شروق شمس جميل يوجد في جبل سيبيسو – بيسو

Sunrise Secantik Ini, Ada di Gunung Sipiso-Piso

0 885

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  جبل سيبيسو بيسو في شمال سومطرة ليس منظرا طبيعيا جميلا فحسب؛ ومع ذلك فإن هذا الجبل به منظر شروق شمس جميل .

جبل سيبيسو بيسو هو أحد الجبال التي تقع في تانه كارو , سومطرة الشمالية, ميريك, منطقة كارو . ارتفاع هذا الجبل فقط 1900 mdpl , لكن جماله ليس أقل جمالا من الجبال الأخرى, بل منظر شروق الشمس من قمة هذا الجبل متميز أيضا .

قبل عدة أيام تسلقت أنا وأصدقائي هذا الجبل وعملنا مخيما في قمته. فكان المشهد جميلا عندما تكون الشمس مشرقة , وفي ذلك الوقت السماء على الجانب الشرقي مشرق بحيث يمكن رؤية الشمس على الحد الأقصى .

ما زلت أتذكر عندما بدأت السماء المظلمة بالشروق وظهر خط يميل إلى اللون البرتقالي الأحمر في الأفق الشرقي . وببطء ظهر ملك الظهيرة وكشف عن نفسه وأضاءت السطح بأكمله وجابت الدفء الذي يزيل البرد.

وجود أشجار وأبنية شرفات نموذجية في أعلى هذا الجبل يجعل مشهد الصباح أكثر جمالا لأنها تنتج صورة ظلية خيالية تبدو جميلة جدا .

على وجه التحديد تمتد بحيرة توبا تحت هذا الجبل. أكبر بحيرة في اندونيسيا حتى جنوب شرق آسيا. وشروق الشمس يضيء سطح البحيرة والتلال الخضراء المحيطة بها . تبدو جميلة جدا وساحرة . وفي الواقع فإنها واحدة من أجمل لحظات شروق الشمس التي رأيتها في حياتي .

 

المترجم :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Gunung Sipiso-Piso di Sumatera Utara tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah saja. Sunrise di sini juga cantik lho.

Gunung Sipiso-Piso adalah salah satu gunung yang berada di Tanah Karo, Sumatera Utara, tepatnya berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1900 mdpl, namun pesonanya tidak kalah indah dengan gunung-gunung lainnya, bahkan pemandangan matahari terbit dari puncak gunung ini juga sangat juara.

Hal itu saya buktikan beberapa waktu yang lalu ketika saya dan teman-teman mendaki gunung ini dan berkemah di puncaknya. Pemandangan ketika momen matahari terbitnya memang sangat indah dan memukai mata. Beruntungnya lagi saat itu langit di sisi timur sedang cerah sehingga saat-saat matahari terbit pun bisa terlihat secara maksimal.

Saya masih ingat sekali saat itu di mana langit yang tadinya gelap mulai terlihat terang ketika bias cahaya jingga kemerahan muncul di ufuk timur. Dan secara perlahan sang raja siang itu pun menampakkan dirinya dan menyinari seluruh permukaan serta membawa kehangatan yang mengusir hawa dingin.

Keberadaan pepohonan dan gazebo yang berarsitektur khas Karo di puncak gunung ini semakin membuat pemandangan pagi itu menjadi lebih indah karena menghasilkan siluet-siluet yang terlihat cantik sekali.

Oh ya, tepat di bawah Gunung Sipiso-Piso ini adalah Danau Toba, danau terbesar se-Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Dan ketika momen matahari terbit tadi terjadi, cahaya matahari juga menyinari permukaan danaunya dan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Hal tersebut terlihat sangat indah dan menawan. Sungguh, ini adalah salah satu momen sunrise terindah yang pernah saya saksikan

 

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik

 

تعليقات
Loading...