طاجن ماكاسار -توابل ونكهة لذيذة لن تملّ أكلها

Bolu Rampah Makassar, Kue Citarasa Rempah yang Sedap

0 781

جاكارتا, إندونسيا اليوم- كما هو واضح من اسمها فهي من محافظة ماكاسار.و كما يوحي اسمه فطعمها تفوح منه نكهة التوابل اللذيذة

في الغالب صناعة الفطائر التقليدية في إندونسيا تحتاج  إلى عدة مراحل فتصعب صناعتها. ولكن بالنسبة لطاجن ماكاسار للتوابل ، فإن طريقة اعداده سهلة وعليك أن تجرب ولن تخيب، لأن نكهة التوابل لذيذة ،وتناسب أن تأكلها وانت تشرب الشاي أو القهوة.

وما يلي طريقة صناعة طاجن ماكاسار التوابلي التي أخذت من موقع justtryandtaste.com.

 

طريقة اعداد طاجن ماكاسار التوابلي

* صناعة الفطائر تحتاج  لمقلاة التخبيز  (مع فتحة في الوسط) بقطر الدائرة 23 سم

 

المكونات

220 غرام من الدقيق

50 غرام من الحليب المجفف كامل الدسم (اختياري)

7 بيضات كبيرة الحجم

150 غرام من سكر النخيل المسحوق

50 غراما من السكر

100 مل من زيت الطهي أو المارغارين / السمنة النباتي

20 حبة من اللوز المفروم / لوز الجوز أو الفول السوداني

2 ملعقة صغيرة بودرة  ساباكوك  ** (أستخدم ماركة كوبو كوبو)

1 ملعقة صغيرة من مسحوق القرفة (لا تكثر إذا شعرت أنه قوي جدًا)

1/2 ملعقة صغيرة من الملح

نصف ملعقة صغيرة من مسحوق الخبيز (اختياري)

**) ساباكوك هو مسحوق التوابل مخلوط من القرفة ، وجوزة الطيب ، والزنجبيل ، والقرنفل التي تستخدم عادة لزيادة انكهة الطاجن وصناعة الأطعمة ذو الطعم توابلي.

 

كيفية صناعة طاجن  ماكاسار التوابلي

 

  • اشعال الفرن عند درجة حرارة 170 درجة مئوية ، واستخدم النار صعودا وهبوطا في حالة استخدام فرن كهربائي.
  • جهز مقلاة الخبز ، وادهنها بالسمن النباتي ، مع رش الدقيق ووقم بتخليط الدقيق في المقلاة حتى تكون متساوية.
  • قم بتحريك مقلاة الخبز للتخلص من الدقيق الزائد الموجود . رش المقلاة باللوز المقطع و ضعه جانبا.
  • جهز الوعاء. ضع الدقيق ، و الحليب المسحوق ، وساباكوك المسحوق ، ومسحوق القرفة ، والملح ، ومسحوق الخبيز ، اخلط كلها جيدا. ثم ضعه جانبا.
  • إعداد الخلاط، ثم ضع البيض،و سكر النخيل المسحوق والسكر، خلطها على مستوى منخفض حتى يمزج جيدا ثم زد المستوى بسرعة عالية.
  • خلط البيض والسكر حتى الشريط لتشكيل  العجين الخاثر، رقيق، مكثف وعندما رفعت اداة الخلاط   فالعجين المتساقط منها  لا تزال تترك آثارا على السطح لبضع ثوان (لا تختفي على الفور).
  • تحقق من وقت لآخر عن طريق إيقاف تشغيل الماكنة وإسقاط العجين ، إذا لم تكن قد شكلت مرحلة الشريط ثم استمر في خلطها. هذه المرحلة مهمة للغاية وأكثرها أهمية لأنه إذا لم يتم تحقيقها ، سيكون من السهل سقوط العجينة وعدم فردها على النحو الأمثل .
  • أدخل الدقيق عبر الغربال التي وضعت فوق العجين مباشرة. ثم اخلط العجين مع حركات سريعة و لطيفة باليد اليمنى، وعكس اتجاه الخلط أحيانا من أجل انكماش خليط البيض . قم بتدوير الوعاء بيدك اليسرى حتى تحرك على جميع أجزاء العجين  جيدًا.
  • تأكد من أن جميع كتل الدقيق تذوب في العجين عند التخليط لأن كتل الدقيق لن يذوب عند خبيز الكعكة.
  • العجين الجاهزة تكون ثقيلا ، سميكا ،مكثف ولكن لا يزال رقيقًا.
  • أدخل الزيت مع تحريك العجين بطريق العكس حتى تمزج الزيت مع العجين جيدا.
  • وطريقة اخرى لتسهيل خلط الزيت مع العجين دون الخوف على افلاتها بطريق خلط الزيت مع 2 ملاعق كبيرة من العجين واخلطها جيدا ثم بعد ذلك مزج الزيت مع العجين المتبقي بطريق الخلط العكسي.
  • صب العجين في المقلاة المعدة. ارفع المقلاة وانقر نقرين على سطح الطاولة لتحرير الهواء المحبوس وإزالة فقاعات الهواء داخل العجينة.
  • أخبز لمدة 45 دقيقة ، أو إذا بدأ سطح الكيك باللون البني ، اختبر بعود صغير في منتصفه. إذا لم تلصق أي عجين ، معناه الكعكة قد تمت طبخها.

 

  • أخرج الكعكة من المقلاة واتركها لمدة 10 دقائق لإزالة بخارها. اقلبها على وعاء من السلك واتركها هادئًة. وقطّع طاجن ماكاسار التوابلي حسب الرغبة.

 

المترجم : هان هان علوم الدين | المصدر : كولينير أشيك

المحرر : تلال الشايقي

Jakarta, indonesiaalyoum.com – Bolu Rampah Makassar, sesuai dengan namanya adalah kue yang berasal dari Makassar. Sesuai dengan namanya pula, kue ini terasa rempah banget.

Membuat kue tradisional Indonesia umumnya banyak tahapannya alias sedikit ribet. Tapi, untuk bolu rampah Makassar ini cara buatnya mirip dengan kue bolu lainnya. Coba deh, hasilnya tidak akan mengecewakan, karena rasa rempah bolu ini sedap, enak banget, cocok sebagai teman minum teh atau kopi.

Yuk simak resepnya dari justtryandtaste.com.

Membuat Bolu Rampah Khas Makassar

*Untuk 1 loyang tulban (lubang di tengah) diameter 23 cm

Bahan-bahan

220 gram tepung terigu Segitiga  Biru

50 gram susu bubuk full cream (optional)

7 butir telur ukuran besar

150 gram gula palem bubuk

50 gram gula pasir

100 ml minyak goreng atau margarin/mentega cair

20 butir kacang almond/kenari cincang kasar (bisa juga pakai kacang tanah seperti saya)

2 sendok teh bubuk spekuk** (saya pakai merk Kupu-Kupu)

1 sendok teh kayu manis bubuk (kurangi jika dirasa terlalu kuat rasanya)

1/2 sendok teh garam halus

1/2 sendok teh baking powder double acting (optional)

**) Spekuk adalah rempah bubuk yang merupakan campuran dari kayu manis, buah pala, jahe, cengkeh yang biasanya digunakan untuk mengharumkan kue dan membuat makanan bercitarasa rempah.

Cara Membuat Bolu Rampah Makassar

Siapkan oven dengan suhu 170°C, gunakan api atas dan bawah jika menggunakan oven listrik.

Siapkan loyang tulban, olesi dengan margarin, taburi dengan tepung terigu dan ratakan tepung terigu dalam loyang.

Balikkan loyang dan ketuk untuk membuang kelebihan tepung. Taburi dasar loyang dengan kacang yang sudah dicincang. Sisihkan.

Siapkan mangkuk. masukkan tepung terigu, susu bubuk, bubuk spekuk, kayu manis bubuk, garam, dan baking powder, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur, gula palem bubuk dan gula pasir, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata kemudian naikkan kecepatan menjadi tinggi.

Kocok telur dan gula hingga ribbon stage yaitu: terbentuknya adonan pekat, mengembang, kental dan ketika alat pengocok diangkat maka adonan yang turun masih meninggalkan jejak di permukaan selama beberapa detik (tidak langsung menghilang).

Cek sesekali dengan mematikan mikser dan menjatuhkan adonan, jika belum terbentuk kondisi ribbon stage maka lanjutkan mengocok. Tahap ini sangat penting dan paling krusial karena jika tidak tercapai, adonan akan mudah turun dan tidak maksimal mengembang saat dipanggang.

Masukkan tepung terigu dengan cara diayak langsung di atas adonan. Aduk adonan dengan gerakan cepat dan lembut menggunakan tangan kanan, gunakan teknik aduk balik agar kocokan telur sesedikit mungkin menjadi kempes. Putar-putar mangkuk dengan tangan kiri agar semua bagian adonan bisa teraduk dengan baik.

Pastikan semua gumpalan tepung larut dalam adonan ketika mengaduk karena gumpalan tepung tidak akan pecah saat bolu dipanggang.

Adonan yang terbentuk berat, pekat, kental tetapi tetap mengembang.

Masukkan minyak goreng, aduk adonan dengan teknik aduk balik hingga minyak tercampur baik bersama adonan.

Alternatif lain untuk memudahkan mencampur minyak dengan adonan tanpa khawatir over mixing dan membuat adonan bolu kempes adalah dengan mencampur minyak bersama 2 sendok sayur adonan, aduk hingga rata baru kemudian campuran adonan + minyak ini dicampurkan ke sisa adonan di mangkuk. Aduk rata dengan teknik aduk balik.

Tuang adonan ke loyang yang telah disiapkan. Angkat loyang dan hentakkan dua kali di permukaan meja untuk melepaskan udara yang terperangkap dan menghilangkan gelembung udara di dalam adonan.

Panggang selama 45 menit, atau jika permukaan cake mulai tampak kecoklatan, tes dengan tusuk lidi di bagian tengahnya. Jika tidak ada adonan yang menempel maka cake telah matang.

Keluarkan cake dari loyang, biarkan selama 10 menit untuk membuang uap panasnya. Balikkan di rak kawat dan diamkan hingga benar-benar dingin. Potong Bolu Rampah Makassar sesuai selera.

Penerjemah : Han han Ulumuddin | Sumber : Kuliner Asyik

Editor : Talal Syaiqi

 

تعليقات
Loading...