أفضل وزراء العالم إندونيسي

Menteri Asal Indonesia Dinobatkan Sebagai Menteri Terbaik Sedunia

0 809

جاكارتا, إندونسيا اليوم – تم عقد مؤتمر القمة العالمي لعام 2018 في دبي، الإمارات العربية المتحدة. و شارك في هذه القمة عدد من الأطراف المختلفة من مسؤولي سياسة الدول والتنمية المجتمعية، و ذلك في الفترة من 11 إلى 13 فبراير . وناقشوا أفضل الممارسات السياسية لمستقبل العالم، وتعيين أفضل وزير في العالم، وفي هذه المرة تم اختيار وزير اندونيسي.

وكما جاء في تقرير موقع جولف نيوس كوم (11/2)، أن في هذا الاجتماع العالمي للحكومات قد اختار وزيرة المالية الإندونيسية، سري مولياني إندراواتي كأفضل وزير في العالم. وقد سلمت الجائزة من قبل رئيس وزراء دولة الإمارات العربية المتحدة الشيخ محمد بن راشد آل مكتوم.

جائزة أفضل وزير في العالم هي الجائزة الدولية التي تمنح لوزير من دول العالم الذين حضروا في قمة الحكومة العالمية. وفي كل عام سيتم تعيين واحد منهم كأفضل الوزراء. وقد بدأت الجائزة منذ عام 2016. وقد قام بالتقييم لهذه الجائزة وكالة مستقلة من لندن هي ارنست ويونغ.

قد يهمك : ترانسجاكرتا سوف تحضر 101 وحدات الحافلات الجديدة في يونيو 2018

وذكر في الصفحة الرسمية لمجلس وزراء جمهورية إندونيسيا أن الوزيرة  سري مولياني أعربت في خطابها عن تقديرها لتكون أول وزيرة من آسيا التي تحصل على هذه الجائزة المرموقة , كما أنها أوضحت أن الجائزة  تعد اعتراف بالعمل الجماعي للحكومة الإندونسية تحت قيادة الرئيس جوكو ويدودو، خاصة في مجال الإصلاح الاقتصادي في إندونيسيا.

كما أوضحت الوزيرة المولودة في بندر لامبونج  أن هذه الجائزة هي إلى 257 مليون إندونيسي و 78164 عامل  بوزارة المالية الذين عملوا بجد لإدارة الشؤون المالية للدولة بنزاهة والتزام كبير لتحقيق رفاهية الشعب العادلة والمساوة.

قد يهمك : مجلس الشعب يوافق على تعديل قانون الجمعية الاستشارية الشعبية

وأشارت الوزيرة سري مولياني أيضا أن عدد من إصلاحات السياسات قد أجريت في وزارة المالية. وتهدف الإصلاحات إلى تنمية شاملة ومستدامة  في مجال السياسات المالية، بالاضافة إلى ذلك فإن إصلاح البيروقراطية التي أجريتها أيضا وزارة المالية قد أثمرت فوائد عدة .

وجدير بالذكر أن مؤتمر القمة العالمي هو الاجتماع السنوي الذي يعقد في دبي، الإمارات العربية المتحدة. وشارك في هذا التجمع العالمي العديد من قادة الحكومات من جميع أنحاء العالم لحضور منتدى الحوار. ويتناول المنتدى عمليات وممارسات الحكومة والسياسة العامة الموجهة نحو التكنولوجيا والابتكار وقضايا مستقبل العالم.

قد يهمك : سيدات اليابان يهزم الصين في النهائيات

ولكثرة الدول المشاركة في هذا المنتدى مما يجعله وسيلة لتبادل الخبرات والمعرفة بين المسؤولين الحكوميين وصانعي السياسات والخبراء والمحللين وقادة القطاع الخاص لرؤية التطورات الحكومة في المستقبل. وحضر في هذا الاجتماع أكثر من 4000 مشارك و 90 متحدثا من 150 بلدا.

المترجم : هان هان علوم الدين | المصدر : وزارة الخارجية

المحرر : مؤمن مجدي

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sebuah pertemuan pemerintahan dunia (World Government Summit 2018) kemarin diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Dalam pertemuan tersebut berbagai pihak yang terlibat dalam kebijakan negara dan pengembangan masyarakat hadir sejak 11-13 Februari. Mereka mendiskusikan praktek-praktek kebijakan yang terbaik untuk masa depan dunia, dan termasuk menobatkan seorang menteri terbaik dunia. Kali ini, menteri terbaik tersebut berasal dari Indonesia.

Sebagaimana dilansir Gulfnews.com (11/2) pertemuan pemerintahan dunia tersebut menobatkan Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award). Penghargaan ini diberikan oleh Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Penghargaan menteri terbaik dunia ini merupakan penghargaan internasional yang diberikan kepada satu orang menteri dari negara-negara dunia yang hadir dalam World Government Summit. Setiap tahunnya terpilih satu orang menteri terbaik dan penghargaan ini diberikan sejak tahun 2016. Penentuan pemenang dalam penghargaan ini dilakukan oleh lembaga independen asal London, Inggris, Ernst & Young.

Pada laman resmi Sekertariat Kabinet Republik Indonesia dijelaskan bahwa dalam sambutannya, Menteri Sri Mulyan imenyampaikan apresiasinya menjadi penerima pertama penghargaan tersebut dari sosok orang Asia. Ia juga menjelaskan bahwa penghargaan itu jua menjadi pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo khususnya dalam bidang reformasi ekonomi di Indonesia.

Menteri kelahiran Bandar Lampung itu juga mempersembahkan penghargaan tersebut untuk 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan berintegritas serta memiliki komitmen yang tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merada dan adil.

Menteri Sri Mulyani juga menerangkan bahwa berbagai reformasi kebijakan terlah dilakukan di Kementerian Keuangan. Reformasi tersebut ditujukan untuk mendorong kebijakan fiskal sehingga terjadi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan (sustainable). Selain itu reformasi birokrasi yang juga dilakukan di Kementerian Keuangan dinilai telah banyak membuahkan hasil.

World Government Summit sendiri merupakan pertemuan tahunan yang diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Pertemuan tingkat dunia ini melibatkan banyak pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia untuk hadir dalam forum dialog. Forum tersebut membahas tentang proses dan praktek pemerintahan serta kebijakan publik yang berorientasi pada teknologi, inovasi dan isu-isu masa depan dunia.

Banyaknya negara yang terlibat dalam forum ini membuat pertemuan menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antar pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, analis dan pimpinan sektor swasta untuk melihat perkembangan pemerintahan di masa depan. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 4.000 peserta dan 90 pembicara dari 150 negara.

Penerjemah : Han han Ulumuddin | Sumber : GNF

Editor : Mukmin Majdi

 

تعليقات
Loading...