لماذا يجب أن تكون السردين داخلة في قائمة الطعام

5 Alasan Kenapa Sarden Harus Ada di Menu Makanan

0 1٬003

جاكارتا, إندونسيا اليوم – السردين هي واحدة من أنواع السمك البحرية الشهيرة على نطاق واسع, كما انها تصنع الان على شكل وجبات سريعة. وهي متاحة في السوق بسعر رخيص مقارنة مع أنواع أخرى من الأسماك.

والسردين فيها كثير من الفوائد. لغناها بالمعادن والفيتامينات والكالسيوم ، ويجب  الا تفوت التونة من نظامك الغذائي اليومي.

ومع ذلك ، قيل أن السردين من الاسماك الأكثر تلوثا بحيث تحتوي على نسبة عالية من الزئبق. ولكن في الواقع ، أنها تحتوى أقل من الزئبق.

وأشار من موقع بولدسكي أن هناك خمسة أسبا تجعلك لا تفوت التونة  في نظامك الغذائي. وما يلي التوضيح عن ذلك :

غناها  بالمعادن

فوائد تناول سمك السردين كثيرة . فهذه السمكة هي مصدر للمواد الغذائية. وإذا تعتقد أن نظامك الغذائي العادي مليء بالمعادن ، فأنت مخطئ. لأن النظام الغذائي الأمثل ينبغي أن يوفر بالمغذيات الأساسية التي يحتاجها الجسم. ويحتوي التونة على المعادن والحديد والكالسيوم والفوسفور فيها. وكذلك البوتاسيوم الذي يساعد على درء ضغط الدم كما انها تحتوي على فيتامين د ، مما يساعد على تقوية العظام.

قد يهمك : اندونيسيا واليابان يرأسان اجتماع منظمة التعاون الاقتصادي والتنمية

يمنع خطر الإصابة بأمراض القلب

السردين من أفضل مصادر لفيتامين B12 ، وهي مادة غذائية مفيدة في نظام القلب والأوعية الدموية. وتساعد التونة في الوقاية على أمراض القلب وجلطات الدم ، وغني بأحماض أوميجا 3 الدهنية التي تتحكم في الأزمات القلبية.

الوقاية من خطر الاصابة بسرطان القولون

تساعد السردين في الوقاية من العديد من الأمراض. هل تعلم أن هذه السمكة تساعد حقاً في تقليل خطر السرطان؟ نعم ، فيتامين د  والكالسيوم في هذه الأسماك  يمنع على سرطان القولون .

غني بالبروتين

السردين هي الأسماك الغنية بالبروتين. كما تحتوي هذه السمكة على أحماض أمينية ، والتي تشكل أساسًا للعديد من أنشطة الجسم. مثل للحفاظ على نظام مناعي القوي ، وتعمل على تسهيل عملية التنفس الأكسجين في الجسم.

قد يهمك : التحديات جاكارتا نحو تحقيق السياحة الحلال

التقليل على مخاطر المرض

المرض تنكسي المرتبط بالعمرالذي يصيب عادة الأشخاص فوق سن الخمسين. مما يجعل الشخص ينسى كثيرا عن ذكريات الماضي ، أو يمكن أن يسمى الشيخوخة. وقد أثبتت الدراسات أن الذين يتناولون التونة يمكن أن تتجنبوا من هذا المرض.

قد يهمك : رئيس شرطة جايابورا يأمر رجال الأمن بإطلاق النار على الغاصبين

لذلك اجعل السردين  قائمتك في كل وجبة. يمكن طبخها  على شكل الشربة أو مقلية. وإذا كنت على نظامك الغذائي ، فتأكد من استخدام بعض الزيت أثناء طبخها .

المترجم : هان هان علوم الدين | المصدر : اكسبريسيكو بلوغ

المحرر : تلال الشايقي

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sarden adalah salah satu jenis ikan yang paling populer dan banyak tersedia di laut. Sarden juga kini diolah menjadi makanan siap saji. Serden tersedia di pasar dengan harga yang cukup murah, bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Sarden merupakan salah satu varietas ikan yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Ikan ini juga merupakan sumber mineral, vitamin dan kalsium, dan terlalu sayang jika lewatkan di dalam menu makanan Anda.

Namun, sarden juga sering disebut sebagai ikan yang terkontaminasi, karena memiliki kandungan merkuri yang lebih tinggi. Tetapi kenyataannya, ikan ini memiliki kandungan yang lebih rendah terhadap merkuri.

Dikutip dari Boldsky, ada lima alasan mengapa Anda tidak boleh ketinggalan sarden dalam menu makan Anda.

Gudang mineral

Manfaat makan sarden banyak. Ikan ini merupakan gudang nutrisi. Jika Anda berpikir diet biasa Anda dipenuhi dengan mineral, Anda salah. Diet yang baik harus memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan ikan sarden berisi mineral, zat besi, kalsium dan fosfor di dalamnya. Kalium, yang membantu menangkal tekanan darah, juga ada di sarden. Ikan ini juga mengandung vitamin D, yang membantu membuat tulang lebih kuat.

Mencegah risiko penyakit jantung

Sarden adalah salah satu sumber terbaik di dunia untuk Vitamin B12, nutrisi yang membantu di dalam kardiovaskular. Sarden membantu mencegah penyakit jantung dan pembekuan darah, dan kaya akan asam lemak omega 3 yang mengontrol serangan jantung.

Mengontrol risiko kanker kolorektal

Sarden membantu dalam mengendalikan banyak penyakit. Apakah Anda tahu bahwa, ikan ini benar-benar membantu dalam mengurangi risiko kanker? Ya, asupan Vitamin D dan kalsium di dalam ikan ini membantu dalam mencegah kanker kolorektal.

Kaya Protein

Sarden adalah ikan yang kaya akan protein. Ikan ini juga mengandung asam amino, yang berfungsi sebagai dasar untuk banyak kegiatan tubuh. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat, sarden memudahkan dalam mengalirkan oksigen dalam tubuh.

Membantu mengurangi risiko penyakit

Penyakit degenaratif terkait umur, biasanya menyerang orang-orang di atas umur 50 tahun. Kondisi ini membuat seseorang kehilangan ingatan masa lalu, atau bisa disebut pikun. Studi telah membuktikan bahwa, mereka yang makan sarden bisa terhindar dari penyakit ini.

Jadi sajikan beberapa sarden di dalam piring Anda di setiap makan. Sarden bisa dimasak dalam bumbu kuah atau dapat digoreng. Jika Anda sedang diet, pastikan Anda menggunakan sedikit minyak saat memasak sarden.

Penerjemah : Han han ulumuddin | Sumber : Ekspresiku.com

Editor : Talal Syaiqi

 

تعليقات
Loading...