungi Museum Batak yang berada di dalam Komplek TB Silalahi Center di Balige, Sumatera Utara, saya melihat ada sebuah miniatur Tongkonan (Rumah Adat Toraja), di belakang Gedung TB Silalahi Center.

Rasa penasaran muncul, mengapa ada Tongkonan di Museum Batak? kami mendekati Tongkonan tersebut dan membaca tulisan yang menjelaskan bahwa budaya Batak dan Toraja mirip dengan kebudayaan Dongson di lembah Vietnam. Banyak ahli sejarah berpendapat bahwa yang mengembangkan kebudayaan Dongson adalah bangsa Austronesia yang dahulu bermukim di kawasan Vietnam, yang terletak di sepanjang aliran Sungai Merah, berbatasan langsung dengan Yunan, Cina Selatan.

Bangsa Austronesia sebagian menetap di Filipina dan sebagian lagi di Indonesia bagian barat. Mereka yang datang pada gelombang pertama disebut sebagai bangsa Proto Melayu (Melayu Tua), yang sekarang berkembang menjadi suku bangsa Batak, Toraja, Nias, Mentawai dan Dayak. Dulu kami berpikir kesamaan budaya Suku Toraja di Sulawesi Selatan dan Suku Batak di Sumatera Utara hanya karna sinkronisasi dan akulturasi budaya semata, tapi ternyata kedua suku tersebut memang memiliki garis keturunan yang sama.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Alshaiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...