ما يجب على السياح زيارته في رحلتهم ببوكيت تينجي

Ikon Wajib yang Harus Dikunjungi Saat Liburan di Bukittinggi

0 847

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قضاء إجازة أسبوعية في بوكيت تينجي , سومطرا الغربية لن تكون كاملة إلا بزيارة إحدى الأنصبة التذكارية التي تسمى ب ” ساعة جادانج ” و هي نصب تزيد السرور لزوار سومطرا الغربية برؤيتها .

ساعة جادانج تكون وجهة سياحية، ينبغي للسياح أن يزوروها أثناء سياحتهم في سومطرا الغربية . تقع في مدينة بوكيت تينجي , يستغرق السفر ساعتين بالسيارة من مدينة بدانج .

بنيت ساعة جادانج سنة 1826 في زمن الاحتلال الهولاندي. فقد كانت الساعة هدية أهدتها أميرة هولاندا لسكرتير بوكيت تينجي, روك ماكير. وتبقى إلى الآن تكون رمزا خاصا ومزية سياحية لأهل مدينة بوكيت تينجي .

زوار كثيرون يأتونها طول الأوقات, منهم من يأتي من بعيد فقط من أجل التصوير التذكاري.

ما يجب على السياح زيارته في رحلتهم ببوكيت تينجي 2 - اندونيسيا اليوم
الصورة: ديتيك

وقد قيل إن ساعة جادانج تشبه ” بيغ بان ” في بريطانيا , ومن ميزة هاتين الساعتين أنهما بنيتا من قبل رجل واحد , وهو ” فورتمان ريلينقهاوسان من ألمانيا .

ساعة جادانج مرتفعة عن الأرض بطول 26 مترا مصنوعة قمتها على شكل سقف بيت جادانج . ومما تتميز به ساعة جادانج , وضع رقم أربعة فيها لسيت بشكل ”  IV ” و إنما وضع على شكل “IIII “, تحكي حكاية أثرية في أربعة رجال ماتو في مصيبة الموت أثناء بناء المنارة .

ساعة جادانج التي يكثر فيها الناس يأخذون صورا تذكارية , خاصة في أواخر الأسبوع , لم  يبعد عنها أيضا المزاح لتسلية الزائرين ويمكنهم التصوير معهم .

ولكن إذا أراد أحد أن يأخذ الصورة مع هؤلاء المزاحين فمن الأحسن أن يتصدق عليهم بقليل من المال , أقله 5000 ألف روبية . و الأغلب منهم من طلاب المدارس .

و حول ساعة جادانج توجد مقاعد مجهزة وحديقة يستريح فيهما الزائرون بعد تجولهم حول ساعة جادانج .

المترجم :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bukittinggi – Liburan ke Bukittinggi, Sumatera Barat saat akhir pekan, baru afdal bila datang ke Jam Gadang. Salah satu ikon Minangkabau ini tetap menawan dan tidak bikin bosan.

Jam Gadang merupakan ikon wajib yang mesti traveler kunjungi bila liburan ke Sumatera Barat. Ikon ini berada di Kota Bukittinggi. Bila ditempuh dari Kota Padang, akan menempuh perjalanan kira-kira 2 jam menggunakan mobil.

Jam Gadang dibangun pada tahun 1826 pada masa penjajahan Belanda. Ikon ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda untuk sekretaris Kota Bukittinggi pada saat itu, Rook Maker. Sampai sekarang Jam Gadang menjadi primadona yang tidak bisa dilewatkan di Bukittinggi.

Beberapa waktu lalu detikTravel berkunjung ke landmark yang terkenal di Bukittinggi ini. Jam Gadang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto-foto. Jam Gadang sering disebut juga Kembaran Big Ban yang berada di Inggris. Satu hal lagi yang harus kamu tahu, kedua menara jam yaitu Jam Gadang dan Big Ben dibuat oleh orang yang sama, yaitu Vortmann Relinghausen dari Jerman.

Jam Gadang memiliki tinggi 26 meter dengan puncak jam berbentuk atap Rumah Gadang. Keunikan lain yang dimiliki Jam Gadang adalah angka 4 pada jam. Angka empat pada Jam Gadang tidak berbentuk ‘IV’ melainkan berbentuk ‘IIII’. Konon ceritanya, pemilihan angka empat seperti itu untuk mengenang empat orang pekerja yang meninggal karena kecelakaan kerja.

Jam Gadang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama di akhir pekan. Tidak lupa mereka berfoto di landmark cantik ini. Juga ada beberapa badut dengan karakter kartun lucu yang nantinya bisa traveler ajak berfoto.

Eits, tapi pandai-pandai nawar harga berfoto dengan badutnya ya. Namun jangan terlalu menawar dengan harga murah, biasanya bila ingin mengajak badut berfoto, traveler bisa memberi tips mulai dari Rp 5.000.

Di sekitar Jam Gadang juga ada bangku dan taman yang bisa traveler manfaatkan untuk beristirahat. Jika telah puas berfoto-foto di Jam Gadang, traveler bisa wisata kuliner dan juga wisata belanja di kawasan sekitar Jam Gadang.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik.com

 

تعليقات
Loading...