القدس: احتجاجات بشأن قرار الرئيس الأمريكي ترامب بالتزامن مع احتحاحات من قطاع غزة واستطنبول وجاكرتا حتى سولو

Yerusalem: Serempak memprotes keputusan Trump, dari Jalur Gaza, Istanbul, Jakarta hingga Solo

0 890

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – خرجت مظاهرات حاشدة ضد قرار الرئيس الأمريكي ترامب الاعتراف بالقدس عاصمة لإسرائيل فيما لا يقل عن 30 مدينة في قطاع غزة والضفة الغربية، يوم الجمعة (8/12)، قاله الجيش الإسرائيلي.

وكذلك انطلقت المظاهرات في عدة مدن حول العالم، منها اسطنبول (تركيا) وتونس وعمان (الأردن) وجاكرتا و سولو (جاوة الوسطى)، بإندونيسيا.

واستخدمت قوات الأمن الإسرائلية الغاز المسيل والذخيرة الحية لتفريق الحشود في رام الله وبيت لحم والخليل وطول الحدود مع قطاع غزة.

وأصيب أكثر من 200 فلسطيني بجراح خفيفة، وقتل شخص واحد بالرصاص.

ودعت الفصائل الفلسطينية إلى ما يسمى بـ”يوم الغضب”، لكن مراسل بي بي سي في القدس يقول أن هذه المظاهرات حتى الآن أكبر من المظاهرات السابقة التي عقدت خلال الأزمة في الصراع بين فلسطين وإسرائيل.

وفي جاكرتا خرج مئات من المتظاهرين أمام السفارة الأمريكية.

وقالت أحد المشاركات في المظاهرات، “سوتشي رحمداني”: “إن قرار الرئيس ترامب يجرح المسلمين” “لماذا اختار القرار بنقل السفارة الأمريكية إلى القدس مع أن القدس للمسلمين”.

وقالت سيلا رومي هليدا أحد المشاركات في المظاهرة: أن إسرائيل احتلت جميع المناطق في القدس. “نحن نقف في أقرب مكان دفاعا للأقصى”.

وفي سولو (جاوة الوسطى)، خرج آلاف من المتظاهرين ضد الاعتراف بالقدس عاصمة لإسرائيل، قاله مراسل في سولو، فجر صادق.

وهم يحملون أعلام فلسطين ورفعوا لافتات عليها عبارات تندد بقرار الرئيس ترامب.

وبالإضافة إلى هذه التظاهرات، داس المتظاهرون الأعلام الإسرائيلية وقاموا بأعمال مسرحية من خلال قطع صورة رأس ترامب الذي لعب به المشاركون.

وقال أحد مسؤولي المظاهرة، أيندرو سودارسونو: أن المظاهرات عقدت لإظهار التضامن الإنساني لكفاح الشعب الفلسطيني.

وذكر أندرو أن نقل السفارة الأمريكية من تل أبيب إلى القدس أدى إلى الاضطراب السياسي الدولي، ومن ضمنها إندونيسيا.
“نحن نؤيد بيان الرئيس جوكوي القائل بأن إندونيسيا ستكون مع فلسطين دائما.”

المترجم : لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر: بي بي سي

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Aksi protes menentang keputusan Presiden Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel digelar di setidaknya 30 kota di Jalur Gaza dan Tepi Barat, hari Jumat (08/12), kata militer Israel.

Demonstrasi juga digelar di sejumlah kota di dunia, termasuk di Istanbul (Turki), Tunis (Tunisia), Amman (Yordania), Jakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Aparat keamanan Israel menggunakan gas air mata dan peluru tajam untuk membubarkan massa di Ramallah, Bethlehem, Hebron, dan di sepanjang perbatasan dengan Gaza.

Lebih dari 200 warga Palestina mengalami luka-luka ringan; satu orang dilaporkan tewas ditembak.

Kelompok-kelompok di Palestina menyerukan apa yang disebut sebagai ‘Hari Kemarahan’, namun wartawan BBC di Yerusalem mengatakan sejauh ini skala demonstrasi jauh lebih dari aksi-aksi yang sebelumnya yang digelar saat terjadi krisis dalam konflik Israel-Palestina.

Di Jakarta, aksi unjuk rasa diikuti oleh ratusan orang di depan kantor kedutaan Amerika Serikat.

Suci Rahmadani, seorang peserta aksi mengatakan ‘keputusan Presiden Trump melukai umat Islam’. “Mengapa di memilih untuk memindahkan ibu kota ke Yerusalem sedangkan Al Aqsa itu punya umat Islam,” kata Suci.

Peserta lain, Sheila Rumai Halida mengatakan semua wilayah di Yerusalem telah dikuasai oleh Israel. “Kami (ingin) berdiri di tempat terdepan untuk membela Al Aqsa,” katanya.

Di Solo, demonstrasi menentang pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel diikuti oleh ribuan orang, kata wartawan di Solo, Fajar Sodiq.

Mereka membawa bendera Palestina dan spanduk bertuliskan kecaman terhadap kebijakan Trump.

Selain orasi, demonstrasi diwarnai dengan aksi menginjak-injak bendera Israel dan aksi teatrikal dengan memancung Presiden Trump yang diperankan oleh peserta.

Salah satu koordinator aksi, Endro Sudarsono, mengatakan aksi digelar sebagai bentuk solidaritas kemanusian terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Menurut Endro, pemindahan kantor kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem memunculkan gejolak politik internasional, termasuk di Indonesia.

“Kami mendukung pernyataan Presiden Jokowi yang menyatakan Indonesia bersama Palestina selamanya,” katanya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Fares albadr | Sumber: BBC

 

 

تعليقات
Loading...