جمال جزيرة كيمارو وأسطورة الحب الحزينة

Keindahan Pulau Kemaro Menyimpan Legenda Cinta Menyedihkan

0 1٬137
Page 1 of 2 :
جمال جزيرة كيمارو
  • 1. جمال جزيرة كيمارو
  • 2. أسطورة جزيرة كيمارو

1. جمال جزيرة كيمارو

باليمبانج، اندونيسيا اليوم – أصبحت جزيرة “كيمارو” التي تقع في وسط نهر موسي في باليمبانج سوماطراه الجنوبية من الوجهات السياحية المفضلة لدى السياح الأجانب. (إقرأ: أفضل أماكن سياحية في اندونيسيا)

هناك طريقتان للوصول إلى هناك الأول، عبر شارع دوكتر سوتامي، ومنطقة كاليدوني، وباليمبانج. وسيكون هناك قارب صغير سيأخذك للعبور إلى جزيرة كيمارو التي تبعد 100 متر فقط. والأجرة منها رخيصة بمجرد أن تدفع 10 ألف روبية، ستصل إلى جزيرة “كيمارو”.

وأما الطريقة الثانية فتستغرق وقتا أطول، حوالي 30 دقيقة. سيركب السياح القارب الصغير المسمى جيتك أو القارب السريع من ساحة القلعة كوتو البيساك (BKB). و في وسط الطريق ستستمتع بإطلالة رائعة من نهر موسي وجسر أمبيرا من الجانب السفلي. وللأجرة، عادة بسعر 300 ألف للذهاب واياب.

كما أنك سترى بعض الصيادين التقليديين على طول الطريق. وكذلك السكان المحليين الذين يعيشون على ضفاف نهر موسي.
وعند الوصول إلى جزيرة كيمارو، ستشعر كأنك في قرية صينية حقا فهناك أيضا المعبد الطويل الشاهق، و تمثال بوذا الثابت الذي يصبح مكانا مفضل لالتقاط الصور.

ومن جانبه وفق المقابلات التي فعلتها وكالة الانباء فيفا لسائحين من باندونغ، باتريوت ودانيا, وقالا “إننا عرفنا جزيرة كيمارو بعد قراءة أحد المقال على شبكة الانترنيت فقررنا بعد ذلك أن نقضي الاجازة هنا.

وقال باتريوت “نحن سعداء بهذه الأجواء وقد رأينا عدد من الأشجار الخصبة هنا، فهذا المكان مناسب لالتقاط الصور والاسترخاء”.

وأضاف “وبالاضافة إلى ذلك سنجد قبر ابنة ملك باليمبانج، الأميرة سيتي فاطمة وزوجها الأمير من الصين، تان بون آن. لذلك انتشرت أساطير الحب بين الأمير تان بون آن والأميرة سيتي فاطمة، كما أننا وجدنا شجرة الحب هناك.

وقالت دانيا مبتسمة: ” يعتقد بعض الناس إنه إذا جلست مع حبيبك تحت الشجرة، فعلاقتهم ستكون أكثر دواما ورومانسية إذا فلتجرب هنا. ”

Palembang, Indonesiaalyoum.com – Pulau Kemaro yang terletak di tengah sungai Musi ini menjadi salah satu destinasi wisata di Palembang, Sumatera Selatan yang sering didatangi para turis mancanegara.

Untuk berkunjung ke sini, ada dua jalur yang bisa dilewati. Jalur pertama, bisa melintasi Jalan Dokter Sutami, Kecamatan Kalidoni, Palembang. Di sana akan ada perahu kecil yang siap mengantar Anda untuk menyeberang ke Pulau Kemaro yang hanya berjarak 100 meter. Ongkosnya pun tak membuat kantong jebol, cukup membayar Rp10 ribu, Anda akan langsung sampai ke tujuan.

Sedangkan jalur kedua membutuhkan waktu lebih lama, sekitar 30 menit. Para wisatawan akan naik perahu kecil yang disebut getek atau speedboat dari pelataran Benteng Kuto Besak (BKB). Selama perjalanan, Anda akan menikmati pemandangan luasnya Sungai Musi dan Jembatan Ampera dari sisi bawah. Untuk ongkos, biasanya dipatok dengan harga Rp300 ribu (pergi-pulang).

Beberapa nelayan tradisional juga akan terlihat sepanjang perjalanan. Begitu juga para warga tinggal di pinggiran Sungai Musi.

Ketika tiba di Pulau Kemaro, suasana ala kampung Pecinan akan terasa kental. Pagoda yang menjulang tinggi, serta patung Budha berdiri kokoh menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Sementara itu, wisatawan asal Bandung, Patriot dan Dania yang ditemui VIVA saat berlibur ke Pulau Kemaro. Mereka tertarik ke pulau ini karena penasaran setelah membaca artikel di internet.

“Kami senang dengan suasananya yang banyak pohon rimbun. Di sini asyik untuk berfoto dan bersantai” kata Patriot.

Di sana terletak dua makam, yakni putri raja Palembang, Siti Fatimah dan suaminya yang merupakan pangeran dari China, Tan Bun An. Selain banyak yang penasaran dengan legenda percintaan Tan Bun An dan Siti Fatimah, di sini pun terdapat pohon cinta.

Banyak orang yang meyakini jika duduk bersama pasangan di bawah pohon tersebut, hubungan mereka akan lebih awet dan romantis. “Katany begitu, jadi mau coba,” kata Dania sembari bercanda.

تعليقات
Loading...