أجمل مكان لرؤية الحيتان

Di sini Tempat Terbaik Melihat Paus

0 740

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – إذا اقترح عليك أحد لزيارة أجمل مكان لرؤية الحيتان الموجود في حديقة وطنية خليج تشيندراواسيه، بابوا . أفترغب ؟

الحديقة الوطنية في خليج تشيندراواسيه  التي تقع في بابوا تعرض السياحة البحرية لرؤية الحيتان . أكبر الأسماك حجما وتسمى في اللغة اللاتينية “رهينسودو تيفوس” توجد كثير منها في مياه كواتيسوري .

الصورة: ديتيك

للوصول إلى كواتيسوري فإن السفر يبدأ من جاكارتا وليس أمر سهلا . فللمسافر أن يبدأ السفر الجوي من جاكارتا إلى مدينة نابيري , ثم يركب الزورق من شاطئ بحر ماف نابيري أو من شاطئ بحر واغي و تمتد المسافة 60 كيلومتر من مدينة نابيري .

بعد أن يصل المسافرون إلى كواتي سوري يمكنهم أخذ الراحة في أحد المنتجعات  التي تسمى ب “منتجعات كالي ليمون”

افتتحت منتجعات كالي ليمومنذ شهر نوفمبر سنة  2011  برعاية برام مروانايا ويتعامل مع بعض من المجتمع لتطوير تلك المنتجعات .

سمي هذا المنتجع ب ” كالي ليمون” وذلك لوجود نهر صغير قبل افتتاح هذا المنتجع ياخذ منها الفلاحون ماء لسقي بستان البرتقال , و كلمة “كالي” في العربية بمعنى نهر و أما “ليمون” بمعنى برتقال .

تملك كالي ليمو بويتين و بيتا . وتحدد كالي ليمو عدد الزائرين من 20-30 شهريا فحسب لمحدودية سعة الغرف.

يهدف أغلب الزائرين من زيارة هذا المكان إلى رؤية الحيتان . ولذا تفتح كالي ليمو فرصة للزائرين في السباحة مع سمك القرش و يكون مرافقهم من المتخصصين في ذلك المجال وحائزين على مسندات ” دايف ماستر ”

تبقى جمال هذا المنتجع طوال اليوم . مع ماء البحر الصافي و الشعاب المرجانية التي تزين و تزيد جمالة كالي ليمو , واستقبال كالي ليمو ناحية غربية

يمكن للزائرين مشاهدة منظر غياب الشمس .

ففي الليل يفتح مشرف المنتجع المصابيح الموجودة في رصيف الميناء , فتثير ضوء المصابيح مجيء الأسماك و الحبار و كذلك سمك بيلانك .

و بجانب المنتجع تماما يوجد مقاصف يبيع فيها المواطن أنواع من الصناعة اليدوية للذكريات .

المترجم :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ada tawaran wisata melihat Paus di Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Papua. Tertarik?

Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua menawarkan wisata bahari bertemu dengan Hiu Paus. Ikan berukuran raksasa dengan nama latin Rhincodo typus ini dapat dengan mudah ditemui di perairan Kwatisore.

Untuk mencapai Kwatisore dari Jakarta bukanlah perkara mudah. Anda harus memulai perjalanan dari Jakarta dengan Pesawat menuju Nabire. Dari Nabire dilanjutkan dengan naik speed boat dari Pantai Maf Nabire atau bisa juga melalui Pantai Wagi yang berjarak 60 Kilometer dari pusat kota Nabire.

Tiba di Kwatisore sebaiknya anda istirahat terlebih dahulu setelah menempuh perjalanan panjang. di Kwatisore terdapat sebuah resort yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk beristirahat yaitu Kali Lemon Resort.

Kali Lemon Resort dikelola oleh Bram Maruanaya bersama beberapa warga Kwatisore yang telah dilatih olehnya untuk mengembangkan pariwisata bahari. Resort ini mulai beroperasi sejak November 2011.

Dulunya di sini (kalilemon resort) ada kali kecil tempat nelayan mengambil air dimana banyak tumbuh pohon jeruk suanggi, itulah kenapa resort ini kami beri nama Kalilemo kata Bapak Bram yang murah senyum ini.

Kali Lemon memiliki 2 cottage dan satu rumah panggung berukuran besar. Dalam satu bulan resort ini hanya membatasi kunjungan wisatawan sebanyak 20 – 30 orang, mengingat kapasitas kamar untuk menginap saat ini masih terbatas.

Wisatawan yang menginap di Kali Lemon resort selalu memiliki tujuan yang sama yaitu melihat hiu paus.

Oleh karena itu Kali Lemon juga menawarkan jasa berenang bersama hiu paus ditemani pemandu yang telah menyandang predikat dive master.

Resort ini terlihat begitu cantik sepanjang harinya. Di pagi hari kita bisa melihat jernihnya air laut beserta karang karang yang berada di sekitarnya. Karena menghadap ke barat, di sore hari kita bisa menyaksikan panorama matahari terbenam atau memandang ke arah resort kita juga bisa melihat burung burung yang kembali ke sarangnya.

Di malam hari, pengelola resort menyalakan mesin genset sebagai sumber listrik. Lampu- lampu pun menyala begitu juga yang ada di dermaga. Efek lampu ini menarik perhatian biota laut seperti cumi-cumi, ikan belanak dan jika beruntung kita bisa melihat ikan duyung atau dugong.

Di samping resor terdapat sebuah galeri khusus yang diperuntukan bagi warga untuk menjual hasil kerajinannya. Salah satu kerajinan tangan yang khas adalah miniatus hiu paus yang terbuat dari kayu. Anda bisa membelinya sebagai oleh -oleh telah mengunjungi Kwatisore.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik.com

 

 

تعليقات
Loading...