نور جنة في منطقة كونونجكيدول

Cahaya Surga dari Gunung Kidul

0 647

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – كهف جومبلانج الذي يقع في منطقة كونونجكيدول مشهور بمزيته “نور جنة” كما يقول سكان المنطقة, لكن الوصول إليه يحتاج إلى جهود كبيرة .

قد يهمك: الرئيس العام لبنك آسيا المركزي: الروبية تستمر في الضعف

إذا أردت  رحلة بتحدي في يوغيا, فكهف جومبلانج يمكن أن يكون خيارا لك. و الهدف الأساسي في السفر إلى هذا الكهف هو مشاهد ضوء الشمس الذي يدخل الكهف عبر كهف كروفوك .

أما الوصول إلى هذا المكان, فللمسافر أن يضحي بوقته خلال ساعتن من السفر من مدينة يوكياكارتا .

و بعد الوصول, يشتري الراحل التذكرة واحدة بسعر 450.000 روبية ثم يستريح لحظة في استراحة مجهزة .

قد يهمك: أغنى رجل في العالم: يمتلك ثروة تجاوزت الـ 100 مليار دولار أمريكي

وعند تسجيل الدخول , لكل شخص سوف يحصل على رقم السفر, والرحلة إلى الكهف تبدأ من الساعة العاشرة صباحا .

لم يقتصر جهد مسؤولي سياحة الكهف على ذلك بل يجهزون قهوة وشاي للمسافرين أثناء انتظار السفر .

قال أحد الزائرين إن بعضا من زائري الكهف جاء من خارج بلاد إندونيسيا , و أن عدد زائري الكهف محدد ولا يتجاوز 80 شخصا. ولذا قبل زيارة الكهف من الأحسن أن يتأكد المسافر من مسؤول الكهف .

قد يهمك: لا تبتئس : بقلم كياهي الحاج أحمد سهل, مؤسس معهد دار السلام كونتور الحديث

والمسافة  بين الاستراحة  والكهف تستغرق 5 دقائق بالمشي على الأقدام .

عند بوابة الكهف ينتظر المسافرون في الطابور لتدعى أرقامهم واحدا بعد واحد , ثم يستخدمون جهازا معينا للنزول إلى كهف جومبلانج  الذي طوله 60 مترا .

قد يشعر بعضهم بالخوف قبل النزول, لكن أثناء النزول ليس كما يظنون . يكون في كل نزلة شخصان ليقلل الزحام . على حال يكون النزول بآلة خاصة و ممكنة .

توجد أشجار خضر تستقبل المسافرين عند أسفل الكهف , ثم بعد ذلك يمشي المسافرون في 300 متر داخل الكهف إلى أن يجدوا أصوات هدير ماء النهر . ومن هنا يمكن للمسافرن و السياح أن يتمتعوا بجمال الكهف و مشاهدة ضوء الشمس ما يسمى عند مقيمي منطقة كونونجكيدول ب”نور جنة” .

قد يهمك: شيوع جبهات المقاومة وتعدد منصات النضال

المترجم :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Goa Jomblang di Gunungkidul terkenal dengan fenomena ‘cahaya surga’ yang keren banget. Namun di balik itu, butuh perjuangan untuk bisa ke sini.

Jika mau merasakan perjalanan yang agak berbeda dan membutuhkan sedikit adrenalin di Yogyakarta, Gua Jomblang bisa jadi pilihan.

Yang menjadi tujuan utama tentu untuk melihat sinar matahari yang masuk melalui Gua Grubug.

Untuk mencapai Gua Jomblang yang terletak di daerah Gunung Kidul sendiri dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta.

Sesampainya di sana, kita membeli tiket seharga Rp 450 ribu dan menunggu di pendopo yang cukup besar dan adem.

Saat mendaftar, kita akan diberi nomor urut. Perjalanan menuju gua baru akan dimulai pukul 10 pagi. Sambil menunggu, disiapkan juga teh atau kopi yang bisa kita minum.

Saat saya berkunjung, sebagian peserta adalah warga negara asing. Oya, maksimal orang yang bisa turun ke gua dalam sehari dibatasi hanya hingga kurang lebih 80 orang. Jadi sebaiknya kalau akan berkunjung kesini lebih baik konfirmasi dulu kepada penyelenggara.

Tepat jam 10 kami diarahkan menuju bibir Gua Jomblang. Jaraknya dekat, tidak sampai 5 menit berjalan dari pendopo.

Di sini, kita mengantri menunggu nomor kita dipanggil. Setelah dipanggil, kita akan dipasangkan peralatan untuk turun ke bawah gua jomblang setinggi 60 meter.

Deg-degan? Iya banget saat-saat menjelang turun, tapi ketika turun ternyata tidak separah yang dibayangkan. Kalau badan kita tidak terlalu berat, perjalanan ke bawah dilakukan berdua agar tidak lama. Dan yang penting, untuk turun ke dasar gua, kita dilengkapi peralatan keselamatan yang memadai.

Dari dasar Gua Jomblang, kita akan disambut oleh pepohonan hijau. Dari sini, kita harus berjalan kaki sejauh 300 meter ke dalam gua hingga akhirnya terdengar suara gemuruh air di sungai yang masih merupakan aliran Kali Suci.

Inilah Gua Grubug, tempat kita bisa menikmati kerennya ‘The ray of Light’.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik.com 

 

 

تعليقات
Loading...