جزيرة بيداداري أروع جزر الألف

Pulau Bidadari Kepulauan Seribu

0 1٬274

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – جزيرة “بيداداري” هي إحدى الجزر الواقعة في الحديقة الوطنية البحرية ضمن جزر الألف. وكانت هذه الجزيرة تسمى سابقاً جزيرة “ساكيت” وجزيرة “بوميرد”. كما أن جزيرة “بيداداري” مشهورة أيضاً بمختلف النباتات التي تعيش على أرضها. (إقرأ أيضا: أهم أماكن السياحة في جاكرتا)

حيث تشتهر بغابة “الأيكة” الساحلية الجميلة. كما أن الجمال الطبيعي لجزيرة “بيداداري” جزء من الجمال الرائع لجزر الألف التي تركت تُراثاً تاريخياً كالقلعة والمدافع والأندونج – سيارة خفيفة تجرها الخيل-. وجدير بالذكر أن هذه القلعة دائرية ويبلغ قُطرها 23 مترا، وهي قلعة كبيرة شيدها الهولنديين.

 

جزيرة “بيداداري” من أفضل جزر الألف السياحية والتي تناسب العطل العائلية لأنها أقرب جزيرة من جاكرتا وهي على بعد 25 دقيقة من “مارينا”. حيث يزورها العديد من السياح ومعهم عائلاتهم وأطفالهم ووالديهم، وبجانب قربها من جاكرتا، توجد بها كذلك مباني تاريخية مهمة، وتتمثل في مبنى القلعة الكبيرة، وتسمى بقلعة “مارتيلو”.

ويُمكن للسياح في جزيرة “بيداداري” أن يتجولوا حول جزر الألف في 3 جزر باستخدام القارب التقليدي الذي يسع تقريباً ل 15-20 شخص، وبهذا القارب يمكن للسياح الاطلاع على جزيرة “أونروست”، وجزيرة “كيلور”، وجزيرة “كاينغان”، حيث أن كل جزيرة لديها المباني القديمة الخاصة بها والتي يمكنها أن توفر لنا المعرفة كسكان إندونيسيا، ومن خلالها أيضاً يمكن معرفة آثار الزمن الماضي الذي حاول فيه المستعمرون السيطرة على إندونيسيا، البلد الحبيب.

والجدير بالذكر أن الجزر المجاورة لجزر الألف والتي تركت التراث الثقافي لها تاريخ من التراث الاستعماري الهولندي. ويمكن للسياح زيارة هذه الجزر باستخدام قارب خاص من جزيرة “بيداداري”.

ويمكنك العثور على آثار تاريخية مختلفة من الحكومة الاستعمارية الهولندية فيها. وقد أُعلنت حكومة جاكرتا أن هذه المنطقة ستكون واحدة من ضمن التراث الثقافي لإندونيسيا. ويمكن للسياح مراجعة تاريخ نضال الأمة الإندونيسية في محاولتها للاستقلال من خلال المباني التي لا تزال موجودة هناك.

المترجم: لالو عبد الرزاق المحرر: فارس البدر المصدر:  GNFI


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pulau Bidadari adalah salah satu pulau yang berada di wilayah Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini dulunya bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Pulau Bidadari juga terkenal dengan aneka tumbuhan yang hidup di daratannya.

Di pulau ini terdapat sebuah hutan mangrove yang indah. Keindahan alam di Pulau Bidadari termasuk anggota dari kepulauan seribu yang memiliki peninggalan bersejarah berupa benteng beserta ameriam dan andong. Bentengnya berbentuk bundar dengan garis tengah 23 meter, memang cukup besar benteng yang di buat oleh bangsa Belanda.

Pulau Bidadari Wisata Kepulauan Seribu merupakan wisata liburan para keluarga karena pulau yang terdekat dari Jakarta yang jarak tempuh memakan waktu 25 menit dari marina. Di Pulau Bidadari banyak wisatawan yang mempunyai keluarga anak-anak dan orang tua yang cukup umur datang ke pulau tersebut, selain pulaunya dekat, di sini juga tersedia Bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh. Bangunan bersejarah tersebut berbentuk Benteng yang cukup besar, benteng tersebut bernama Benteng Martello.

Pulau Bidadari kepulauan seribu para wisatawan dapat keliling di kawasan pulau seribu di 3 pulau dengan menggunakan perahu tradisional boat dengan kapasitas kurang lebih 15-20 orang yang dapat di tampung di perahu tersebut. Dengan kapal tradisional tersebut para wisatawan dapat mengetahui dan melihat Pulau Onrust, Pulau Kelor, Pulau Kahyangan, tiap-tiap pulau tersebut memiliki bangunan-bangunan tua yang dapat memberikan pengetahuan kita sebagai orang indonesia kita dapat mengetahui sisa-sisa pada masa itu bangsa kita di jajah oleh para penjajah yang ingin menguasai Negara indonesia yang tercinta ini.

Pulau yang berdekatan ini adalah merupakan pulau cagar budaya dan memiliki sejarah warisan penjajah Belanda. Para wisatawan dapat berkunjung ke pulau-pulau tersebut dengan kapal khusus dari Pulau Bidadari. Anda dapat menemukan berbagai sejarah peninggalan pemerintahan kolonial Belanda disini. Daerah ini memang sudah dicanangkan menjadi salah satu cagar budaya oleh pemerintah DKI Jakarta. Wisatawan dapat mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan melalui bangunan-bangunan yang masih tertinggal disana.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak Editor: Faris Al-Badr Sumber: GNFI

تعليقات
Loading...