5 هدايا يجب أن تشتريها في بالي

Lima Oleh-oleh Wajib Beli dari Bali

بالي اندونيسيا، اندونيسيا اليوم – الإجازة في بالي لا تكتمل دون أن تحمل الهدايا التذكارية للعائلة أو الأقارب في المنزل.

هذا، ولا تقتصر بالي بجمال طبيعتها فقط  بل لديها عدد من الأشياء الجذابة بما في ذلك سياحة الطهي والهدايا التذكارية التي يمكن أن تشتريها.

وفيما يلي الهدايا التذكارية التي يستحسن أن تشتريها من بالي تم جمعها لكم من موقع كومباسترافيل الإخباري.

Bali, Indonesiaalyoum.com – Berlibur di Bali rasanya tak lengkap jika Anda tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah atau pun kerabat.
Tidak hanya keeksotisan alam, tetapi Bali juga memiliki kuliner hingga suvenir yang bisa Anda beli menjadi oleh-oleh.
Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh Bali yang dihimpun KompasTravel.

فطيرة الحليب | Pie Susu

فطيرة الحليب بالي

ومن الهدايا التذكارية المفضلة لدى السياح: فطيرة الحليب. فهذه الكعكة التي لها طعم الحلو مع العجين الجاف قليلا .

ومن العلامات التجارية الشهيرة من فطيرة الحليب: “فايي سوسو إناك”. أسست هذه الفطيرة منذ عام 1989. ويصعب على السياح أحيانا الحصول على هذه الفطيرة لكثرة من يشتريها.

لذلك نوصي بأن تحجز مقدما عن طريق الهاتف على الرقم: (0361) 263138. وبعد الحجز ، تستطيع أن تذهب مباشرة إلى العنوان في شارع نانغكا سيلاتان رقم 163، دنباسار.

وهناك فروع أخرى تقع في شارع  وحيدين رقم 35، دنباسار، وشارع ديوي سري الثامن بلوك  B-8 في كوتا بلازا

Salah satu oleh-oleh yang banyak menjadi incaran wisatawan adalah pie susu. Kue yang memiliki rasa manis dengan adonan yang agak kering ini pun menjadi favorit wisatawan.
Salah satu merek pie susu yang terkenal adalah “Pie Susu Asli Enaaak”. Pie ini sudah ada sejak 1989. Untuk bisa mendapatkan pie susu ini, memang agak sedikit sulit, sebab seringkali wisatawan kehabisan stok
Maka dari itu sebaiknya Anda memesan terlebih dahulu melalui telepon (0361) 263138. Setelah memesan, Anda pun bisa langsung mendatangi ke alamat Jalan Nangka Selatan Nomor 163, Denpasar.
Lalu ada cabang lainnya yang berada di Jalan Wahidin Nomor 35, Denpasar, dan Jalan Dewi Sri VIII Blok B-8 di pertokoan Kuta Plaza

فطيرة بيا ليغونغ | Pia Legong

فطيرة بيا ليغونغ بالي

بالإضافة إلى فطيرة الحليب، يمكن أن تشتري أيضا  بيا ليغونغ . وبيا ليغونغ هي الوجبة الخفيفة الخاصة من بالي وقيل إن عملية صناعتها تتم دون مساعدة المكينة .

وهناك ثلاثة أنواع من فطيرة بيا لياغونغ، وهي الجبن، والشوكولاته، والفاصوليا الخضراء. ولمن يريد شراء هذه الهدية يمكن أن يأتي مباشرة إلى متجر بيا ليغونغ في شارع  بواسطة ممر نغورا راي، روكو كوتا ميغاه 15، كوتا، بالي.

السعر يبدأ من 90.000 روبية  للعلبة واحدة مع محتوياتها 8 قطعة. ومثل فطيرة الحليب، من المستحسن أن تحجزها مقدما على الرقم (0361) 789 8777.

Selain pie susu, pia legong pun rasanya perlu Anda coba. Pia legong merupakan makanan ringan khas Bali yang konon semua prosesnya dibuat tanpa bantuan mesin.
Ada tiga varian rasa untuk pia legong, yakni keju, cokelat, dan kacang hijau. Bagi Ingin membeli oleh-oleh ini? Anda bisa langsung datang ke toko Pia Legong di Jalan By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15, Kuta, Bali.
Harganya sendiri mulai dari Rp 90.000 untuk satu dus dengan isi 8 buah. Sama halnya seperti pie susu, sebaiknya Anda memesan terlebih dahulu ke nomor (0361) 789 8777 sebelum datang ke sana.

القهوة | Kopi

القهوة الكينتيماني بالي

وعلى محبي القهوة أن يتذوقوا القهوة البالية الأصلية. وهي من أفضل نوعية حبوب البن في اندونيسيا بل في العالم  تسمى قهوة كينتاماني.

فقهوة كينتاماني لديها طعم فريد مع قليل من رائحة الحمضيات. وتظهر هذه الرائحة لأن شجرة القهوة تنبت بنظام الاختلاط أي أنها  تنمو أحيانا مع نباتات أخرى مثل البرتقال والكاكاو وغيرها.

وبالإضافة إلى ذلك، يمكن أن تزور مزرعة البن في بالي، ثم تشتري القهوة البالية الأصيلة وواحد منهم القهوة التي تؤخذ من النمس. وبعض المزارع  البن تقع في مناطق كينتاماني و بوليلنغ و بادونغ الشمالية.

Untuk para pecinta kopi, pastikan Anda mencoba kopi asli Bali. Salah satu produk biji kopi yang berkualitas di Indonesia atau bahkan di dunia yakni kopi kintamani.
Kopi kintamani dianggap memiliki rasa unik dengan sedikit aroma jeruk. Aroma tersebut muncul karena pohon kopi tersebut sistemnya tumpang sari. Terkadang pohon kopi tumbuh bersama tanaman lain seperti jeruk, kakao, dan lainnya.
Selain itu, Anda juga bisa mampir ke kebun kopi yang ada di Bali, lalu membeli kopi asli Bali salah satunya berasal dari luwak. Beberapa kebun kopi terdapat di daerah Kintamani, Buleleng, dan Badung Utara.

السلع التذكارية | Suvenir

في بالي، يمكن أن تجد أيضا السلع التذكارية مثل ملابس بارونغ التي تستطيع أن تشتريها  من الأسواق التقليدية مثل سوق سوكاواتي أو سوق غوانغ. وسعرها  يبدأ من 10.000 روبية.

وكذلك لوحة الرسم التي صنعها فنانو بالي. ويمكن أن تشتريها كهدايا تذكارية بأسعار تبدأ 50.000. روبية ومن لوحة الرسم البالية التي  يستحسن شراءها هي لوحة الرسم على أوراق لونتار.

وهناك خيار آخر مثل كيبايا الخاص ببالي الذي. يمكن أن تجده في مركز المنسوجات، وكيبايا بالي في شارع سولاويسي، دنباسار،  وسعر كيبايا بالي الديباج العادي يبدأ من روبية 50.000 للقطعة الواحدة.

Saat ke Bali, Anda bisa mencari barang atau suvenir untuk buah tangan. Seperti halnya baju barong yang tak lekang oleh waktu. Baju barong bisa Anda dapatkan di pasar tradisional seperti Pasar Sukawati atau Pasar Guwang. Harganya sendiri mulai dari Rp 10.000.
Kemudian juga lukisan yang dibuat oleh seniman Bali. Lukisan juga bisa Anda beli untuk oleh-oleh dengan harga mulai Rp 50.000. Salah satu lukisan khas Bali yang perlu Anda beli adalah lukisan daun lontar.
Lalu juga bisa jadi pilihan lainnya adalah kebaya khas Bali. Anda bisa menemukannya di Jalan Sulawesi, Denpasar, yang merupakan sentra tekstil dan kebaya di Bali. Harga kebaya Bali brokat polos mulai Rp 50.000 per potong.

سالاق | Salak

بالإضافة إلى برتقال بالي، الفاكهة التي يمكن أن تجدها بسهولة هي سالاق. هناك نوعان من سالاق بالي، وهما سلاق السكري وسلاق العادي.

سالاق السكري مناسب لمن يحبون الحلو، والسعر للكيلوغرام الواحد حوالي 90.000 روبية.

بينما سالاق الهادية مناسب لمن  يحبون الطعم الحلو المختلط بالحامض. وسعرها عادة أرخص من سلاق السكري.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر |المصدر : كومباس

Selain jeruk bali, buah yang mudah Anda temukan adalah salak. Ada dua jenis salak dari Bali, yaitu salak gula dan salak biasa
Salak gula cocok untuk para pecinta manis, sebab rasanya manis juga legit. Harga per kilogram sekitar Rp 90.000.
Sementara salak biasa cocok untuk mereka yang suka rasa manis bercampur dengan rasa asam. Harganya salah biasa lebih murah dibandingkan dengan salak gula.
Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: Kompas.com
بالي
تعليق (0)
اضافة التعليق