إنتاج طائرة حبيبي يوقع اتفاقا مع شركتي إيطاليا

Produksi Pesawat Gagasan Habibie Gandeng 2 Perusahaan Italia

0 898

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – وقعت شركة ريجيو للصناعات الجوية مذكرة تفاهم مع شركتين إيطاليتين في تصنيع وتطوير طائرة R80 التي بدأها بهار الدين يوسف (بج) حبيبي. الشركتان هما ليوناردو إيروستروتور شعبة و لير.

قد يهمك: المكسيك تشتري طائرة الإندونيسية من نوع N219

ليوناردو هي شركة في مجال تطوير وتصنيع مكونات أيروستروكتور الرئيسية للطائرات المدنية. وأما لير فهي شركة في مجال تصميم وتصنيع مكونات إيروستروكتور المعقدة.

وقال مفوض راي إلهام حبيبي، أن مذكرة التفاهم دلالة على بدء التعاون في استكشاف إمكانية أن تصبح شريكا في إنشاء R80. ولا يزال التعاون في مراحله الأولى فيحتاج إلى وقت لتفصيل كيفية تنفيذ التعاون في المستقبل.

قد يهمك: تعرف على بي جي حبيبي وبعض انجازاته

وقال إلهام في مكتبة حبيبي إينون، في جالان باترا كونينغان الثالث عشر، جاكرتا، يوم الخميس (22/2): “إن هذا الأمر يحتاج إلى نصف سنة حتى نستطيع التأكد والتفصيل في كيفية تنفيذ هذا التعاون في المستقبل”.

وقال إلهام رايRAI تقوم حاليا بتطوير برنامج طائرة R80 ليتم تسويقها محليا ودوليا. حيث تم الانتهاء من المرحلة الأولى من التصميم الأولي والجدوى في عام 2016، وحجزت R80 ما يصل إلى 155 وحدة من الطائرات.

وأضاف :”سنكثف أيضا بيعها خارج إندونيسيا بدءا من دول حول إندونيسيا مثل ماليزيا وتايلاند وفيتنام والفلبين وميانمار”.

قد يهمك: سورابايا تهيئ أراضي زراعية متكاملة

وفي الوقت نفسه كما أضافه إلهام أن المرحلة الثانية تطوير كامل النطاق أثناء العمل حاليا، ومن المقرر أن تكتمل في عام 2025. حيث في عام 2022 ستكون الرحلة الأولى.

وقال :”إن المرحلة الثالثة من سلسلة الإنتاج ستبدأ في عام 2025 وتسليم الطائرة إلى أول الزبائن”.

المترجم : أحمد شكري | المحرر: فارس البدر| المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – PT Regio Aviasi Industri menandatangani MOU dengan dua perusahaan Italia dalam pembuatan dan pengembangan pesawat R80 yang digagas oleh Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie tersebut. Dua perusahaan tersebut yaitu LEONARDO Aerostructure Division dan LAER.

LEONARDO merupakan perusahaan di bidang pengembangan dan pembuatan komponen aerostruktur utama untuk pesawat sipil. Sementara LAER, merupakan perusahaan dalam bidang desain dan pembuatan komponen aerostruktur kompleks.

Komisaris RAI, Ilham Habibie mengatakan, dengan MOU tersebut, menandakan dimulainya kerjasama dalam menjajaki kemungkinan untuk menjadi mitra dalam pembuatan R80. Kerjasama tersebut masih berada pada tahap awal dan masih diperlukan waktu untuk merinci bagaimana kerjasama yang akan dilakukan kedepanya.

“Memang masih perlu waktu hingga setengah tahun hingga kita bisa memastikan dengan pasti dan rinci bagaimana kerjasama ini akan dilakukan kedepan,” kata Ilham di perpustakaan Habibie Ainun, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta, Kamis (22/2).

Ilham menuturkan, RAI saai ini tengah mengembangkan program pesawat R80 untuk dipasarkan di dalam negeri dan internasional. Dimana, fase pertama yaitu preliminary design and feasibility pada 2016 telah diselesaikan, dan R80 telah dipesan sebanyak 155 unit pesawat.

“Kita akan intensifkan juga untuk dijual diluar Indonesia. Kita mulai dengan negara di sekitar Indonesia. Seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Myanmar,” tambahnya.

Sedangkan, saat ini tambah Ilham, fase kedua yaitu full scale development tengah dikerjakan, dan ditargetkan selesai pada 2025. Dimana pada 2022 akan dilakukan penerbangan perdana.

“Fase tiga yaitu serial production akan dimulai tahun 2025 dan akan mulai menyerahkan pesawat kepada pelanggan pertama” kata dia.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...