السباحة مع قنديل البحر في 3 بحيرات إندونيسية

Berenang dengan Ubur-ubur di 3 Danau Indonesia

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – إذا كنت من الذين يحبون السياحة المائية، فعليك أن تسافر إلى كاليمانتان، وسولاويسي وبابوا. والسبب في ذلك أن تلك الجزر تتمتع بسحر السياحة غير العادية والفريدة من نوعها. ليس فقط من حيث الجمال، يمكن لك أيضا أن تسبح مع الحيوان المائية ولكن ليس السمك، بل مع قنديل البحر!
ولكن لا قلق عليك، لأن قناديل البحر لا تلدغ. بل ستسبح وأنت في أمان دون أي خوف.

وفيما يلي سنوضح هذه الأماكن:

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kamu yang gemar wisata air, silakan datang ke Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Pasalnya, ketiga pulau tersebut menawarkan sensasi wisata yang tak biasa. Tak hanya pemandangan alamnya saja yang indah, di sini kamu juga bisa merasakan berenang dengan makhluk air. Bukan ikan, tetapi ubur-ubur!

Namun jangan khawatir, ubur-ubur yang ada di sini tidak menyengat. Kamu bisa berenang dengan aman tanpa perlu was-was. Di mana saja?

جزيرة كاكابان، كاليمانتان الشرقية | Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

عملية السباحة مع قنديل البحر يمكن أن تجربها في جزيرة كاكابان, وللوصول إليها سوف تستغرق الرحلة حوالي ساعة واحدة من جزر ديراوان. ومساحة هذه البحيرة حوالي 774 هكتار، لذلك فلا عجب إذا كانت البحيرة تعد أكبر بحيرة المياه المالحة في العالم.

وفي البداية، كان هناك 10 قنديل البحر فقط في البحيرة ولكن تدريجيا تزداد حتى وصلت إلى الملايين. هنا ستجد ألوان متنوعة من قنديل البحر ذات اللون الشفاف والحجم الواسع وقناديل البحر ذات اللون البني.

إقرأ أيضا: كاليمنتان الغربية أرض موهمبة بالأماكن الأمثل لمحبي الطبعية والمغامرة

Berenang bersama ubur-ubur bisa kamu lakukan di Pulau Kakaban yang bisa ditempuh dari Kepulauan Derawan dengan perjalanan sekitar satu jam. Luas danau ini sekitar 774 hektar, maka tak heran danau ini menjadi danau air payau terbesar di dunia.
Pada mulanya, danau ini hanya diisi 10 ubur-ubur lambat laun jumlahnya kian menambah hingga jutaan. Di sini kamu akan menemui ubur-ubur dengan warna transparan dengan ukuran yang lebar dan ubur-ubur yag berwarna oranye kecoklatan.

توغان، سولاويسي الوسطى | Togean, Sulawesi Tengah

المكان الثاني الذي يمكنك أن تزوره للسباحة مع قنديل البحر هو توجان ويقع توجان في بحيرة ماريونا، كاتوبات، توجو أونا-أونا. وما عليك إلا أن تركب متن العبارة من غورونتالو إلى توجيان لمدة 12 ساعة.

وكثير من الناس لا يعرفون هذا المكان. فلا عجب لذلك، لأن الموقع صعب الوصول إليه , فهي بحاجة إلى طاقة أكثر, وستجد قنديل البحر هناك مع ألوانه المتعددة ، كاللون البرتقالي, والأبيض الحليبي، والأرجواني والأصفر المحمر.

إقرأ أيضا: سولاويسي … أرض الملوك السماويين 

Tempat kedua yang bisa kamu kunjungi untuk berenang bersama ubur-ubur yaitu di Togean. Lokasinya ada di Danau Mariona, Katupat, Kabupaten Tojo Una-Una. Dari Gorontalo, kamu harus naik kapal ferry untuk menuju ke Togean selama 12 jam.
Masih banyak orang yang tidak tahu dengan tempat ini. Tak heran, untuk menuju kesini butuh tenaga ekstra, karena lokasinya yang sulit dijangkau. Di sini kamu bisa menemukan ubur-ubur dengan warna oranye, putih susu, ungu serta kuning kemerah-merahan.

ميسول، بابوا الغربية | Misool, Papua Barat

راجا أمبات، من الأمكنة المليئة بقناديل البحر. ولكن للوصول إليه تحتاج إلى رحلات الطويلة, ستجد القنديل البحر في بحيرة لينماكانا. المياه هنا نظيفة جدا، ولكن عليك الانتباه لأن البحيرة عميقة إلى حد ما.

وقبل عملية السباحة مع قناديل البحر الرائعة جدا، وفق وكالة الأنباء الجارديان ذكر أن هناك بعض القواعد التي يجب تنفيذها، منها يمنع أن الساقين الزعنفتين. لماذا؟ لأن هذا قنديل البحر يعد من الفئات البحرية النادرة فهي حساسة جدا لقبول اللمس.

وبالإضافة إلى ذلك، لا تستخدم مستحضرالتجميل السائل للوقاية من أشعة الشمس, لأنه من المحتمل قابليته للذوبان ويختلط مع الماء حتى يخشى أن تلوث المياه ويفسد قناديل البحر.

والقاعدة الأخرى هي لايجوز أن تقفز إلى البحيرة مباشرة عليك أن تستخدم السلم الموجودة. والسبب في ذلك, أنه يخشى أن تقع إلى قنديل البحر. وليس ذلك فحسب، بل إذا كنت تريد أن تمسك قنديل البحر، فلا ترفعه كثيرا حتى سطح الماء لأنه يخشى عليه الموت.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : كومباران

Di Raja Ampat, ada lokasi yang dipenuhi dengan ubur-ubur. Tetapi untuk mencapai ke sini, kamu harus trekking terlebih dahulu. Ubur-ubur bisa kamu temukan di Danau Lenmakana. Air di sini sangat bersih, namun kamu harus berhati-hati karena danau ini cukup dalam.
Sebelum berenang dengan ubur-ubur yang menggemaskan, ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi. Dilansir Guardian, kamu dilarang memakai kaki katak atau fin. Mengapa? Karena ubur-ubur yang termasuk kategori langka ini sangat rentan dengan sentuhan.
Selain itu, kamu juga tidak disarankan memakan sunblock. Tabir surya tersebut bisa larut dalam air dan dikhawatirkan airnya mencemari ubur-ubur.
Aturan lainnya adalah kamu tak boleh meloncat ke danau dan harus menggunakan anak tangga yang sudah tersedia. Jika kamu meloncat, dikhawatirkan akan terkena ubur-ubur. Tak hanya itu saja, jika ingin memegang ubur-ubur, jangan diangkat terlalu tinggi hingga ke permukaan air karena ditakutkan ubur-ubur akan mati.
Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: Kumparan.com
السياحة
تعليق (0)
اضافة التعليق