سوسيلو وبرابوو يناقشان خمس قضايا وطنية

SBY-Prabowo Bahas 5 Isu Nasional

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  ناقش الاجتماع الذي عقد بين سوسيلو بامبانج يودويونو، رئيس الحزب الديمقراطي وبرابوو سوبيانتو، رئيس حزب غيريندرا، خمس قضايا وطنية. ليست فقط عن القضايا الاقتصادية، بل ان سوسيلو وبامبانغ ملتزمان أيضا بالحفاظ عالى أيديولوجية الدولة.

“ناقشنا بجدية تطور القضايا الوطنية لمدة الاربع سنوات المقبلة، والمشاكل الرئيسة التي يواجهها ويعاني منها شعب إندونيسيا. أبرزها خمس قضايا وطنية سيتم مناقشتها، واحدة تلو الآخرى”، قال سوسيلو في مقر إقامته في ميجا كونينجان، جاكرتا، الثلاثاء (24/7/ 2018).

وفيما يتعلق بالاقتصاد، تطرق سوسيلو إلى التنمية الاقتصادية ورفاهية الشعب،ومسألة العمالة،والتوازن في التنمية البشرية والبنية التحتية، والسياسة الضريبية. وقال سوسيلو أن الاثنين يرتكزان على القوة الشرائية لدى الفقراء.

“وما يتعلق بالاقتصاد ورفاهية الشعب مسألة الدخل والقدرة الشرائية لدى الفقراء، 40 % من الفئة الدنيا الذي يبلغ عددهم 100 مليون شخص، لذلك نركز على هذا الأمر لأن المشكلة توجد فيه”، أوضح.

والثانية، تطرقا إلى إنفاذ القانون والقضاء على الفساد خلال فترة رئاسة جوكووي، ويأملان أن لا يتم استخدام القانون أداة سياسية.

“نأمل أن يكون إنفاذ القانون والقضاء على الفساد غير انتقائي، وخالي من المحاباة، ولا يصبح القانون أداة سياسية” ، قال سوسيلو.

تطرق سوسيلو أيضا إلى السياسة والديمقراطية خلال السنوات الأربع الماضية. شدد سوسيلو وبرابوو على مكافحة هوكس أي الأخبار الكاذبة.

“ثالثا، السياسة والديمقراطية.نرجو تطبيق الدستور واقامة قانون إدارة الدولة الرشيد في حياتنا، فضلا عن أهمية الضوابط والتوازنات بين الدول، بما في ذلك استقلال السلطات التشريعية والقضائية، والتنفيذية وحرية الصحافة وحياد الانتخابات. ونحن نؤيد أيضا مكافحة الأخبار الكاذبة”، قال سوسيلو.

ليس ذلك فحسب، وافق سوسيلو وبرابوو واتفقا على الحفاظ على الوحدة والوئام بين المجتمع. وهما ملتزمان بالحفاظ على التنوع والتسامح، وأكدا على رفض الاسلاموفوبيا.

“رابعا، نتطرق إلى أهمية الحفاظ على الوحدة والوئام الاجتماعي وننبذ التطرف. وحدة الأمة أمر مهم بالنسبة لنا لضمان الاستقرار وكذلك التنوع والتسامح. ونحن نتفق على أن لا ندع التطرف والتشدد في بلادنا، أيا كان دليله. فنحن في الحزب الديمقراطي وحزب غيريندرا نرفض الاسلاموفوبيا”، قال.

وأخيرا، وافق سوسيلو وبرابوو على الحفاظ على أيديولوجية الدولة البانشاسيلا ودستور 1945. واتفقا على رفض إقامة دولة دينية.

“إننا نتفق على إرشاد وتفعيل البانشاسيلا والدستور العام، لا شك في ذلك. ونحن نرفض ونمنع المحلات لنشر الأفكار والأيديولوجيات التي تهدد البانشاسيلا ودستور عام 1945، والتفكير لإقامة دولة دي2نية، بدلا من البانشاسيلا ودستورنا”، قال سوسيلو.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pertemuan antara Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto juga membahas lima isu nasional. Bukan hanya isu ekonomi, SBY dan Prabowo juga berkomitmen mempertahankan ideologi negara.

“Kami membahas dengan serius perkembangan isu nasional empat tahun, utamanya permasalahan yang dihadapi dan dialami rakyat Indonesia. Disoroti lima isu nasional, akan dibahas one by one, satu demi satu,” kata SBY di kediamannya Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Soal isu ekonomi, SBY menyinggung soal perkembangan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, di antaranya isu lapangan kerja, keseimbangan pembangunan manusia dengan infrastruktur, hingga kebijakan pajak. SBY mengatakan keduanya akan berfokus pada kekuatan daya beli orang tidak mampu.

“Menyangkut ekonomi dan kesejahteraan rakyat adalah penghasilan dan daya beli golongan orang mampu, 40 persen kalangan bawah yang jumlahnya sekitar 100 juta orang itu jadi sorotan kami karena ada persoalan di situ,” terangnya.

Kedua, menyinggung soal penegakan hukum dan pemberantasan korupsi selama pemerintahan Jokowi. Mereka berharap penegakan hukum tak dijadikan alat politik.

“Kita harapkan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi tidak tebang pilih, dan bebas intervensi, dan hukum tidak menjadi alat politik,” ujar SBY.

SBY juga menyinggung soal politik dan demokrasi selama 4 tahun terakhir ini. SBY menekankan pihaknya dengan Prabowo sepakat untuk menangkal hoax alias berita bohong.

“Ketiga, politik dan demokrasi. Kita sungguh berharap implementasi konstitusi dan UU Ketatanegaraan yang benar dalam kehidupan kita, juga pentingnya checks and balances antarnegara, termasuk independensi antarnegara legislatif, yudikatif, dan eksekutif, termasuk kebebasan pers, netralitas pemilu. Kami juga mendukung penertiban hoax,” urai SBY.

Tak hanya itu, SBY dan Prabowo sepakat untuk menjaga persatuan dan kerukunan di masyarakat. Mereka berkomitmen untuk menjaga kebinekaan dan toleransi, dan menegaskan menolak islamofobia.

“Keempat, kami menyoroti pentingnya menjaga persatuan, kerukunan sosial, dan sikap antiradikalisme. Persatuan bangsa penting untuk kita jamin dan jaga secara bersama. Juga kebinekaan dan toleransi. Kami sependapat kita tidak boleh membiarkan ekstremisme, kekerasan, terjadi di negara ini dengan dalih apa pun. Namun kami Demokrat dan Gerindra menolak islamofobia,” ucapnya.

Terakhir, SBY dan Prabowo sepakat menjaga ideologi negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Mereka sepakat menolak berdirinya negara agama.

“Kami sepakat mempedomani dan menjalankan Pancasila dan UUD 1945. Jangan diragukan itu. Juga menolak dan mencegah upaya menghadirkan paham dan ideologi lain yang mengancam Pancasila dan UUD 1945, juga pikiran untuk berdirinya negara agama, karena bertentangan dengan Pancasila dan konstitusi kita,” tutur SBY.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal alSahiqi | Sumber:  Detik

الانتخابات الرئاسية 2019برابووبرابوو سوبيانتوسوسيلو
تعليق (0)
اضافة التعليق