وزيرة الخارجية ريتنو مارسودي تناقش مع نظيرها البلجيكي قضايا زيت النخيل والقضايا الخشبية

Menlu Indonesia bahas masalah kelapa sawit dengan Menlu Belgia

0 761

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أجرت وزيرة الخارجية الإندونيسية ريتنو مارسودي محادثات مع نظيرها البلجيكي ديدييه رايندرز ونائب رئيس المفوضية الأوروبية للعلاقات الخارجية والسياسة الأمنية فيديريكا موغيريني لمناقشة مختلف القضايا أمس الثلاثاء، وفق أنتارا نيوز.

 

وقالت مارسودي للصحفيين بعد أن التقت نائب الرئيس يوسف كالا في اجتماع مع ملك وملكة بلجيكا “لقد اجريت محادثات مع موغيريني لبحث قضايا مختلفة تتراوح بين زيت النخيل والخشب“.

 

تقوم مارسودي بزيارة لبلجيكا لحضور افتتاح مهرجان يوروباليا في إندونيسيا، حيث إندونيسيا بلد شريك. وقال انس مايلانى السكرتير الأول للمعلومات والإعلام الإجتماعي والثقافي للسفارة الإندونيسية في بروكسل يوم الأربعاء أن المهرجان سيستمر حتى يناير عام 2018.

وفى اجتماع مع ريندرز، بحث وزيرا الخارجية مختلف القضايا، بما فيها العلاقات الاقتصادية بين البلدين.

 

وقالت مارسودي إن إندونيسيا وبلجيكا تتمتعان بامكانات تعزيز العلاقات وخاصة في مجالات التجارة والاستثمار.

 

وأضافت أن التجارة بين البلدين، التي ارتفعت بنسبة 16.66 في المئة في النصف الأول من عام 2017، ينبغي الحفاظ عليها وزيادة أبعد من ذلك.

وفي الوقت نفسه أشاد ريندرز بالدبلوماسية النشطة في إندونيسيا وخاصة في تسوية الأزمة الإنسانية في ميانمار غرب ولاية راخين.

وقال ريندرز إن بلجيكا وافقت على ضرورة تنفيذ توصيات حول المساعدات الإنسانية للروهينجا، شأنها في ذلك شأن اي دولة أخرى من دول الإتحاد الأوروبي.

 

كما اتفق وزيرا الخارجية على تعزيز العلاقات الاقتصادية وخاصة فى مجالات التجارة والاستثمار.

وفى اجتماع مع موغيريني أكدت وزيرة الخارجية الإندونيسية أن الاجتماع يهدف إلى تبادل وجهات النظر حول القضايا الاستراتيجية في المنطقتين وخاصة التطورات الأخيرة في كوريا الشمالية والاستفتاء في كاتالونيا.

وقالت مارسودي إن إندونيسيا تتفق مع الاتحاد الأوروبي بأن الاستفتاء قضية داخلية، ويجب على جميع الأطراف المعنية الالتزام بقواعد القانون.

وقالت الوزيرة إنها أقامت اتصالات جيدة مع موغيريني؛ ومن ثم، تلقت إندونيسيا إشارة جيدة، لا سيما فيما يتعلق بآراء الإتحاد الأوروبي وموقفه، عندما تتخذ موقفا بشأن مختلف التطورات في العالم. (معراج)

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi dalam kunjungan kerja ke Belgia mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders dan Wakil Presiden Komisi Eropa untuk Hubungan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Federica Mogherini yang membahas berbagai masalah bilateral kedua negara, Selasa. Seperti dikutip Antara

“Tadi saya melakukan pembicaraan dengan Mogherini mulai dari masalah kelapa sawit sampai dengan kayu,” ujar Menlu Retno Marsudi kepada wartawan usai mendampingi Wapres bertemu dengan Raja dan Ratu Belgia.

Kehadiran Menlu di Belgia adalah dalam rangka pembukaan festival Indonesia Europalia dimana Indonesia menjadi parnert country. demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Brusel, Ance Maylany kepada Antara London, Rabu.

Menlu Retno mengatakan dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders dibahas berbagai isu termasuk masalah bilateral dan ekonomi antara kedua negara

Dikatakannya Indonesia dan Belgia memiliki potensi yang dapat dikembangkan khususnya di bidang perdagangan dan investasi.

Ia menambahkan, peningkatan perdagangan kedua negara di semester pertama tahun 2017 sebesar 16,86 persen patut dijaga dan ditingkatkan.

Secara khusus Menlu Reynders mengapresiasi diplomasi aktif Indonesia dalam upaya penyelesaian isu kemanusiaan di Rakhine State.

Marsudi mengatakan Belgia sebagaimana juga Uni Eropa sepakat pentingnya untuk menjalankan rekomendasi dan prioritas pada humanitarian assistance.

Kedua Menlu juga sepakat peningkatan kerjasama di bidang ekonomi, khususnya perdagangan dan investasi.

Pada pertemuannya dengan Mogherini, Menlu menekankan bahwa hal tersebut dilakukan dalam kerangka tukar pandangan terhadap isu strategis yang sedang berkembang di kedua kawasan khususnya perkembangan isu Korea Utara dan juga referendum di Catalunya. Menlu menyampaikan posisinya sama dengan EU, hal ini adalah masalah domestik dan harus taat pada rule of law.

Menlu juga menekankan bahwa pertemuannya dengan Mogherini dilakukan dalam kerangka tukar pandangan terhadap isu strategis yang sedang berkembang di kedua kawasan. Selain itu, Menlu memiliki komunikasi yang baik selama ini dengan Mogherini sehingga berbagai kebijakan yang berkembang di belahan dunia lain, Indonesia dapat memperoleh rujukan yang baik, khususnya terkait pandangan dan posisi Uni Eropa.

Editor: Antara/Ruslan Burhani

 

تعليقات
Loading...