أصل لقب جزيرة لومبوك بألف مسجد
Asal Muasal Lombok Dikenal dengan Pulau Seribu Masjid
لومبوك , إندونسيا اليوم- القباب الكبيرة مع الأبراج العالية أصبحت المشهد الأول لمن يزور هذه الجزيرة. و إذا نظرت من مكان الارتفاع، سترى صفوف القباب والأبراج تتجاوران مع مجموعة من التلال الخضراء.
وفي أول لحظة وصولك إليها وتبدأ المغامرة في هذه الجزيرة، فلا تتعجب من عدد المساجد الفاخر مع زخارفها الجذابة التي تسحر العين .
لقبت جزيرة لومبوك بجزيرة ألف مسجد. و الجزيرة التي تقع في محافظة نوسا تنغارا الغربية قد نالت الشهرة الكبيرة في السنوات الأخيرة من خلال برنامج السياحة الحلال, وهذا مما أدى أيضا إلى اشتهار لقبها بـ “جزيرة ألف مسجد” في جميع أنحاء إندونسيا، بل في العالم .
قد يعمك : دريم لاند من أجمل شواطئ البحر الموجودة في بالي
لقد أجريت البحوث من الباحث توفان هيدجاز الأستاذ في كلية الفنون والتصميم، بالمعهد الحكومي باندونغ للتكنولوجيا وهو ابن قبيلة ساساك السكان الأصليين في جزيرة لومبوك, رغم أنه عاش في باندونغ، جاوا الغربية منذ سنة السبعينيات ولكنه لا ينس مسقط رأسه ولقد اهتم توقان بدراسة تاريخ المسجد في لومبوك وله عدد لا يحصى من البحوث والدراسات الميدانية المستمرة عن تطور تاريخ المساجد الذي يعد جزء لا ينفصل مع شخصية سكان لومبوك.
وأوضح توفان أن أول من لقب جزيرة لومبوك بهذا اللقب هو إفندي زركاشيي المدير العام لرعاية المجتمع الاسلامي لوزارة الشؤون الدينية في عام 1970. وكان قد جاء إلى لومبوك عند أول افتتاح لمسجد جامع كاكرانيغارا, فلقد أعجبه كثرة المساجد في لومبوك.
قد يهمك : إندونيسيا تقدم نفسها في دورة الألعاب الآسيوية
وقال توفان، المسجد هو تعبير عن ثقافة قبيلة ساساك في لومبوك. وذكر البيان أن هناك 767 3 مسجدا كبيرا و 584 5 مسجدا صغيرا منتشرا في 518 قرية في لومبوك. وهذا يعني أن لكل قرية في لومبوك أكثر من مسجد.
وأضاف توفان ” أن إطلاق هذا اللقب على الجزيرة يعني أن لومبوك لديها كثير من المساجد حتى أصبحت الشخصية المميزة التي تتميز عن الجزير أخرى”.
وأوضح توفان أن المسجد هو جزء أثريي هام لا يمكن انفصاله عن الحياة الاجتماعية عند سكان لومبوك في كل جوانبها. مضيفا إلى أن المسجد أصبح رمز التكافل الاجتماعي الاسلامي في قبيلة ساساك كلها بدءاً من الحي, والقرى والمدن .
قد يهمك : البيت التقليدي بولون، تراث قبيلة باتاك توبا
واستمر كلامه قائلا “بدون المسجد، فإن الحياة الاجتماعية تبدو مضطربة وتفقد الهدف المنشود منها وكأن كل الأنشطة ليس لها المرجع والفائدة”.
فموقف قبيلة ساساك الثقافي تجاه المسجد يتوافق مع تعليمات النبي محمد صلى الله عليه وسلم. و يأمل توفان أن يكون المسجد مصدرا للتنمية في جوانب أخرى من الحياة الشرعية مثل الاقتصاد والسياحة والتعليم التي تخدم حياة المجتمع .
المترجم: هان هان علوم الدين | المصدر : ريبوبليكا
المحرر: فارس البدر
Jakarta, Indonesiaalyoum,com – Kubah-kubah berukuran besar dengan menara tinggi menjadi pemandangan awal bagi siapapun yang hendak mendarat di pulau ini. Dari ketinggian, begitu tampak kubah dan menara berdampingan dengan gugusan perbukitan yang masih tampak hijau.
Begitu menjejakan kaki dan mulai menyusuri setiap titik di pulau ini, jangan kaget jika berjumpa masjid-masjid dengan ukuran besar dan ornamen yang begitu menyedot perhatian mata.
Lombok namanya. Pulau Seribu Masjid julukannya. Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir lewat gebrakan pariwisata halal. Citra Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid pun ikut menjulang ke seantero negeri, bahkan hingga ke ranah internasional.
Dosen Fakultas Seni Rupa Desain, Institut Teknologi Nasional Bandung Taufan Hidjaz merupakan putra Sasak yang memiliki perhatian mendalam perihal catatan sejarah masjid di Lombok. Meski telah bermukim di Bandung, Jawa Barat sejak 70-an, Taufan tak lantas melupakan tanah kelahirannya. Segudang penelitian hingga pendalaman ke lapangan rutin ia lakukan menguliti perjalanan masjid yang sangat erat dengan karakter masyarakat Lombok.
Taufan menjelaskan, penyebutan Pulau Seribu Masjid ini bermula dari kunjungan kerja Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Effendi Zarkasih pada 1970. Kala itu, Effendi meresmikan Masjid Jami Cakranegara. Saat meresmikan, Effendi terkesan sekali dengan banyaknya masjid di Lombok.
Taufan menyampaikan, masjid merupakan representasi budaya Sasak di Lombok. Dalam catatannya, terdapat 3.767 mesjid besar dan 5.184 mesjid kecil di 518 desa di Lombok. Artinya, setiap desa di Lombok memiliki lebih dari satu masjid.
“Lombok dijuluki Pulau Seribu Mesjid. Julukan ini bermakna di Lombok sangat banyak masjid sehingga menjadi karakter khas yang membedakan dengan daerah lain,” lanjut Taufan.
Taufan menyanyikan, masjid merupakan artefak penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kolektif masyarakat di Lombok dalam semua aspek. Kata Taufan, masjid menjadi tanda bagi keberadaan kolektif masyarakat Sasak, dari tingkatan dusun, desa dan kota sebagai ummat muslim.
“Tanpa masjid maka kehidupan kolektif seperti kehilangan pusat orientasi ruang dan tidak semua kegiatan seolah tidak punya rujukan dan makna apapun,” ucap Taufan.
Representasi budaya masyarakat Sasak akan masjid sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad SAW. Taufan berharap, masjid menjadi sumber pengembangan aspek-aspek kehidupan syari lain seperti ekonomi, wisata, pendidikan yang mensejahterakan kehidupan kolektif masyarakat Sasak.
Penerjemah : han han ulumuddin | Sumber : Republika
Editor : Fares Badr