إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

أربعة توجيهات للتمتع بمسبح الطبيعة في جاوا الوسطى

Empat Tips Berwisata ke Soko Langit, “Infinity Pool”-nya Wonogiri

0 204

- Advertisement -

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أصبحت مسابح الأسطح أو المسابح المتواجدة على أسطح المبنى مفضلة لدى الكثيرين. حيث نستطيع أن نرى جمال الطبيعة و التمتع بالسباحة في الوقت ذاته.

عادة ما نجد هذا النوع من المسابح فوق أسطح الفنادق العالية بالمدن. ولكن يبدو أنه هناك مكان في بوونوغيري به مسبح من هذا النوع، مع أن موقعه بعيد عن المدينة.

هذا المسبح متواجد في نغالارانغان (Nglarangan)، قرية كونتو (Conto)، منطقة بولوكيرتو (Bulukerto)، وونوجيري (Wonogiri)، جاوى الوسطى. تبعد سوكولانغيت (Soko Langit) حوالي 46 كيلومتر عن مدينة وونوجيري (Wonogiri) أي تحتاج حوالي ساعة و نصف حتى تصل للمكان.

إذا رغبت في الذهاب لمسبح السطح بسوكو لانغيت (Soko Langit)، عليك اتباع هذه التوجيهات الأربع التالية:

  1. حدد الموقع في خرائط جوجل عند محطة البنزين سلوغوهيمو (Slogohimo)

حاليا التكنولوجيا تنتج تطبيقات غاية في التطور في إرشاد الطرق. ولكن عند الذهاب إلى سوكو لانغيت (Soko Langit) من الأفضل أن تحددها في تطبق الإرشاد مثل خريطة جوجل عند محطة البنزين سلوغوهيمو (Slogohimo).

وخاصة للزوار الآتين من مدينة سوراكارتا أو وونوجيري. إذا تم التحديد مباشرة في خريطة جوجل من المدينة هناك احتمال أن يتم إرشادك إلى طرق غير مريحة حتى ولو أنه أسرع طريق.

في حين أن الطريق المريح المؤدي إلى سوكو لانغيت (Soko Langit) هو عبر التوجه إلى الطريق الأساسي وونوجيري-بونوروجو حتى محطة البنزين سلوغوهيمو. ومن هنا تبدأ بتحديد الموقع والتطبيق سيرشدك للطريق المريح للوصول إلى المكان.

  1. تأتي في الصباح في أيام العمل

يعد تواجد مسبح السطح بمحافظة وونوجيري وجهة من الوجهات السياحية التي تجذب العديد من الزوار إليه وذلك لشعورهم بالفضول حول المسبح المتواجد على السطح في سوكو لانغيت (Soko Langit)، خاصة بعد نشر صوره على نطاق واسع على وسائل التواصل الاجتماعي.


جمال مسبح السطح بسوكو لانغيت (Soko Langit) مع خلفية جبال لاوو الجنوبية.

وهذا مابجذب العديد من الناس لزيارته وخاصة في أيام العطلة، والتصوير يعتبر من النشاطات التي يصعب القيام بها، والسباحة أيضًا ستكون صعبة لازدحام المسبح بالزوار.

و على العكس إذا أتيت في الصباح في يوم عمل، المسبح يكون هادئ نوعًا ما، ويمكن القيام بالتصوير بحرية وحتى السباحة تكون ممتعة وحرة لعدم وجود أي ازدحام وكأن المسبح ملك خاص لك وحدك.

  1. أخذ ملابس واكاميرا

زيارتك لمسبح السطح بسوكو لانغيت (Soko Langit) تكون بلا معنى إذا لم تجرب السباحة فيه. التمتع بالسباحة وبمنظر الطبيعة الخلابة لجبال لاوو الجنوبية فعلا لا مثيل له.


مناظر طبيعية لجبال لاوو الجنوبية من إحدى شرفات سوكو لانغيت (Soko Langit)، بولوكيرتو (Bulukerto)، وونوغيري (Wonogiri)،

لذلك لا تنسى أن تجلب معك مستلزمات السباحة، وملابس إضافية. في سوكو لانغيت (Soko Langit) هيئ مكان للاستحمام والغيار لذا لا داعي للقلق بشأن مكان تغيير الملابس.

بالإضافة إلى ذلك من المؤسف إذا لم يتم تخليد الجمال المتواجد بسوكو لانغيت (Soko Langit) بالتصوير، وخاصة إذا جئت في وقت يكون السياح فيه قليلين. ليكون التصوير واجب لأخذ مشهد المسبح الخاص بك مع خلفية الطبيعة التي لا مثيل لها.

  1. الحفاظ على النظافة

حتى وإن كان سوكو لانغيت (Soko Langit) موقع سياحي ليس طبيعي مع مرافق شاملة، فالنظافة يجب الحفاظ عليها. فعند تناول الوجبات والشراب من الأفضل رمي العبوة في المكان الذي تم إعداده للمهملات.

ونظافة المسبح أيضًا يجب الحفاظ عليها، وأبسط شيء هو عدم التبول في المسبح. فهناك حمامات لائقة لاستخدامها عند الحاجة إليها.

التبول بالمسبح يعتبر عمل مشين. بالإضافة إلى تلويث المسبح ، فإن هذا الشيء يضر الآخرين.

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: مؤمن


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kolam renang rooftop atau yang berada di atap sebuah bangunan atau gedung memang menjadi primadona. Dari sana, keindahan panorama bisa dinikmati sambil berenang.

Biasanya kolam renang rooftop semacam ini ada di atap hotel-hotel yang menjulang tinggi di perkotaan. Namun, ternyata ada satu tempat di Wonogiri yang memiliki kolam renang seperti ini, meski jauh dari perkotaan.

Kolam renang ini berada di Dusun Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah. Jaraknya menuju Soko Langit dari Kota Wonogiri adalah sekitar 46 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Jika ingin mengunjungi kola renang rooftop di Soko Langit, simak 4 tips berikut ini:

  1. Aktifkan Google Maps dari Pom Bensin Slogohimo

Saat ini kemajuan teknologi membuat aplikasi penunjuk arah menjadi semakin canggih. Namun jika akan berkunjung ke Soko Langit, akan lebih baik jika mengaktifkan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps mulai dari Pom Bensin Slogohimo.

Hal itu khususnya bagi pengunjung yang menempuh perjalanan dari Kota Surakarta atau Wonogiri. Jika langsung mengaktifkan Google Maps, ada kemungkinan malah akan diarahkan melewati rute yang tidak enak, meski lebih cepat.

Sementara rute paling enak untuk mencapai Soko Langit adalah terlebih dahulu melaju di jalan utama Wonogiri-Ponorogo sampai Pom Bensin Slogohimo. Barulah dari sini, aplikasi penunjuk jalan akan menunjukkan rute yang nyaman untuk dilalui sampai tujuan.

  1. Datang Pagi Hari di Hari Kerja

Keberadaan kolam renang rooftop di Kabupaten Wonogiri memang menjadi daya tarik wisata. Banyak orang yang penasaran dengan kolam renang rooftop di Soko Langit, terlebih setelah fotonya banyak tersebar di media sosial.

Tentu hal itu membuat banyak orang yang berkunjung ke Soko Langit, terutama pada hari libur. Saat sedang ramai, maka berfoto menjadi aktivitas yang cukup sulit untuk dilakukan. Selain itu, kolam juga ramai seandainya ingin berenang.

Sebaliknya jika berkunjung di waktu pagi pada hari kerja saat cukup sepi, maka aktivitas berfoto bisa dilakukan dengan leluasa. Bahkan, berkunjung di sini saat sepi seolah kolam renang rooftop ini menjadi milik pribadi.

  1. Bawa Baju Ganti dan Kamera

Berkunjung ke kolam renang rooftop di Soko Langit akan sangat disayangkan jika tidak menjajal untuk berenang di sana. Berenang sembari menikmati panorama pegunungan Lawu Selatan benar-benar tidak ada duanya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan untuk berenang, termasuk baju ganti. Fasilitas untuk mandi dan ganti baju juga sudah lengkap tersedia di Soko Langit sehingga tidak perlu khawatir mengenai tempat berganti baju.

 Selain itu, keindahan yang tersaji di Soko Langit juga sayang kalau tidak sampai diabadikan. Terlebih saat pengunjung cukup sepi, aktivitas berfoto seolah menjadi hal wajib untuk memunculkan kesan private pool dengan panorama yang tiada duanya.

  1. Tetap Menjaga Kebersihan

Meski Soko Langit merupakan wisata buatan dengan fasilitas yang cukup lengkap, kebersihan harus tetap dijaga oleh setiap pengunjung. Contohnya saat makan atau minum, hendaknya kemasan dibuang di tempat sampah yang disediakan.

Kebersihan kolam renang juga harus tetap dijaga. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah tidak buang air kecil saat berenang. Telah tersedia toilet yang bisa digunakan untuk buang air dengan kondisi yang cukup baik.

Tentu buang air kecil di kolam renang merupakan perbuatan tidak terpuji. Selain mengotori kolam, tindakan itu juga merugikan orang lain.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Editor: Momen

(35)

تعليقات
Loading...
Click Me