إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

أمينة تنجح في تجارة توابل الطبخ المكاساري

Aminah Sukses Berbisnis Bumbu Masakan Makassar

0 408

 

مكاسار، إندونيسيا اليوم – تناول الطعام الجيد ليس في المطعم فحسب. كثير من الناس الذين يرغبون في تناول الطعام بشكل جيد مع نتائج المطبخ الخاص به.

الفرص التجارية في مجال التوابل الغذائية كانت مفتوحة على مصراعيها. لاسيما، أنه ليس كل شخص يريد خلط التوابل من المطبخ الإندونيسي الذي يعتبر صعبا للغاية، منها مأكولات ماكاسار التي يرغب فيها كثير من الناس.

مؤسسة وصاحبة السيرة الذاتية المينانا أمينة آن صرحت أنها تنجح في كسب الدخل ما يصل إلى عشرات الملايين الروبية شهريا من أعمال مطبخية ماكاسار. وقالت أمينة آن في ماكاسار يوم الأحد (1/4) “يبلغ معدل دوراننا الحالي حوالي 75 مليون روبية في الشهر، ويزداد مرتين إلى ثلاث مرات قبل عيد الفطر”.

تنتج أمينة بنجاح وتسوق مجموعة متنوعة من طهي أطعمة ماكاسار النموذجي مثل كونرو وتشوتو وبالوباسا وسوب ساودارا وتوبالابادا إلى سامبال تومس. وقالت :”في الشهر ننتج 500 كيلوجرام من التوابل”.

يجري عمل المواد الخام المستخدمة بطريقة تجعل التوابل المتوفرة في شكل مسحوق وسائل مدة صلاحية تصل إلى سنة واحدة دون مواد حافظة. وقالت: “نحن نطبخ التوابل حتى يجف محتوى الماء تمامًا، ونستخدم أيضًا النيتروجين لتجفيف التوابل، لذلك لا نحتاج إلى مواد حافظة”.

الأعمال التي بدأتها منذ عام 2011 قامت بتسويق منتجاتها إلى جاوى. وبالنسبة للأسواق المحلية في سولاويزي الجنوبية يمكن الحصول على هذه التوابل من الحانوت ومحلات السوبر ماركت، مثل جيليل وجاينت.

“منتجاتنا هي عملية جدا، لأن المستهلكين يحتاجون فقط إلى إعداد اللحوم، يتم غلي اللحوم ثم يتم وضع التوابل. يمكن أن تكون حزمة واحدة من التوابل لمدة 10 حصص.” كما أوضحت.

أمينة التي كانت في الأصل متخصصة في التغذية في إحدى المستشفيات في ماكاسار، وقد حصلت أيضا المساعدة لكي تصبح شريكة للبرتامينا مور السابع منذ عام 2014. وقالت إنها تقدر تقديرا عاليا دعم برتامينا مور السابع، خصوصا فيما يتعلق بالتسويق. “بفضل مساعدة برتامينا نستطيع متابعة المعارض حتى جاوى، حتى نتمكن من الحصول على مزيد من التسويق.” كما ذكرت.

المترجم : أحمد شكري |المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Makassar, Indonesiaalyoum.com — Makan enak bukan cuma sekadar bisa dilakukan di rumah makan atau restoran. Banyak orang yang ingin bisa makan enak dengan hasil masakannya sendiri.

Peluang bisnis di bidang bumbu makanan pun terbuka lebar. Apalagi tidak semua orang mau meracik bumbu-bumbu masakan Indonesia yang tergolong rumit, termasuk masakan Makassar yang digemari banyak orang.

Pendiri dan pemilik CV Alminana Aminah AN mengaku sukses meraup omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan dari usaha bumbu kuliner khas Makassar. “Omzet kami saat ini hingga sekitar Rp 75 juta per bulan, dan meningkat dua hingga tiga kali menjelang lebaran,” kata Aminah AN di Makassar, Ahad (1/4).

Aminah sukses memproduksi dan memasarkan berbagai bumbu kuliner khas Makasar seperti Konro, Coto, Pallubasa, Sop Saudara, Toppalada hingga Sambal Tumis. “Dalam sebulan kami memproduksi total 500 kg bumbu,” ujarnya.

Usahanya memproses bahan baku yang digunakan sedemikian rupa, sehingga bumbu yang tersedia dalam bentuk bubuk dan cair tersebut memiliki masa simpan hingga satu tahun tanpa bahan pengawet. “Bumbunya kita masak hingga kadar airnya benar-benar kering, kami juga menggunakan nitrogen untuk mengeringkan bumbu, sehingga tidak perlu bahan pengawet,” tuturnya.

Usaha yang ia rintis sejak tahun 2011 tersebut telah memasarkan produknya hingga ke Jawa. Untuk pasar lokal di Sulsel, bumbu ini dapat diperoleh di toko oleh-oleh dan sejumlah supermarket, seperti Gelael dan Giant.

“Produk kita sangat praktis, karena konsumen hanya perlu menyiapkan daging, dagingnya direbus dan tinggal dimasukkan bumbu, satu bungkus bumbu bisa untuk 10 porsi,” jelasnya.

Aminah yang awalnya merupakan ahli gizi di salah satu RSUD di Makassar ini, juga telah memperoleh pendampingan dan menjadi mitra PT Pertamina MOR VII sejak tahun 2014. Pihaknya sangat mengapresiasi dukungan PT Pertamina MOR VII, khususnya terkait pemasaran. “Berkat dampingan Pertamina kami bisa mengikuti pameran-pameran hingga ke Jawa, sehingga kami bisa mendapatkan pemasaran yang lebih besar,” pungkasnya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...
Click Me