إندونيسيا تحصد جائزة المستورد الرئيس للنخلة المصرية

Indonesia Terima Penghargaan sebagai Importir Kurma Utama Mesir

0 792

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – ولا تزال إندونيسيا تحصد الانجازات تلو الإنجازات في مجال التجارة مع مصر.ففي يوم السبت(18/11) تلقت اندونيسيا جائزة باعتبارها المستورد الرئيس للنخلة المصرية بكل أنواعها.

وقد تسلم الجائزة من قبل الملحق التجاري لدى السفارة الإندونسيا في القاهرة، بورمان رحمان، وهو يمثل سفير جمهورية إندونيسيا في القاهرة حلمي فوزي، من محافظ مطروح، اللواء علاء أبو زيد، على هامش المهرجان المصري الثالث لشجرة النخلة 2017 في مدينة سيوة.

وحضر في هذا المهرجان أيضا السكرتير الثالث لقسم الاقتصادية لدى السفارة الإندونيسية في القاهرة محمد يوسف.

وأعرب اللواء علاء أبو زيد بخالص الشكر على ثقة المستوردين من رجال الأعمال المصريين في النخيل وخاصة المستوردين من إندونيسيا والهند وألمانيا. وأضاف “ان منح هذه الجائزة تقديرا لسفارة اندونيسيا التي تزيد من فرص تصدير النخيل المصري ومساعدة الشركات المصرية على التعامل مباشرة مع المستوردين في اندونيسيا”.

وجدير بالذكر أن إندونيسيا تدخل ضمن أولى خمس دول التي تستورد النخيل من مصر. وفي عام 2016، من أصل قيمة تصدير النخيل المصرية 40.41 مليون دولار أمريكي , 25٪ منها (حوالي 10 مليون دولار أمريكي) يتم تورديه إلى إندونيسيا.

أما النصف الأول من عام 2017، ارتفع إجمالي الوارد من النخيل المصري إلى إندونيسيا 35.64٪ (حوالي 10.20 مليون دولار) من قيمة الواردات في نفس الفترة من العام السابق الذي بلغ 6560000 دولار أمريكي فقط. وقال بورمان رحمان “اننا دائما نحاول أن نزيد قيمة الواردات خلال السنوات القادمة”.

وفي مناسبة منفصلة، أكد السفير الإندونسيا في القاهرة حلمي فوزي أن مهمته تحسين العلاقات بين البلدين عبر زيادة التعاون في مجال التصدير والاستيراد. ونصدر إلى مصر زيت الطهي، وحبوب القهوة والمنسوجات, والمنتجات النسيجية، وإطارات السيارات بينما العكس نستورد من مصر الأسمدة الفوسفات، والنخلة والمنتجات الزراعية من مصر.

وأضاف السفير حلمي “أن العديد من المنتجات والسلع المصرية قد وفرت الشروط من المتطلبات الدولية لدخول السوق الإندونيسية.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : وزارة الخارجية الإندونيسية

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia terus menuai prestasi dalam bidang perdagangan dengan Mesir. Sabtu (18/11) malam waktu setempat, Indonesia menerima penghargaan sebagai importir utama kurma dari Mesir. Penghargaan tersebut diterima oleh Atase Perdagangan KBRI Cairo, Burman Rahman, yang mewakili Duta Besar LBBP RI Cairo Helmy Fauzy, dari Gubernur Provinsi Matrouh, Mayjen Alaa Abou Zeid, di sela-sela acara 3rd Egyptian Date Palm Festival 2017 di kota Siwa. Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris III Fungsi Ekonomi KBRI Cairo, Muhammad Yusuf.

Mayjen Alaa Abou Zeid menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaan para importir kurma Mesir, khususnya importir dari Indonesia, India, dan Jerman. “Pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi kepada Kedutaan Besar Indonesia yang telah memaksimalkan kesempatan ekspor kurma Mesir dan membantu perusahaan-perusahaan asal Mesir untuk melakukan kontrak langsung dengan importir di Indonesia,” ucapnya.

Indonesia termasuk dalam lima besar negara pengimpor kurma terbesar dari Mesir. Pada tahun 2016, dari total USD 40,41 juta ekspor kurma Mesir, hingga 25% diantaranya (sekitar USD 10 juta) masuk ke Indonesia. Adapun pada semester pertama 2017, total impor kurma dari Mesir ke Indonesia naik 35,64% (sekitar USD 10,20 juta), dari nilai impor pada periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya sebesar USD 6,56 juta. “Kami terus berupaya melipatgandakan impor jumlah impor tersebut selama beberapa tahun kedepan,” ujar Burman Rahman.

Pada kesempatan terpisah, Dubes Helmy Fauzy menyampaikan misinya untuk meningkatkan hubungan kedua negara, melalui peningkatan kerja sama ekspor dan impor. Mesir antara lain mengimpor minyak goreng, biji kopi, tekstil dan produk tekstil, ban kendaraan dari Indonesia, sedangkan Indonesia mengimpor pupuk posfat, kurma, dan hasil pertanian dari Mesir.

Dubes Helmy menambahkan  bahwa banyak produk dan komoditas Mesir memenuhi syarat standardisasi internasional untuk memasuki pasar Indonesia.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: Kemlu

 

تعليقات
Loading...