السياح الماليزيون يشكلون أغلبية في سومطرة الشمالية

Wisman Datang ke Sumut, Paling Banyak dari Malaysia

0 931

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – توافد السياح الأجانب الذين يزورون سومطرة الشمالية. بحوالي مائتي آلاف سائح من يناير إلى نوفمبر 2017، جاء معظمهم من ماليزيا.

وقال رئيس الاحصائيات للتجارة والخدمات في وكالة الإحصاء المركزي (BPS) محافظة سومطرة الشمالية، فريدي سيتونكير في مكتبه الرسمي في ميدان، يوم الجمعة (5 / 1/2018). ” أنّ السياح الأجانب يفدون إلى سومطرة الشمالية عبر المطار الدولي كوالانامو، وميناء بيلاوان وميناء في تانجونج أساحان”.

وأضاف: إنه في نوفمبر 2017، كان هناك 24،497 سائح أجنبي. ارتفع إلى نسبة 12.64% مقارنة مع شهر أكتوبر2017 لتصل نسبة 21،749 سائح أجنبي.

وفي نوفمبر 2017 أيضا، فإن معظم السياح الأجانب جاءوا من ماليزيا مع 12،729 زيارة أو 51.96 % من مجموع السياح الأجانب الذين يزورون سومطرة الشمالية.

وقال فريدي “إن معظم السياح من ماليزيا تليها سنغافورة والصين واستراليا والمانيا والهند وانجلترا والولايات المتحدة وهونج كونج وتايلاند”.

في سياق متصل قالت رئيسة الثقافة والسياحة في حكومة سومطرة الشمالية إليسا ماربون إن السياح الأجانب معظمهم يزورون بحيرة توبا، لانجات، سيردانغ باديجاي، باتو بارا ونياس.

واضافت “لأنهم (السياح) جاءوا لأغراض متنوعة منهم للترفيه، والبحث العلمي، أو ركوب الأمواج”.

وأوضحت إنه من المخطط في سنة 2018-2019، أن يتواصل التعاون بين كل المسؤولين في المناطق و المدن في سومطرة الشمالية ليتم تطوير الإمكانات السياحية الموجودة.

وأكدت ” سيتم تحسين المرافق المتاحة بما في ذلك البنية التحتية، كما يزود المرشدون السياحيون بدورات اجتماعية للمساهمة في عكس صورة ودية لدى السياح

ومن المتوقع للسنة 2018-2019، ستصل أعداد السياح إلى مليون شخص. مشيرا إلى وجود مطار دولي جديد في سيلانجيت للوصول بسهولة إلى بحيرة توبا”.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: طلال الشيقي | المصدر : ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Semakin banyak turis asing berkunjung ke Sumatera Utara. Dari dua ratusan ribu yang datang Januari-November 2017, kebanyakan berasal dari Malaysia.

“Wisman datang ke Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan di Tanjungbalai Asahan,” kata Kepala Seksi Statistik Niaga dan Jasa di Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara, Freddy Situngkir saat ditemui di kantornya di Medan, Jumat (5/1/2018).

Ia mengatakan, pada November 2017, terdapat 24.497 kunjungan wisman. Hal ini mengalami kenaikan 12,64 persen dibanding yang datang pada Oktober 2017 mencapai 21.749 wisman.

Pada November 2017 juga, jumlah wisman dari Malaysia merupakan pengunjung terbanyak dengan 12.729 kunjungan atau 51,96 persen dari total wisman yang berkunjung di Sumut.

“Wisman paling banyak dari Malaysia, lalu disusul Singapura, Tiongkok, Australia, Jerman, India, Inggris, Amerika Serikat, Hongkong, Thailand,” jelas Freddy.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Elisa Marbun mengatakan, wisman yang datang lebih banyak berkunjung Danau Toba, Langkat, Serdang Bedagai, Batubara dan Nias.

“Karena mereka (wisman) ada yang wisata, penelitian, berselancar,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Pada 2018-2019, Elisa menerangkan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan kabupaten/kota di Sumut agar potensi wisata yang ada dikembangkan.

“Fasilitas-fasilitas harus diperbaiki termasuk infrastruktur. Pelayanannya juga harus ramah, senyum. Untuk 2018-2019, diharapkan jumlah wisman bisa satu juta orang. Kalau ke Danau Toba, sekarang sudah ada akses yaitu Bandara Silangit,” tukasnya.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin |Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Detik.com

 

تعليقات
Loading...