إندونيسيا تتطلع إلى زيادة استثمارات الهند فى ثلاث قطاعات

Indonesia incar peningkatan investasi India di tiga sektor

0 719

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – تسعى إندونيسيا إلى تعزيز التعاون الاقتصادى الشامل مع الهند وتتوقع أن تزداد استثمارات الهند فى ثلاثة قطاعات صناعية.

ومتابعة لزيارة العمل التى قام بها الرئيس جوكووى، كشفت أيرلانجا أنه ووزير التجارة الإندونيسية، انجارتياستو لوكيتا، أجريا محادثات مع وزير الصناعة والتجارة الهندى، نيرمالا سيثارامان، فى ديسمبر عام 2016.

“تمخّضت اللقاءات الثنائية  عن التزام الجانب الهندي  للاستثمار فى اندونيسيا وخاصة فى قطاع الصلب والنسيج وصناعة السيارات”. بحسب وزير صناعة الإندونيسي، ايرلانغا هارتارتو، من خلال بيانه فى جاكرتا يوم الخميس

وقال أيرلنغا في تصريحاته انه بعد حضور الاحتفال باليوم الوطني الـ 69 لجمهورية الهند فى جاكرتا.

وبالإضافة إلى هذه القطاعات الثلاثة، تتطلع الهند للاستثمار في إندونيسيا في قطاع صناعة الأدوية.

ومن أجل ذلك، واصلت أيرلانغا، من المتوقع أن ترسل الحكومة الهندية فريق عمل للمساعدة في رسم خرائط احتياجات صناعة الأدوية فى إندونيسيا.

“إننا نشجع أيضا تبادل الخبراء وتعزيز التدريب المهنى بين إندونيسيا والهند وخاصة فى صناعة الأدوية”. بحسب أيرلنغا.

وبحسبه ايضا،نمت التجارة بين الهند والهند في عام 2017 إلى 43 في المئة مقارنة بعام 2016.

“نأمل أن تستمر هذه الزيادة فى السنوات القادمة، ونعتقد أن هناك كثير من امكانيات التجارة والاستثمار يمكن استكشافهما من قبل البلدين”. أضاف الوزير

وفي محاولة لتعزيز التعاون وتبادل المنافع ينبغي للبلدين توفير التسهيلات للتجار وامكانية الوصول إلى الأسواق.

“والهدف منه زيادة حجم التجارة الثنائية والسعي لتحقيق توازن الميزان التجاري”، بحسب وزير الصناعة.

جدير بالذكر ووفقا للمكتب المركزى للاحصاءات أن القيمة الاجمالية للتجارة الثنائية بين البلدين فى عام 2016م وصلت إلى مبلغ 12,9 مليار دولار أمريكى. وبلغ الميزان التجاري بين إندونيسيا والهند في عام 2016 والفائض لإندونيسيا 7.2 مليار دولار أمريكي.

وبلغت صادرات إندونيسيا إلى الهند في الفترة من يناير إلى يونيو 2017م إلى 6.9 مليار دولار أمريكي، بزيادة 51.22 في المئة عن نفس الفترة من العام السابق الذي بلغ 4.5 مليار دولار أمريكي.

وتشمل صادرات اندونيسيا الرئيسية إلى الهند زيت النخيل ومشتقاته والفحم وخام النحاس والمطاط الطبيعى.

،في الفترة من يناير إلى سبتمبر 2016، كان الاستثمار الهندي إلى إندونيسيا في الرتبة الـ 25، وبلغت قيمة التحقيق إلى 37.76 مليون دولار في 335 مشروع.

وقد ارتفع هذا الرقم اذا قارناه بنفس الفترة من عام 2015 حيث بلغ الاستثمار إلى 33.2 مليون دولار أمريكي في 145 مشروع.

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وكالة انتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia berupaya meningkatkan kerja sama ekonomi yang komprehensif dengan India dan mengharapkan investasi negara itu di tiga sektor industri dapat ditingkatkan.

Guna menindaklanjuti kunjungan kerja Presiden Jokowi tersebut, Airlangga menyampakan, dirinya bersama Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita melakukan audiensi dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan India, Nirmala Sitharaman pada Desember 2016.

Baca juga:  Jokowi Di Afghanistan: Perdamaian Tak Turun Dari Langit

“Dari hasil pertemuan itu, kami mengharapkan industri India bisa lebih agresif dalam berinvestasi di Indonesia, terutama di sektor baja, mesin tekstil dan otomotif,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melalui keterangannya di Jakarta, Kamis.

Airlangga menyampaikan hal itu usai menghadiri Perayaan Hari Republik India Ke-69 di Jakarta.

Selain ketiga sektor tersebut, India berminat menanamkan modalnya di Indonesia untuk sektor industri bahan farmasi.

Untuk itu, lanjut Airlangga, pemerintah India diharapkan dapat mengirimkan kelompok kerja untuk membantu memetakan kebutuhan industri farmasi di Indonesia.

Baca juga: Bertemu PM Pakistan, Presiden Jokowi Bahas Ekonomi Hingga Palestina

“Kami juga mendorong adanya pertukaran expert dan penguatan pelatihan vokasi antara Indonesia dengan India khususnya di industri farmasi,” tuturnya.

Menurutnya, perdagangan Indonesia-India pada tahun 2017 tumbuh mencapai 43 persen jika dibandingkan 2016.

“Kami berharap, angka tersebut akan terus meningkat di tahun-tahun ke depan. Dan, kami meyakini, masih banyak potensi perdagangan dan investasi yang bisa dieksplorasi oleh kedua negara,” jelasnya.

Dalam upaya meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan, kedua negara perlu memberikan fasilitas dan akses kemudahan bagi perdagangan dan akses pasar.

“Hal ini untuk meningkatkan volume perdangangan bilateral dan mengejar keseimbangan neraca perdagangan,” lanjut Menperin.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai total perdagangan bilateral kedua negara pada tahun 2016 mencapai 12,9 miliar dollar AS. Neraca perdagangan Indonesia-India pada tahun 2016 surplus bagi Indonesia sebesar 7,2 miliar dollar AS.

Ekspor Indonesia ke India pada periode Januari-Juni 2017 tercatat sebesar USD 6,9 miliar atau naik 51,22 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 4,5 miliar dollar AS.

Komoditas ekspor andalan Indonesia ke India antara lain adalah minyak kelapa sawit serta turunannya, batubara, bijih tembaga, dan karet alam.

Sementara itu, pada Januari-September 2016, investasi India ke Indonesia berada pada posisi ke-25 dengan nilai realisasi mencapai 37,76 juta dollar AS pada 335 proyek.

Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015 dengan realisasi investasi mencapai 33,2 juta dollar AS pada 145 proyek.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Antaranews.com

 

تعليقات
Loading...