بيان حكومة أتشيه عن وقف آشي في مكة المكرمة

Pemprov Aceh Beri Penjelasan Soal Wakaf Asyi

1٬121

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قدم رئيس قسم العلاقات العامة ومكتب المراسم وحكومة محافظة أتشيه نور الدين موليادي بيانا عن إصرار شعب أتشيه في شكل مظاهرة في مكتب حاكم أتشيه يوم الأربعاء (14/3) عن الخطة الاستثمارية المتعلقة بأراضي آشي الموقوفة في مكة المكرمة.

وفيما يلي بعض التوضيحات من حكومة محافظة أتشيه الذي ألقيت خلال اللقاء مع ممثلي المتظاهرين.

وذكر موليادي أن حاكم آتشيه نبه إدارة ممتلكات الوقف على أن تظل متفقة مع تعهد الوقف من حبيب بوغاك الآشي. وهذا لصالح سكان أتشيه الذين هم في مكة، سواء من أجل الحج أو الدراسة.

إن هذه الأراضي ليست مكسبًا لحكومة إقليم آتشيه، كما أنها ليست من أصول حكومة إندونيسيا. لكنها مباشرة تحت إدارة نظير وقف الآشي في المملكة العربية السعودية.

وقال في بيان صحفي :”هذه القضية فإن حكومة أتشيه وحكومة إندونيسيا لن يتداخلا فيها.”

إن الحق لإدارة أموال وقف الآشي في المملكة العربية السعودية هو نظير الوقف الذي تم تعيينه ولا يجوز تحويله أو استبداله بأي حزب إلى الأبد. حتى الآن، استثمرت شركة “نظير الأوقاف” في تطوير أراضي الآشي الموقوفة بالتعاون مع العديد من المستثمرين في المملكة العربية السعودية. حتى يحصل شعب آتشيه على مكافآت  بشكل رسوم تُمنح مباشرة لحجاج آتشيه كل عام.

سوف ترفض حكومة آتشيه أي محاولات يتم القيام بها إذا كانت تهدف إلى نقل إدارة أوقاف الأراضي إلى أطراف أخرى غير نظير الوقف. الطموحات التي تتطور في آتشيه فيما يتعلق بخطة الاستثمارية على أراضي  الآشي الموقوفة، وذكر موليادي أنه سيبلغ إلى نظير وقف الآشي في مكة المكرمة.

“لا داع للقلق من الشعب على سلامة أراضي الآشي الموقوفة، لأن الأراضي تخضع لأحكام الشريعة الإسلامية المطبقة في المملكة العربية السعودية، والتي تحافظ دائماً على أرض الوقف وتحميها وفقاً للعقد الذي أصدره حبيب بوغاك الآشي. وفي هذه القضية فإن حكومة أتشيه ستستمر في حماية شعب آتشيه.”

المترجم : أحمد شكري I المحرر : فارس البدر I المصدر : ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh, Mulyadi Nurdin, memberi penjelasan terkait adanya desakan masyarakat Aceh berupa demonstrasi di kantor Gubernur Aceh pada Rabu (14/3) terkait rencana investasi BPKH pada tanah wakaf asyi di Makkah. Berikut beberapa penjelasan dari Pemprov Aceh, yang juga turut disampaikan saat audiensi dengan perwakilan demonstran.

Gubernur Aceh menurut Mulyadi, mengingatkan supaya pengelolaan harta waqaf asyi tetap harus sesuai dengan ikrar wakaf dari Habib Bugak Al-Asyi. Yaitu untuk kemaslahatan warga Aceh yang berada di Makkah, baik dalam rangka naik haji maupun menuntut ilmu.

Bahwa tanah wakaf asyi bukan aset Pemprov Aceh, juga bukan aset Pemerintah Indonesia. Akan tapi langsung berada di bawah manajemen nadhir wakaf asyi di Arab Saudi.

“Salam hal ini Pemerintah Aceh dan Pemerintah Indonesia tidak akan bisa intervensi apapun,” ujarnya seperti dalam siaran pers.

Yang berwenang mengelola harta wakaf asyi di Arab Saudi adalah nadhir waqaf yang sudah ditunjuk, tidak boleh dialihkan atau digantikan oleh pihak manapun selamanya. Selama ini nadhir wakaf sudah melakukan investasi pengembangan tanah wakaf asyi bekerja sama dengan beberapa investor di Arab Saudi. Sehingga rakyat Aceh mendapat imbalan berupa biaya yang diberikan langsung kepada jamaah haji Aceh setiap tahun.

Pemerintah Aceh akan menolak apapun upaya yang dilakukan jika bertujuan mengalihkan pengelolaan tanah waqaf asyi kepada pihak lain selain nadhir wakaf.  Aspirasi yang berkembang di aceh terkait rencana investasi BPKH di atas tanah wakaf asyi, menurut Mulyadi, akan disampaikan kepada nadhir wakaf asyi di Makkah.

“Rakyat tidak perlu khawatir akan keselamatan tanah wakaf asyi, karena tanah itu berada di bawah hukum syariat Islam yang diterapkan di Arab Saudi, yang selalu memelihara dan melindungi tanah waqaf sesuai dengan akad yang sudah diikrarkan Habib Bugak Al-Asyi. Dalam hal ini Pemerintah Aceh akan terus mengawal bersama rakyat Aceh,” ungkapnya.

Penerjemah I Ahmad Syukri I Editor: Fares alBadr I Sumber: Rol

تعليقات
Loading...