احذر ست عادات يومية تضر بالصحة

Enam Kebiasaan Sehari-Hari ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – معظم الناس يحاولون تطبيق أسلوب الحياة الصحي بممارسة الرياضة والمحافظة على تناول الطعام الصحي واتباع القواعد الصحية. غير أنهم ربما يقعون في أمور خاطئة بل تضر بالصحة،تعالوا بنا نستعرضها معا:

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sebagian besar dari kita selalu mencoba menerapkan pola hidup yang sehat. Rutin berolahraga, mengontrol asupan makanan, atau mengikuti aturan-aturan kesehatan pada umumnya. Namun, tanpa disadari banyak dari kebiasaan dan perilaku yang kita lakukan sehari-hari mampu menimbulkan potensi yang cukup berbahaya bagi diri kita. Apa saja kebiasaan itu?

تناول الفيتامينات يوميا | Konsumsi vitamin setiap hari

قد يحتاج بعض الناس إلى تناول الفيتامينات للحفاظ على التحمل وزيادة الاحتياجات الغذائية. وقد أثبتت  البحوث بأن تناول الفيتامينات بصفة يومية لا يحمي الجسم من الأمراض المزمنة وكونه مفرطا في الامر.

بحسب ثلاثة من الابحاث في سنة ٢٠١٣ م لم يثبت بأن تناول الفيتامينات يحمي أو يأجّل مخاطر تطور الأمراض المزمنة مثل السرطان أو أمراض القلب.

في سنة ٢٠١٧ م نشرت إدارة الأغذية والأدوية في أمريكا وجود مخاطر محتملة الأخرى في تناول  الفيتامينات وحذرت المستهلكين من خطورة الجرعات العالية من البيوتين وهو فيتامين ب المركب (B kompleks).

فمحتوى البيوتين العالي في الدم قادر على الحد من نتائج الاختبارات المعملية مثل اختبار قياس مستويات الهرمون واختبار االنوبات القلبية ونتيجة الاختبار الخاطئة إلى الموت.

Kebanyakan orang memerlukan multi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan menambah kebutuhan nutrisi. Namun, sejumlah riset telah menunjukkan bahwa suplemen yang dikonsumsi secara rutin kemungkinan tidak akan melindungi tubuh dari penyakit kronis dan hanya membuang-buang uang.
Tiga penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 tidak menemukan bukti bahwa mengkonsumsi suplemen sehari-hari mencegah atau memperlambat risiko pengembangan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.
Pada tahun 2017, Administrasi Makanan dan Obat-obatan di A.S. menggarisbawahi potensi bahaya lain untuk mengonsumsi suplemen. Mereka mengeluarkan peringatan kepada konsumen tentang risiko dosis tinggi biotin, yaitu vitamin B kompleks.
Kandungan biotin yang tinggi dalam darah mampu mengurangi hasil beberapa tes laboratorium, seperti tes yang mengukur kadar hormon dan tes yang mendeteksi serangan jantung. Hasil tes yang salah tersebut bisa mengakibatkan hal fatal bahkan sampai kematian. Baca: Film Coco buat Gitar Tradisional Meksiko Naik Daun

الجلوس طوال اليوم | Duduk sepanjang hari

قد تتطلب منك بعض الأعمال الجلوس لساعات طويلة اكتشف بأن هذا يضرّ الصحة ويسبب قائمة من الامراض من السكري حتى امراض القلب.

اثبت الاكتشاف في سنة ٢٠١٥ م خطورة أخرى بأن المرأة التي تجلس أكثر من ست ساعات في اليوم تتعرض لإمكانية اصابتها بسرطان الثدي وسرطان المبيض والورم النخاعي المتعدد (من سرطان الدم) من المرأة التي تجلس أقل من ثلاث ساعات في اليوم.

لا يظهر ذلك الحال في الرجل إلا بمن أصيب بالبدانة لأن المصيب بالبدانة يقضي أكثر أوقاته بالجلوس ولديه خطيرة عالية بإمكان السرطان فيه.

الرياضة من أحسن طريقة للتغلب على الآثار السلبية من طول الجلوس. فاقض وقتا قصيرا لتحريك الجسم للتبعيد عن بعض مخاطر سيئة من طول الجلوس


Pekerjaan yang menuntut Anda untuk duduk di kursi selama berjam-jam terbukti berbahaya bagi kesehatan, terkait dengan diabetes dan penyakit jantung, menurut penelitian.

Sebuah penelitian di tahun 2015 mengidentifikasi risiko lain. Wanita yang duduk lebih dari 6 jam dalam sehari memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara, kanker ovarium dan multiple myeloma (bentuk kanker darah), dibandingkan dengan wanita yang duduk kurang dari 3 jam dalam satu hari.

Hasil tersebut tidak terlihat pada pria, kecuali mereka yang memiliki masalah obesitas. Pria dengan masalah obesitas yang menghabiskan lebih banyak waktu pada posisi duduk juga memiliki risiko kanker yang tinggi.

Olahraga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi efek negatif yang ditimbulkan akibat terlalu lama berada dalam posisi duduk. Luangkan waktu sejenak untuk menggerakkan badan agar menghilangkan beberapa risiko kesehatan dari duduk pada jangka waktu yang lama.

استعمال الجوال | Menggunakan ponsel pintar

استعمال الجوال

الجوال صار من متطلبات العصر رغم مخاطره الصحية أيضا.

ففي سنة ٢٠١٦ م بأن الكبار يقضون أكثر أوقاتهم باستعمال الجوال قبل النوم فيحتاجون إلى الأوقات للنوم ووحصولهم علي القدر الكافي من النوم ليس جيد أيضا. لتعرضهم الدائم للضوءأسء الأزرق التعرض لشاشة الجوال يقمع إنتاج هرمون الميلاتونين في الدماغ فيصعب النوم.

والجوال يؤثرعلي دماغ الشباب بطريقة أخرى وهي إنتاج كثير من حمض غاما – أمينوبوتيريك العصبي ( gamma-aminobutyric neurotransmitter _GABA)، وهي طرف في الدماغ الذي يسيطر العواطف ويسبب الادمان في الشباب لعدم موازنة الكيمياء في الدماغ.


Smartphone sudah menjadi suatu kebutuhan bagi siapapun saat ini. Namun, semakin banyak orang yang menggunakannya, semakin banyak kekhawatiran kesehatan yang muncul.

Sebuah studi di tahun 2016 mengungkapkan bahwa orang dewasa menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan smartphone mereka sebelum tidur, sehingga mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan kualitas tidur yang didapatkan juga tidak baik.

Salah satu alasannya adalah karena paparan sinar biru pada layar ponsel bisa menekan produksi hormon melatonin otak, sehingga sulit untuk mengantuk.

كثرة استخدام وسائل التواصل الاجتماعي | Terlalu lama bermain media sosial

أوجدت وسائل الإعلام الاجتماعية التواصل بين الناس لكن المبالغة في استعمالها يؤدي إلى أثر سيئ.

ذكر دراسة ان الكبارالذين يقضون أكثر من ساعتين في اليوم في وسائل التواصل الاجتماعي المشهورة مثل الفيسبوك والانستقرأو وتويتر يعانون العزلة ااجتماعية.

والعزلة الاجتماعية هي شعور الرجل بأنه ليس من المجتمع والغياب التام أو شبه التام للتواصل مع المجتمع.

ولم يذكر في الاكتشاف سبب قضاء الرجل أكثر أوقاته بوسائل الإعلام الاجتماعية أهذا بشعوره بأن قد عزل من المجتمع أم ينشأ تلك المشاعر بعد زيادة استخدامها؟

بعض التفاسير الممكنة منها أن وسائل الإعلام الاجتماعية يحدّ من التفاعل وإظهار الصور الوهمية للآخرين بأنه يعيش بأحسن عشية منهم.

Meskipun media sosial dirancang untuk menghubungkan antara satu orang dengan banyak orang, namun penggunaannya yang berlebihan mampu memberi efek yang buruk bagi diri penggunanya.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang dewasa yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam sehari di situs media sosial populer, seperti Facebook, Instagram dan Twitter, akan merasa terisolasi secara sosial.

Yang dimaksud isolasi sosial adalah Anda akan merasa bukan bagian dari lingkup masyarakat dan tidak memiliki keterampilan untuk bersosialisasi dengan orang lain membentuk suatu hubungan.

Masih belum ada penelitian pasti mengenai alasan orang terlalu lama menggunakan media sosial adalah karena mereka sudah merasa terisolasi atau apakah mereka merasa lebih terisolasi setelah penggunaan media sosialnya meningkat.

Beberapa kemungkinan penjelasan untuk hal tersebut adalah bahwa media sosial dapat membatasi interaksi tatap muka, dan menampilkan citra palsu pada orang lain, menunjukkan bahwa orang lain seusia mereka menjalani kehidupan yang lebih bahagia daripada mereka.

 

ارتداء نحيل الجينز | Memakai Skinny Jeans

تصوّر المقالة في مجلة الأعصاب، جراحة المخ والأعصاب والطب النفسي المرأة المصيبة بإتلاف الأعصاب عند مساعدة صديقتها وهي ترتدي نحيل الجينز.

تربض طوال اليوم وهذا سبب ضغط الطرف فيما تحت الركبة واشتدّ ذلك الضغط فتعالج في المستشفى لأيام.

يسمّيه الأطباء  ب”متلازمة المقصورة” وهو تقليل إمدادات الدم لعضلات الساق بسبب نحيل الجينز وقد يسبب تورم في العضلات ويضغط الأعصاب قربه.

لذا حذرت الدراسة من ارتداء  الجينز الضيق إن كثرالجلوس فإن لم تجد فلا تمكث لوقت طويل.

Sebuah artikel di Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry menggambarkan kasus seorang wanita yang mengalami kerusakan saraf karena membantu temannya bergerak saat mengenakan skinny jeans.

Dia berjongkok sepanjang hari, dan ini menyebabkan kompresi area di bawah lutut yang memiliki banyak saraf. Kompresi tersebut cukup parah sehingga menyebabkan mati rasa di kaki bawahnya yang menyebabkan harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari.

Dokter mengatakan bahwa kondisi ini disebut “compartment syndrome” Itu adalah saat suplai darah ke otot kaki berkurang karena penggunaan celana ketat. Hal ini pada saatnya akan menyebabkan pembengkakan otot dan kompresi saraf di dekatnya.

Maka, hindari penggunaan celana yang terlalu ketat apabila aktivitas Anda akan banyak berjongkok atau duduk. Jika Anda tidak punya pilihan, pastikan Anda tidak membungkuk untuk waktu yang lama.

عضة الأظافر | Menggigit kuku anda

بعض الناس يفعلون هذا عندما يكونوا متوترين وهل تعلم ما أثره علي الصحة؟

يختلف عدد الجرثوم وجنسه من الأخف إلى أقزه ويوجد فيه السالمونيلا والإشريكية القولونية ومسببات الأمراض الأخرى.

وغسل الكفين باستمرار قد يكون حلا امثلا،فإنك ان لم تغسل أظافرك فستتعفّن الجراثيم فيها. فما الذي سيحدث إن عضضت أظافرك؟ ستصاب بأمراض الجهاز الهضمي أو غيره من الأمراض.

Bagi sebagian orang mungkin akan melakukan hal ini bila sedang merasa gugup. Tapi tahukah Anda menggigit kuku mampu memicu risiko kesehatan Anda?

Jumlah dan jenis bakteri yang hidup di bawah kuku Anda berkisar dari yang ringan sampai yang cukup menjijikkan. Studi telah menemukan salmonella, E. coli, dan patogen berbahaya lainnya.

Bahkan jika Anda mencuci tangan secara teratur, tidak menjamin Anda telah membersihkan secara keseluruhan hingga kuku Anda, sehingga bakteri membusuk di sana. Apa yang bisa terjadi jika Anda terus menggigit kuku? Anda bisa berakhir dengan masalah gastrointestinal parah atau penyakit tidak menyenangkan lainnya.

 المترجم : صلة رحمة الله محبوب | المحرر : طلال الشيقي | المصدر: livescience.com ,healthyway.com

لايف ستايل
تعليق (0)
اضافة التعليق