وزير الطاقة: علينا أن نَعود إلى الوِحدة بَعد انتهاء الإنتخابات الرئاسية

Menteri ESDM Jonan: Pesta Sudah Selesai, Kita Kembali Bersatu

0 495

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قَال وزير الطاقة والثروة المعندية (ESDM) إيجناسيوس جونان أن بإنتهاء العُرس الديموقراطي، يَجب أن يعود أبناء الشعب إلى الوحدة من أجل أن تتقدم البلاد.

أعلن ذلك، بعد صلاة يوم الجمعة العظيمة في الكتدرائية بجاكارتا الوسطى يوم الجمعة (19/4/2019). ورافقه أثناء القاء كلمته، أسقف جاكارتا إجناتيوس سوهاريو وبابا الكتدرائية هاني رودي هارتوكو.

في أول الأمر، طُلب من جونان إلقاء كلمة بعد الإنتهاء من الصلاة. شَكر جونان الجيش الوطني الإندونيسي والشرطة الإندونيسية الذين شاركوا في تأمين يوم الخميس المقدس والجمعة العظيمة وعيد الفصح يوم الأحد (21/04/2019) حتى تَمكن الكل من إقامه الصلاة بإمان.

قال جونان: “أتمنى أن يَشعر الأصداقاء والمسيحيين بشكل عام الذين يحتفلون بهذه الأيام المُقدسة أن الحكومة الإندونيسية حاضرة معهم ولا يوجد أي ازعاج. وأشكر الجيش الوطني الإندونيسي والشرطة لاإندونيسي الذي شاركوا في تأمين هذا الحدث حتى يُصلي الجميع بإمان، وبالطبع أود أن أشكر خدمة الكنسية على جودة التنظيم”.

وعندما سُئل جونان عن الإنتخابات الرئاسية 2019، أكد على أن قيادة دولة إندونيسيا هي أمانة وعلينا أن نَقبل من أُعطيَّ تِلك الأمانة وعلى من لم يُعطى أن يَقبل أيضًا بِقلب سعيد.

قال جونان: “الإنتخابات هي عُرس ديموقراطي لبلادنا، وبإنتهائها علينا أن نَرجع مرة أخرى كإندونيسيين من جَميع الأطياف الفكرية والمعتقدات والقناعات إلى الوِحدة حتى تتقدم بلادنا”.

وأنهى جونان حديثه قائلًا: “قيادة الدولة الإندونيسية أمانة كبيرة، وعلينا أن نَقبل مَن أختاره الشَعب ليأخذ تِلك الأمانة. وعلى مَن لَم يأخذها أن يَقبل ذلك أيضًأ بقلب سعيد. فكُل هذا يَصب في مصلحتنا جميعًا وحدة إندونيسيا”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan pemilu adalah pesta demokrasi. Karena pesta ini menurutnya telah selesai, dia berharap rakyat Indonesia kembali bersatu demi kemajuan bersama.

Jonan diwawancarai wartawan seusai ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019). Dia didampingi Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo dan Kepala Paroki Gereja Katedral Jakarta Romo Hani Rudi Hartoko.

Jonan awalnya diminta berkomentar soal misa Jumat Agung yang diikutinya. Dia mengucapkan terima kasih kepada Polri-TNI serta ormas yang ikut mengamankan Tri Hari Suci sejak Kamis Putih, Jumat Agung, hingga nantinya Hari Raya Paskah pada Minggu, 21 April 2019. Berkat sinergi pengamanan ini, jemaat jadi tenang beribadah.

“Dengan harapan supaya rekan-rekan umat Katolik dan Kristen yang lain yang merayakan Tri Hari Suci, mulai kemarin dari Kamis Putih, Jumat Agung, sampai nanti Hari Raya Paskah pada hari Minggu itu bisa merayakan dengan baik dan juga merasa pemerintah dan masyarakat lain juga hadir dan tidak ada gangguan apa pun. Saya juga berterima kasih kepada TNI-Polri, juga rekan-rekan dari Banser, GP Ansor itu membantu menjaga tertibnya kebaktian pada hari ini,” kata Jonan.

Jonan kemudian ditanya terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Dia berharap siapa pun yang nantinya diberi amanah memimpin negara, harus diterima. Bagi yang belum diberi amanah, juga harus menerima dengan hati lapang.

“Pemilu ini pesta demokrasi ya, jadi menurut saya sih karena pestanya sudah selesai, ini kembali kita sebagai anggota masyarakat dari kelompok manapun juga, juga dari keyakinan manapun juga, ini kembali bersatu sebagai bangsa Indonesia untuk maju ke depan,” ujar Jonan.

“Kalau pestanya sudah selesai, ini kan menurut saya, rakyat, bangsa, itu memilih yang diberikan amanah. Jadi kalau yang diberikan amanah, ya sudah diterima. Kalau yang belum diberikan amanah juga menerima dengan hati yang sama besarnya. Yang penting saling mendukung di peran masing-masing untuk kemajuan bersama, untuk persatuan Indonesia,” ucapnya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...